APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Cara Mudah Tetap Sehat selama Belajar dari Rumah

Penting untuk menjaga kesehatan diri sendiri selama belajar dari rumah dimasa pandemi.

Tetap Sehat selama Belajar dari Rumah, image via www.newscientist.com

Dalam masa-masa penularan pandemi yang sangat luar biasa ini, kita semua dihimbau untuk sebisa mungkin tetap tinggal di rumah guna mengurangi interaksi sosial. Tapi tinggal di rumah untuk waktu yang cukup lama, melakukan kegiatan yang itu-itu saja, bertemu (dan masih harus membatasi interaksi) dengan keluarga saja, apa tidak bosan?

Let's shift our focus, Sobat. Rather than focusing on boredom, why don't we focus on our health? Lagipula, bukankah kesehatan memang sudah seharusnya menjadi fokus utama kita saat ini? Jadi apa saja yang harus kita kerjakan agar tetap sehat saat harus belajar dari rumah?

 

1. Makan dengan Gizi Seimbang, Jangan Lupa Buah dan Sayur

Sudah pasti, badan kita membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Bila terkadang kita masih memilih-miliih menu makanan, sekarang saatnya untuk mentolerir semua jenis makanan yang bergizi – daging, ikan, sayur, buah, dan lain-lain. Bila keadaan memungkinkan, jaga variasi makanan baik jenisnya, warnanya, maupun cara mengolahnya.

 

2. Jaga Hidrasi, Minum Air Putih yang Cukup

Sobat Pintar minum saat merasa haus? Kebanyakan kita baru ingat air setelah merasa haus. Padahal ketika merasa haus, tandanya kita sudah mengalami dehidrasi ringan. Disisi lain, penting sekali disaat penyakit mewabah seperti sekarang ini kita menjaga hidrasi agar seluruh organ badan dapat berfungsi maksimal.

 

3. Jaga Kebersihan, Cuci Tangan dengan Sabun

Tangan adalah medium bakteri dan virus yang paling ampuh. Ada berapa banyak barang yang kita sentuh dan pegang setiap hari? Sudah berapa kali kita menyentuh hidung atau mengucek mata dalam satu jam terakahir? We never really know the risks our hands bring. Jadi, biasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.

 

4. Olahraga dan Istirahat yang Cukup

Berada di rumah sepanjang waktu bisa terasa menyesakkan, apalagi bila kita sudah terbiasa aktif di luar sana. Olahraga ringan dapat membantu kita melemaskan otot-otot yang pegal karena ruang gerak yang terbatas. Olahraga juga memicu produksi hormon-hormon yang membuat kita merasa senang. Kita juga butuh istirahat yang cukup untuk mengimbanginya.

 

5. Gunakan Masker bila Batuk

Bila mulai batuk-batuk, meskipun kita belum tahu pasti apa penyebabnya, kenakan masker. Menutup bagian mulut ketika batuk menunjukkan sikap yang sopan. Tapi yang lebih penting, masker menghambat kita menularkan penyakit pada orang lain. Batuk yang terasa biasa bagi kita mungkin bisa cukup membahayakan bagi kesehatan orang lain.

 

Perubahan keadaan, kebiasaan kita sehari-hari, dengan begitu mendadak karena pandemi yang menular secara luas memang tak selalu mudah untuk dihadapi. But it won't last forever. Generally it will get worse before it gets better. So, let's carry on to see the better time, Sobat!

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog