redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Tanda Percaya Diri – Ada Padamu?

Rasa percaya diri berdampak pada kesuksesan .

Tanda Percaya Diri, image via psychologyformarketers.com

Terlalu sempit bila kita mendefinisikan kesuksesan dengan angka-angka akademis. Pula, terlalu sederhana bila kesuksesan terkait erat dengan lolos seleksi masuk PTN. Tapi pernahkah kita bertanya-tanya, kenapa ada sebagian orang yang meraih cita-citanya tanpa tampak susah payah? Sebaliknya, kenapa rasanya kita harus berjuang berpeluh keringat untuk mencapai sesuatu?

We're not discussing about how much time we spend on studying every day and night. Alih-alih, kita akan belajar tentang kepercayaan diri – salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan.

Rasa percaya diri menyuplai kita dengan 'bahan bakar' yang cukup untuk mengejar impian dan cita-cita. Rasa percaya diri memberi kita kekuatan untuk gigih berjuang, tak mudah menyerah meskipun banyak orang mencibir impian kita. Dan seperti apa tanda-tandanya ketika kita memiliki rasa percaya diri tersebut?

 

1. Menelaah dan Menerima Kritik dengan Kepala Dingin

Tiap orang punya caranya sendiri untuk menyampaikan kritik. There's nothing we can do about it. Terlepas bagaimanapun caranya, fokus seseorang yang percaya diri lebih terarah pada isi kritik tersebut. Kenapa kita bisa menanggapi kritik dengan kepala dingin?

Because we know about ourselves; because we have good self image; maka, kita bisa menelaah sejauh mana keakuratan kritik yang disampaikan. Bila ada kebenaran pada kritik tersebut, kita dapat menerimanya dengan lapang dada sebagai perbaikan dimasa mendatang.

 

2. Bersikap Hangat dan Mudah Menerima Orang Lain

Pernahkah Sobat bertemu seseorang yang menyongsong kehadiranmu dengan senyum ramah, membuatmu merasa istimewa? Seseorang dengan rasa percaya diri yang kuat takkan merasa terancam dengan kehadiran siapapun. Rasa percaya diri tersebut membuatnya mampu menerima dan menghargai orang lain, bahkan pendapat yang berbeda.

Kenapa begitu mudah menerima orang lain yang tak sama? Salah satu sebabnya, telah disebutkan sebelumnya, karena orang yang percaya diri memiliki citra diri yang baik. Bila kita telah mampu menerima diri sendiri, apa susahnya menerima orang lain?

 

3. Menerima Kesalahan, Tapi Juga Mau Terus Belajar

Everyone makes mistakes. Wajar saja bila kita membuat kesalahan, selama kita mau belajar dari kesalahan tersebut dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk tak mengulanginya dihari depan.

Namun alangkah baiknya bila kita mau belajar agar tak melakukan kesalahan yang fatal. Pasalnya semakin banyak yang kita tahu, semakin mudah kita membantu diri sendiri – bahkan memahami dan menolong orang lain dalam situasi yang sulit. Knowledge fuels confidence, while ignorance fuels doubt.

 

4. Fokus pada Kelebihan, Mengubah Insecure Menjadi Syukur

Coba cermati lagi, Sobat. Mana yang lebih mudah bagimu: menyebutkan kekuranganmu atau kelebihanmu? Secara alami kita lebih mudah fokus pada hal-hal negatif. Padahal, fokus pada hal-hal negatif dan kekurangan membuat kita merasa down, bahkan insecure.

Rasa percaya diri tidak datang jatuh dari langit. Sikap positif, fokus pada kelebihan-kelebihan yang dimiliki membuat kita lebih percaya diri. Itulah sebabnya orang-orang yang percaya diri lebih mudah mensyukuri hidupnya.

 

5. Berani Membuat Keputusan dan Pilihan

Kenapa kita menghindari atau menunda-nunda memutuskan sesuatu? Banyak orang sulit bersikap tegas karena mengkhawatirkan konsekuensi yang mungkin timbul dari keputusannya tersebut.

Bagi seseorang yang percaya diri, sebaliknya, memutuskan atau memilih sesuatu menjadi kebutuhan yang mutlak. Kemungkinannya hanya dua: keputusan yang dibuat itu tepat sehingga keadaan kita akan semakin baik atau keputusan tersebut salah sehingga kita dapat belajar hikmahnya.

Pada gilirannya, keputusan yang tepat memperkuat rasa percaya diri. Disisi lain, pelajaran yang diperoleh membuat kita lebih percaya diri dengan pengetahuan baru. Mengutip Theodore Roosevelt, "Each time we face our fear, we gain strength, courage, and confidence in the doing."

 

Bila kita memiliki sebagian dari tanda-tanda percaya diri diatas, bukan hanya prestasi akademis yang melejit tapi juga kualitas hidup yang lebih baik. Rasa percaya dirilah yang membuat kita sanggup menggenggam erat impian dan cita-cita kita, sebagaimana disebutkan diawal. Rasa percaya diri juga yang menopang kita untuk terus berjuang mewujudkannya.

Maka tanpa rasa percaya diri, boleh jadi kita harus mengucapkan selamat tinggal pada impian dan cita-cita yang selama ini kita pendam. Bila demikian keadaannya, jangan segan memperoleh bantuan dari Konselor Pintar ya, Sobat.

260

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp