redesain-navbar Portlet

Blog

6 Kesalahan Umum Berbahasa Inggris – Sudah Tahu?

Belajar Bahasa Inggris

Karena nggak menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari, wajar saja bila kita membuat berbagai kesalahan dalam penggunaannya. Tapi berikut ini adalah kesalahan-kesalahan sederhana yang paling sering kita jumpai – check them out, dan jangan diulang lagi ya, Sobat Pintar.

 

1. Ask to Someone

Kebiasaan sih, ya. Susunan kalimat kita otomatis, "Coba tanya ke pos satpam." Kalau mau tanya, ya tanya ke siapa?

Tapi dalam Bahasa Inggris enggak gitu, Sobat Pintar. Hilangkan kata sambung 'ke' atau preposition 'to' kalau kamu menggunakan kata ask.

Salah: I asked to my kids who had made the mess in the kitchen.

Benar: I asked my kids who had made the mess in the kitchen.

Salah: Let's ask to the travel agents for information.

Benar: Let's ask the travel agents for information.

 

2. Angry to Someone

Kita juga terbiasa bilang, "Jangan marah sama(ke) kami, pak." Tapi sama seperti ask, kalau kita pakai kata angry, preposition yang diperlukan bukan to. Bedanya, kalau ask tidak memerlukan preposition sama sekali, angry bisa berpasangan dengan at atau with.

Salah: Don't talk to me because I'm angry to you!

Benar: Don't talk to me because I'm angry at you!

Benar: Don't talk to me because I'm angry with you!

FYI, angry bisa digantikan dengan kata mad atau upset yang maknanya serupa.

Benar: I'm mad at you.

Benar: I'm upset with you.

 

3. Thanks God

Thanks adalah bentuk pendek dari thank you. Kapan kamu menggunakannya?

Mom: Here is some money for you.

Kid: Thanks, Mom!

Atau, Thank you, Mom!

Jadi, bilang thanks ketika kamu menyampaikan ucapan terimakasih secara langsung dan berhadapan pada yang dituju. Kebayang kamu menyampaikannya langsung dihadapan Tuhan? Jadi, hilangkan saja huruf dan bunyi 's' dibelakangnya.

 

4. Congratulation!

Kesalahan yang sering kita lakukan saat ngasih ucapan selamat adalah meninggalkan huruf ataupun bunyi 's' dibelakang congratulation. Seharusnya, ucapkan "Congratulations!" – 's'-nya jangan ketinggalan. Kebalikannya dari thanks God, ya.

 

5. Boring

Topik ini nyerempet ke grammar sedikit ya, Sobat Pintar. Jadi, meskipun awalnya boring itu berasal dari kata bore (verb), tambahan –ing dibelakang menjadikannya adjective yang berarti 'membosankan.' Jadi, saat kamu bilang "I'm boring," berarti memang kamu yang membosankan.

Perubahan bore menjadi bored juga sama, dari verb menjadi adjective. Akan tetapi, makna tambahan –ed dibelakang ini menjadikannya berarti 'bosan.' Jadi, saat kamu bilang "I'm bored," berarti kamu dalam keadaan sedang bosan.

 

6. Keep Spirit

Pernah disemangati, "Keep spirit!" oleh seseorang? Maksudnya mungkin 'tetap semangat' ya, tapi nggak bisa juga diterjemahkan kata per kata menjadi keep spirit, keles!

Mengutip saran Sacha Stevenson, salah satu Komika kita yang asli dari Kanada, penutur asli Bahasa Inggrisnya sendiri nggak mengenal frasa keep spirit. Untuk menyemangati orang lain, mereka bilang, "Don't give up!" atau "Never give up!" Kalau menyemangati dirimu sendiri, kamu bisa bilang, "I'm not giving up" atau "I'll never give up."

 

Sarannya sih,belajarlah Bahasa Inggris dengan mengingat frasa alih-alih menghapal rules/ grammar. Belajar grammar memang perlu, apalagi saat kamu akan ujian. Tapi jika tujuanmu adalah untuk fasih berbahasa Inggris secara verbal dan dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, cobalah untuk mengenal lebih banyak frasa dan tahu kapan menggunakannya.

Frasa sendiri adalah kumpulan kata, contoh sederhananya pada gabungan kata angry dengan at atau with – bukan to. Kapan menggunakannya? Tentunya, saat kamu merasa marah pada seseorang.

Bagaimana ketika situasinya berbeda, misalnya saat kamu dimarahi seseorang? Well, kamu akan belajar hal berikutnya lagi, dan begitu seterusnya.

Lebih masukan Blog

Let's be Positive, Gen Z!

Galau ... Apapun alasannya, apapun keadannya, mudah sekali kita bilang, " Lagi galau,...

7 Manfaat Sarapan Sebutir Telur Dipagi Hari

Nggak ada waktu untuk sarapan? Gampang , bikin telur rebus saja. Masaknya nggak pake...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line