redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.delish.com

7 Manfaat Sarapan Sebutir Telur Dipagi Hari

Hidup Sehat Pelajar dan Mahasiswa

Nggak ada waktu untuk sarapan? Gampang, bikin telur rebus saja. Masaknya nggak pake ribet, makannya juga bisa sambil buru-buru. Lagipula, sebutir telur saat sarapan lumayan mengisi perut dan memenuhi kebutuhan nutrisimu. Nggak percaya? Ini lho, nutrisi penting yang bisa kamu peroleh dari sebutir telur.

 

1. Tinggi Protein

Telur ayam, telur puyuh, maupun telur bebek sama-sama punya lemak dan protein didalamnya. Untuk telur ayam sendiri, sebutirnya terkandung 8mg protein. Tubuh kita secara alami butuh waktu untuk mencerna protein. Dan dalam durasi cerna itu, kamu akan merasa tetap kenyang. Yup, sarapan sebutir telur dipagi hari tak akan membuatmu cepat lapar, pengen ke kantin, dan ngemil jajan.

 

2. Lemak Baik Omega 3

Selain belajar, sebutir telur ayam setiap hari juga bisa bikin kamu jadi pintar. Kandungan vitamin B4 atau kolin dalam telur (sekitar 250mg) berperan dalam kinerja otak ditingkat sel, tepatnya dengan menyampaikan sinyal dari luar, melalui membran sel, dan menuju ke dalam sel otak. Kolin juga meningkatkan perkembangan dan memori otak sehingga dapat bekerja secara maksimal. Maka, konsumsi telur secara teratur dapat menjaga kadar asupan kolin sehingga dapat menjaga kesehatan otak.

 

3. Kolesterol Baik

Tubuh kita punya dua macam kolesterol, yaitu yang jahat (LDL) dan yang baik (HDL). Sebutir telur ayam punya 200mg HDL yang dibutuhkan oleh badan kita untuk menekan kadar LDL. Kolesterol telur banyak berada pada bagian kuningnya, jadi bagian ini jangan dibuang, ya? Lahap semuanya sampai tandas! Dan bukankah rasa kuning telur rebus itu creamy  lembut, begitu? Mana tega membuangnya!

Yang lebih penting lagi, kolesterol pada telur takkan membahayakan pembuluh darah maupun jantung. Lutein dalam kolesterol telur juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Jika asupan senyawa penting ini diperoleh secara rutin, maka dapat meningkatkan kesehatan mata – terutama menjaganya dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

 

4. Antioksidan untuk Mata

Kamu pikir cuma wortel yang bikin matamu lebih sehat? Telur juga bisa, lho! Bukan, ini bukan karena luteinnya, tapi antioksidan dalam telur, yaitu zeaksantin dan lutein. Keduanya adalah nutrisi mata yang dapat mengurangi risiko penurunan penglihatan – termasuk katarak. Sama seperti lutein, kedua jenis antioksidan ini berada pada bagian kuning telur.

 

5. Vitamin D

Masih mau tinggi lagi? Makan telur! Telur juga punya vitamin D yang membantu penyerapan kalsium pada gigi dan tulang. Kalsium juga dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta menjaga kesehatan usus dan jantung. Dan jangan lupa, dapatkan sumber Vitamin D-nya langsung dari sinar matahari pagi, ya!

 

6. Vitamin B Kompleks Biotin

Coba perhatikan apa yang terjadi pada kulit dan rambutmu setelah rutin sarapan telur. Kemungkinan besar, kulit dan rambut akan tampak lebih sehat, bahkan kukumu juga akan tampak bersih. Itu semua karena vitamin B kompleks dalam telur, yang disebut juga sebagai Biotin.

Vitamin inilah yang membantu metabolisme lemak (serta karbohidrat) menjadi energi. Dan vitamin ini pula yang menjaga kesehatan hati(liver)mu.

 

7. Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis

Badan kita membutuhkan 20 jenis asam amino esensial: 11 jenis telah diproduksi secara alami oleh tubuh, sedangkan 9 sisanya bisa kita peroleh dari telur. Yup, seluruhnya komplit hanya pada sebutir telur ayam. Dampak dari terpenuhinya asam amino cukup mencengangkan: kulit dan rambut yang sehat, penguatan otot, sistem imun yang bekerja optimal, serta badan yang terasa bugar.

Asam amino didalam telur juga membantu menurunkan kadar stres dengan mengatur pelepasan hormon serotonin. Saat hormon ini bekerja, moodmu cenderung membaik, kamupun merasa tenangdan rileks.'Butuh piknik' tapi nggak ada duit? Makan telur saja!

 

Jika memungkingkan, menu sarapan yang terdiri dari lemak, serat, dan karbohidrat adalah komposisi yang lebih dianjurkan ketimbang sebutir telur saja. Tapi mungkin bagi mahasiswa yang kos dan tinggal jauh dari keluarga, ada sesuatu untuk mengisi perut dipagi hari saja sudah merupakan kemewahan hidup. Jadi minimal, rebuslah satu atau dua butir telur sambil siap-siap berangkat agar selama belajar di kelas kamu nggak sibuk mikirin perut yang terus berbunyi minta diisi.

Lebih masukan Blog

6 Kesalahan Umum Berbahasa Inggris – Sudah Tahu?

Karena nggak menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari, wajar saja bila kita membuat berbagai...

Lomba Matematika UI 2019: Siapa Hendak Turut?

Siapa yang suka Matematika, nih ? Kalau kamu jago Matematika, ikutan olimpiade,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line