APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Rekomendasi Jurusan Kuliah buat yang Suka Bisnis

Ada beberapa jurusan yang biasanya menjadi pilihan calon entrepreneur.

Photo by Christin Hume on Unsplash

Jurusan bisnis itu ada banyak macamnya loh, Sobat Pintar. Kamu udah tau, belum? Mungkin kamu pengin menjadi pengusaha sukses atau memang punya minat yang besar mau belajar kewirausahaan?

Pada dasarnya kuliah di bidang bisnis atau kewirausahaan itu mempelajari banyak hal, seperti ekonomi, akuntansi, pemasaran, manajemen, keuangan, hukum, bahkan bisnis itu sendiri. Mau tau apa saja pilihan jurusan kuliah buat kamu yang tertarik dengan bisnis? Ini dia beberapa rekomendasinya.

jurusan kuliah buat kamu yang tertarik dengan bisnis
Photo by Icons8 Team on Unsplash

1. Manajemen Bisnis

Bisa tebak, kira-kira kalau mau jadi pengusaha kuliah jurusan apa? Kenalin nih, Manajemen Bisnis. Jurusan kuliah bisnis ini fokus pada pengembangan skill manajerial, analitis, dan leadership yang bakal kamu butuhkan untuk mengelola organisasi dengan efektif.

Makanya, Manajemen Bisnis itu dikenal sebagai jurusan untuk menjadi CEO meski sebenarnya enggak sesimpel itu. Bagaimana kalau enggak menjadi CEO? Apa ada pilihan karier yang lain setelah lulus kuliah? Oh, ada banget, Sobat! Lulusan Manajemen Bisnis bisa berkarier di bidang manajemen umum, manajemen operasional, konsultan manajemen, dan posisi manajemen tingkat menengah hingga tinggi di berbagai industri.

jurusan yang berhubungan dengan bisnis
Photo by Microsoft 365 on Unsplash

2. Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan memang jurusan yang jarang dibilang cocok untuk kamu yang cita-cita jadi pengusaha. Kebanyakan lulusan jurusan ini bekerja di lembaga pemerintah, nirlaba, riset, sampai organisasi internasional. Namun sebenarnya apa yang dipelajari selama kuliah dapat digunakan saat kamu mengembangkan bisnis.

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan itu kenal luar dalam soal pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial, kemiskinan, ketimpangan, dan isu-isu lain yang terkait dengan perkembangan ekonomi. Semua itu bisa ngasih insight penting kalau kamu mau menjadi pengusaha sukses, Sobat!

jadi pengusaha kuliah jurusan apa
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

3. Akuntansi

Sama halnya, lulusan Akuntansi sebenarnya banyak yang bekerja di perusahaan akuntansi, perusahaan multinasional, lembaga keuangan, maupun pemerintahan sebagai akuntan, auditor, analis keuangan, atau konsultan perpajakan. Meskipun tampaknya bukan jurusan kuliah pengusaha, Akuntansi masih meluluskan calon-calon pengusaha sukses, kok!

Bekal yang bakal kamu dapatkan selama kuliah di jurusan ini antara lain pengukuran, pengelolaan, dan pengendalian keuangan perusahaan. Nah, itu semua penting banget kan, kalau kamu mau menjadi pengusaha sukses?

cocok untuk kamu yang cita cita jadi pengusaha
Photo by Microsoft Edge on Unsplash

4. Pemasaran Digital

Salah satu jurusan yang berhubungan dengan bisnis yang terbilang relevan saat ini adalah Pemasaran Digital. Perkuliahan jurusan ini fokus pada penerapan strategi pemasaran yang menggunakan teknologi digital dan platform online untuk memasarkan produk atau layanan.

Lulusan Pemasaran Digital memang biasanya bekerja sebagai digital marketing specialist, social media manager, digital marketing analyst, atau online marketing campaign manager di tech company, perusahaan e-commerce, agensi pemasaran digital, maupun departemen pemasaran perusahaan. Namun, khususnya untuk kewirausahaan skala UMKM, misalnya, skillset yang dipelajari selama kuliah di Pemasaran Digital itu bakal kepake banget, Sobat.


Photo by Rebrand Cities on Pexels

5. Manajemen Keuangan Syariah

Manajemen Keuangan Syariah sebenarnya bukan jurusan untuk pengusaha dari pemeluk agama tertentu saja. Meski begitu, masih ada alternatif jurusan Manajemen Keuangan kalau kamu mau, Sobat.

Dari namanya, kuliah jurusan bisnis ini fokus pada pengelolaan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah atau hukum Islam. Beberapa hal yang dipelajari selama kuliah antara lain konsep keuangan syariah, produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah, serta bagaimana menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam praktik keuangan perusahaan.

Kalau kamu mau menjadi pengusaha sukses, bukankah semua itu penting untuk dipelajari, Sobat? Memang, banyak lulusan Manajemen Keuangan Syariah yang bekerja di bank syariah, perusahaan asuransi syariah, dan lain-lain  sebagai ahli keuangan syariah, analis investasi syariah, atau manajer risiko syariah. Namun bukan berarti kamu enggak bisa berwirausaha setelah lulus kuliah nanti, kan?

jurusan untuk menjadi ceo
Photo by Shridhar Gupta on Unsplash

6. Kewirausahaan

Iya, ada Kewirausahaan sebagai rekomendasi jurusan untuk pengusaha, Sobat. Jurusan ini fokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulai, mengelola, dan mengembangkan bisnis. Meskipun mungkin kurang populer, sebenarnya Kewirausahaan itu jurusan bisnis banget, loh.

Di jurusan ini kamu belajar tentang strategi bisnis, analisis pasar, perencanaan keuangan, pengembangan produk, pemasaran bisnis, sampai manajemen operasional. Jurusan Kewirausahaan sebenarnya cocok untuk kamu yang cita-cita jadi pengusaha besar maupun pengusaha UMKM. Selain menjadi pengusaha, lulusan jurusan ini juga kompeten kalau harus menjadi konsultan bisnis ataupun manajer inovasi.

Itulah beberapa jurusan kuliah buat kamu yang tertarik dengan bisnis. Ada yang sudah masuk pertimbanganmu, Sobat Pintar? Kalau masih bingung, kamu bisa menggunakan Tes Penjurusan Kuliah untuk membantu memilih jurusan yang paling klop dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog