APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Tips Memanfaatkan Teknologi dalam Pengajaran di Kelas

Sekalipun dengan keterbatasan, bukan tidak mungkin untuk menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

Photo by NordWood Themes on Unsplash

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di Indonesia, harus diakui, masih menjadi PR besar. Bukan hanya jaringan internet yang kurang memadai, tetapi kepemilikan perangkat seperti tablet maupun laptop juga masih terbatas, terutama di wilayah pelosok yang jauh dari perkotaan. Kekurangan sarana dan prasana tersebut masih ditambah pula dengan kurangnya keterampilan kita dalam memanfaatkan alat-alat digital, Guru Pintar.

Tentu saja, ada persoalan pendidikan nasional dan finansial yang turut memengaruhi pemanfaatan teknologi pembelajaran. Namun di tengah segala kendala tersebut, kita masih bisa menggunakan teknologi untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah. Bagaimana triknya?

 

1. Manfaatkan Smartphone

teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran
Photo by Gilles Lambert on Unsplash

Tak adanya tablet maupun laptop semestinya bukan alasan untuk tidak menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Kita tidak dapat menutup mata bagaimana perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Masih ingat ketika kita harus menggunakan smartphone untuk berbagai kegiatan belajar mengajar saat pandemi Covid-19 yang lalu, Guru Pintar?

Saat ini sudah banyak siswa yang memiliki smartphone. Kita dapat memanfaatkan perangkat seluler ini untuk memfasilitasi pembelajaran dengan, misalnya, menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Aku Pintar. Aplikasi pembelajaran merupakan contoh teknologi dalam pengajaran yang paling umum digunakan melalui smartphone.

 

2. Gunakan Platform yang Ringan

pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran
Photo by Windows on Unsplash

Lantaran keterbatasan infrastruktur, kita perlu menyesuaikan teknologi mengajar seperti apa yang dapat digunakan. Misalnya, dengan koneksi internet yang lambat, kita membutuhkan platform pembelajaran yang tidak terlalu memakan bandwidth dan dapat diakses dengan mudah, seperti Google Classroom ataupun Aku Pintar.

Apapun platform yang digunakan, yang penting kita harus punya perencanaan yang cermat bagaimana pemanfaatan teknologi pembelajaran tersebut akan digunakan. Pertimbangkan materi apa yang akan diberikan dan bagaimana cara yang paling efisien untuk menggunakan teknologi tersebut.

 

3. Mengikuti Pelatihan

pembelajaran perlu menggunakan teknologi
Photo by Dell on Unsplash

Di samping mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan terkait, kita bisa mengikuti pelatihan penggunaan teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran secara mandiri, Guru Pintar. Ada banyak pembelajaran online gratis, seperti video pembelajaran di YouTube, yang bisa kita manfaatkan. Bila memungkinkan, kita juga bisa mengikuti kursus online.

Baik pelatihan online ataupun offline, pada prinsipnya akan sangat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan kita dalam menggunakan teknologi mengajar. Kita tentu telah menyadari betapa pembelajaran perlu menggunakan teknologi, terutama untuk memperkaya materi pembelajaran.

 

4. Integrasikan Teknologi dalam Materi Pelajaran

peranan teknologi dalam pembelajaran
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Teknologi membantu pengajaran menjadi lebih menarik. Kehadiran teknologi dalam mengajar juga dapat memfasilitasi dan meningkatkan pemahaman siswa. Kita dapat menggunakan video dari YouTube untuk menjelaskan perkalian dan pembagian dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti, misalnya. Dengan memadukan teknologi dan muatan kurikulum, kita dapat menjelaskan konsep, melakukan permainan yang edukatif, dan banyak kegiatan pembelajaran menarik lainnya.

 

5. Kolaborasi dengan Rekan Guru Lainnya

teknologi untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah
Photo by fauxels on Pexels

Kolaborasi dengan rekan sejawat akan sangat bermanfaat, terutama dalam membagikan ide, sumber daya, dan pengalaman terkait penggunaan teknologi dalam mengajar. Melalui kolaborasi, kita dapat saling membantu mengatasi kendala yang dihadapi di kelas masing-masing dan memaksimalkan hasilnya.

Kolaborasi juga memungkinkan kita untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran. Barangkali ada perkembangan teknologi baru yang relevan dengan pendidikan? Kita bisa saling bertukar informasi, Guru Pintar. Kita juga bisa saling berbagi pengalaman setelah menggunakan teknologi mengajar tertentu, sehingga pengalaman pembelajaran siswa dapat meningkat.

 

6. Perhatikan Kebutuhan Siswa

perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan termasuk pendidikan
Photo by Max Fischer on Pexels

Sejatinya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah sebagai alat bantu agar siswa memiliki pengalaman belajar yang lebih bermakna. Oleh karena itu, kita perlu memahami kebutuhan dan keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi yang akan digunakan di kelas. Yang tak boleh ketinggalan, kita juga perlu memahami ketersediaan perangkat dan keadaan siswa. Jangan sampai kehadiran teknologi dalam pembelajaran justru menghambat progres belajar siswa.

Peranan teknologi dalam pembelajaran adalah sebagai alat utama untuk mengelola, mendesain, dan memberikan pembelajaran. Sebagaimana Guru Pintar ketahui, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menjadi fokus utama dalam Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi. Dalam metode ini, penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, platform daring, dan alat teknologi lainnya digunakan untuk mendukung dan memperkaya pengalaman pembelajaran. Dengan menggunakan komputer, perangkat seluler, internet, video, dan berbagai teknologi mengajar yang lain, kita berharap agar efektivitas pembelajaran dapat terus meningkat.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog