CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Tips Mengikuti Try Out (TO) UTBK Online

Try Out online bisa memaksimalkan persiapan jelang UTBK.

tips mengikuti tryout, Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tryout UTBK 2022 udah bertebaran aja, nih! Wajar saja, Sobat Pintar, mengingat UTBK udah tinggal dua bulan lagi. Terus, kamu sendiri sudah mengikuti berapa Try Out, Sobat? Dari sekian Try Out yang sudah kamu ikuti itu, sudahkah kamu menemukan "aha moment"-mu? Jika kamu sudah menemukan "Oh, jadi begini toh!"-mu itu selama pengerjaan Try Out, coba lihat apakah aha-mu itu ternyata sama dengan tips yang akan dibahas di bawah ini.

 

Tips and Tricks: Latihan Soal Tryout UTBK


Photo by Artem Beliaikin on Unsplash

Psst! Mengikuti Try Out UTBK itu sebenarnya lebih dari sekadar berlatih soal, Sobat Pintar. Oke, soal Try Out mungkin enggak istimewa-istimewa amat – katakanlah, kamu sudah pernah mengerjakan soal yang mirip sebelumnya. Namun kamu bisa "mencuri" manfaat Try Out berikut.

1. Mengikuti pembahasan soal

Berlatih soal-soal UTBK secara mandiri itu wajib. Tetapi apakah kamu tahu jawabanmu sudah benar atau belum? Pula, sudahkah kamu memahami kenapa jawabanmu benar – atau salah? Nah, di situlah kita membutuhkan pembahasan soal setelah pengerjaan Try Out, Sobat Pintar.

Tips mengikuti Tryout #1: pilih Try Out yang menawarkan pembahasan soal setelah Try Out-nya selesai.

2. Mengenal beragam jenis soal

Apa yang kamu rasakan setelah berbulan-bulan mengerjakan latihan soal Tryout UTBK, Sobat Pintar? "Eh, soal ini lagi. Udah hafal jawabannya!" Berganti buku, kamu merasa bertemu soal yang mirip, "Kayak gitu-gitu lagi, dah." Tapi tau ngga, Sobat. Kemungkinan besar, perasaan seperti itu justru berbalik 180 derajat saat kamu mengikuti TO online.

Tips mengikuti Tryout #2: saatnya kamu lebih fokus pada soal-soal yang materinya sudah sempat dipelajari, tetapi belum banyak dikerjakan saat berlatih sendiri.

3. Melatih urutan berpikir

Saat ini sudah banyak Tryout UTBK 2022 yang ditawarkan secara online, salah satunya Try Out Online di Aku Pintar. Mengikuti TO online memberimu fleksibilitas waktu dan kenyamanan yang takkan kamu dapatkan bila Try Out diselenggarakan secara offline. Tambahan pula, ada manfaat Try Out yang tetap kamu dapatkan, yaitu runtutan pola berpikirmu saat mengerjakan soal menjadi semakin terlatih.

Tips mengikuti Tryout #3: semakin terlatih runtutan berpikirmu, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan sebagian soal sehingga semakin banyak waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal-soal yang lebih sulit.

4. Mengatur waktu

Salah satu manfaat Try Out adalah membiasakanmu untuk membaca dengan cepat. Sobat Pintar tentu sudah tahu seberapa panjang teks Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang harus dibaca, belum lagi soal-soalnya. Agar tak sampai habis waktu buat membaca doang, kita perlu membiasakan diri tuh bagaimana agar, misalnya, selesai 15 soal dalam 15 menit.

Tips mengikuti Tryout #4: rutin mengikuti Try Out secara berkala menjelang UTBK dan mengamati berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap soal.

5. Memantau nilai yang diperoleh

Masak iya, kamu sempat menilai hasil akhir latihan soal Tryout UTBK secara mandiri sesuai dengan standar penilaian IRT (Item Response Theory)? Enggak, kan? Maka dengan mengikuti TO online, kamu bakal mendapatkan nilai. Udah gitu, kamu bisa membandingkan nilai Try Out-mu dengan passing grade (meskipun ini tak sepenuhnya reliable) jurusan incaranmu. Atau, kamu cukup memantau apakah nilaimu terus membaik dalam berapa kali Try Out.

Tips mengikuti Tryout #5: gunakan nilai Try Out sebagai feedback seberapa jauh kemajuanmu dalam menyiapkan diri menghadapi UTBK.

 

#6: Tips Terbaik Mengikuti TO Online

Try Out adalah uji coba tes yang diselenggarakan sebelum ujian yang sesungguhnya. Boleh dibilang simulasi ujian, namun Try Out sejatinya memberimu segudang manfaat, antara lain melatih kemampuanmu mengerjakan soal ujian, membiasakan diri dengan situasi ujian yang akan datang, dan mengukur kesiapanmu menghadapi ujian itu sendiri.

Lantaran tugas sekolah kayak enggak pernah ada cutinya, mengikuti TO online bisa menjadi alternatif yang bagus, Sobat Pintar. Persiapan Tryout yang dilakukan secara online itu serba praktis. Kamu bisa menggunakan tempatmu belajar sehari-hari, tinggal menyesuaikan saja waktu yang pas buat mengerjakan soal Try Out.

Tryout UTBK 2022 enggak cuma buat Sobat Pintar yang sekarang duduk di kelas XII dan alumni, loh. Try Out Online di Aku Pintar juga bisa diikuti oleh kalian yang saat ini duduk di kelas X dan XI!

tips mengikuti tryout©Aku Pintar

©Aku Pintar

Terus, bagaimana cara Try Out online itu? Gampang, Sobat Pintar. Kamu hanya perlu mendaftar yang, ngomong-ngomong, akan segera ditutup tanggal 11 Maret 2022. Pendaftaran Tryout UTBK 2022 ini sepenuhnya gratis, tanpa biaya apapun, jadi uang sakumu juga bakal tetep utuh. Kamu punya dua hari untuk pengerjaan Try Out: mulai pukul 08.00 WIB, 12 Maret 2022, sampai pukul 23.59 WIB, 13 Maret 2022.

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog