redesain-navbar Portlet

Blog

7 Aplikasi Membuat Media Pembelajaran Interaktif yang Mudah bagi Guru

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Media pembelajaran interaktif sangat menarik dan dapat meningkatkan students engagement keterlibatan siswa) dalam proses pembelajaran. Supaya proses penyampaian materi dalam proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan dapat menarik perhatian siswa, Guru Pintar harus melakukan berbagai macam persiapan dan mengasah kreativitas.

Dalam mempersiapkan dan mengembangkan media pembelajaran, Guru Pintar harus selalu mempertimbangkan apakah media yang dibuat cocok dengan materi dan karakteristik. Di saat pandemi dan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas seperti sekarang ini, media pembelajaran yang interaktif sangatlah penting untuk menunjang proses pembelajaran. Salah satu contoh media pembelajaran yang populer digunakan saat ini adalah media interaktif berupa video pembelajaran.

Aplikasi membuat video pembelajaran saat ini sangat mudah ditemukan. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Aplikasi membuat video pembelajaran gratis biasanya memiliki fitur yang tidak selengkap aplikasi membuat video pembelajaran berbayar. Meskipun demikian, Guru Pintar tetap dapat memanfaatkannya untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Berikut ada beberapa daftar aplikasi dan software yang dapat Guru Pintar gunakan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran.

Aplikasi Membuat Media Pembelajaran Interaktif
 

1. Kinemaster

Aplikasi membuat video pembelajaran yang pertama adalah Kinemaster. Aplikasi edit video ini terbilang cukup populer tidak hanya di kalangan guru, tetapi juga di kalangan siswa. Tidak hanya kalangan pendidikan, Kinemaster juga banyak dimanfaatkan oleh para youtuber, editor video, bahkan musisi  untuk mengedit dan mengolah video mereka agar lebih menarik. Cara membuat video pembelajaran dengan aplikasi ini cukup mudah. Tutorial-tutorial bagaimana membuat video dengan aplikasi Kinemaster juga banyak tersebar di dunia maya. Hal ini memudahkan Guru Pintar untuk memproduksi video pembelajaran yang berkualitas dan menarik perhatian siswa tentunya.

2. Toontastic

Membuat video edukasi yang menarik juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi toontastic. Toontastic adalah sebuah aplikasi pembuat video berbasis animasi yang dipopulerkan oleh Google. Cara membuat video pembelajaran di hp dengan aplikasi ini terbilang mudah. Guru Pintar dapat memilih latar/background, karakter dalam bentuk animasi, melakukan pengisian suara, dan juga memberikan efek suara yang ingin dihasilkan menggunakan toontastic. Kelebihan dari aplikasi toontastic adalah aplikasi ini dapat di download melalui HP baik itu android maupun IOS secara gratis. Dan hebatnya lagi, Toontastic dapat dipakai secara offline.

3. FilmoraGo

Sama halnya dengan aplikasi Kinemaster, aplikasi untuk membuat video pembelajaran FilmoraGo ini juga cukup familiar di kalangan editor video. Berbagai fitur menarik tersedia dalam aplikasi ini dan dapat Guru Pintar manfaatkan untuk membuat video dengan tampilan materi pembelajaran yang menarik saat di tayangkan. Dengan aplikasi FilmoraGo ini, Guru Pintar bisa membuat, mengedit dan mengolah video dengan menambahkan berbagai musik dan efek sehingga ketika nanti ditampilkan akan menjadi lebih menarik dan berwarna.

4. YouCut

YouCut adalah aplikasi editor video & video maker. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang harus Guru Pintar coba. Meskipun Guru Pintar adalah seorang pemula dalam bidang pembuatan video, aplikasi ini tidak akan mengalami kesulitan dalam mengedit video. Aplikasi YouCut ini memungkinkan Guru Pintar untuk menggabungkan beberapa foto, memotong, mengedit dan menambahkan berbagai efek dan suara latar menjadi sebuah bentuk video baru yang menarik.

5. Powtoon

Aplikasi Powtoon merupakan sebuah aplikasi untuk presentasi dan membuat video animasi interaktif. Guru Pintar dapat menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, penjelasan konsep materi akan lebih mudah ditangkap siswa. Aplikasi Powtoon memiliki berbagai fitur dan template yang akan membantu memudahkan proses pembuatan media pembelajaran. Guru Pintar dapat menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lain sebagainya. Selain itu, Guru Pintar juga dapat menggerakan karakter dan teks sesuai kebutuhan dengan hanya memilih effect dan pose yang tersedia.

6.  Sparkol VideoScribe

Aplikasi membuat video animasi pembelajaran yang keenam adalah Sparkol Video Scribe. Aplikasi ini merupakan software presentasi video whiteboard dengan menggunakan animasi tulisan tangan dengan latar belakang seperti papan tulis. Sparkol videoscribe dapat menjadi alat pengembangan media pembelajaran yang interaktif karena memiliki kombinasi animasi dan template yang menarik. Guru Pintar dapat menggunakan software ini secara online melalui videoscribe.co maupun secara offline. Sayangnya, untuk penggunaan gratis Guru Pintar hanya memiliki waktu percobaan selama 30 hari. Setelah itu Guru Pintar harus menggunakan versi Sparkol VideoScribe yang berbayar.

7.  Wondershare Filmora

Wondershare Filmora adalah aplikasi editing video yang mudah digunakan bagi pemula sekalipun. Meskipun demikian, aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap. Guru Pintar dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit media video pembelajaran yang tidak hanya interaktif dan menarik, tetapi juga tepat sasaran.  Aplikasi ini memiliki berbagai template, efek animasi serta transisi yang keren, menarik, dan dapat digunakan secara gratis. Tampilannya yang sederhana membuat aplikasi ini mudah digunakan. Output video yang dihasilkan juga sudah mendukung berbagai format. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi berbayar dengan fitur-fitur yang lebih keren tentunya. Guru Pintar dapat mengakses dan mengunduh aplikasi ini melalui filmora.wondershare.com.

Demikian 7 aplikasi untuk membuat video pembelajaran di android maupun komputer yang dapat Guru Pintar coba. Silakan Guru Pintar mulai berkreasi membuat media pembelajaran yang menarik untuk siswa. Kabar baiknya, Guru Pintar juga dapat mengikuti kompetisi video kreatif guru #GurukuGakKalahSeru yang diselenggarakan oleh Aku Pintar. Jika menang, Guru Pintar akan mendapatkan hadiah yang menarik, lho! Segera kunjungi group facebook Aku Pintar dan daftarkan video kreatif Guru Pintar.

Aplikasi Membuat Media Pembelajaran Interaktif
 

 

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet