PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.understandingboys.com.au

7 Tips Mudah Menghalau Kantuk Saat Belajar

Tips Belajar

Hoahhmmm... tiap kali pegang buku pelajaran, belum lima menit pasti menguap. Kok beda ya, sama pegang komik atau novel? Beda jauh lagi kalau main game, bisa berjam-jam sampai malam sekalipun tetep nggak ada ngantuk-ngantuknya. Jadi gimana sih, biar mata ini awet melek kalau belajar?

 

1. Niat

"Aku harus belajar biar besok bisa ngerjain ujian." Niat semacam ini tak cukup. Bahkan, "Aku harus rajin biar cepet lulus," juga nggak akan manjur bagi sebagian besar mahasiswa.

Masalahnya, kamu cenderung melihat belajar itu sebagai suatu beban, hal yang nggak menyenangkan dan membosankan. Beda banget sama baca buku cerita atau main game, kan?

Coba deh, kalau niat dalam hati itu didukung dengan mood yang bagus – sebagus saat kamu siap menuntaskan komik berseri atau saat kamu nyamber joystick, niscaya rasa kantuk takkan datang menyergapmu pada menit-menit pertama belajar. Kalau perlu, sugesti dirimu sendiri bahwa "belajar ini menyenangkan."

 

2. Segarkan Dirimu

Jurus ampuh turun-temurun untuk menghilangkan kantuk saat belajar adalah cuci muka. Berapa kali kamu disuruh guru untuk keluar kelas dan cuci muka?

Air dingin yang membasuh muka sampai telinga dan kepala – bahkan kalau perlu tangan dan kaki, akan menyegarkanmu dengan seketika. Eitts, cukup dibasuh saja ya, nggak usah masukin kepala ke bak air.

 

3. Cukup Hidrasi

Males basah-basah? Minum air segar aja, deh. Kalau kamu suka air dingin, dan memang ada, boleh juga tuh.

Minum cukup air dapat menghindarkanmu dari dehidrasi, yang sering menjadi salah satu penyebab rasa lesu dan kantuk datang melanda. Lagipula, kesegaran air yang mengalir di rongga mulut hingga kerongkongan juga tentu sulit ditepis, bukan?

 

4. Peregangan

Terkadang, merasakan kantuk saat belajar disebabkan juga oleh kejenuhan fisik. Yup, bosen tuh nggak cuma perasaan, ya. Bisa jadi badanmu udah terasa pegal-pegal karena berjam-jam berada dalam posisi duduk – yang kamu nggak sadar, cuma rasanya bosan aja.

Cobalah melakukan sedikit peregangan. Kalau lagi di kelas, ya jangan sampai bikin heboh, lah – stretching tangan ke atas, ke samping kiri kanan, putar atau telengkan leher, jangan lupa kaki juga. Kalau tak mengganggu temanmu, kamu bisa melepas alas kaki sampai terasa dingin kemudian putar-putar pergelangan kaki dan renggangkan jari-jari kaki.

Belajar di rumah? Wah, kamu bisa melakukan peregangan sesukamu, deh. Mau split juga boleh, kok. Tapi segera balik ke buku pelajaranmu ya, jangan keterusan stretching sampai 30 menit atau 1 jam – itu kelamaan!

 

5. Perhatikan Postur Badan

Salah satu sebab badanmu pegal-pegal selama belajar adalah postur atau sikap badanmu yang buruk. Coba rasa-rasakan lagi bagaimana sikap badanmu saat duduk – apakah membungkuk, bertumpu pada salah satu sisi badan, atau bersandar yang tetap saja membuat punggungmu juga membungkuk?

Postur badan yang kurang tepat dapat mengakibatkan bagian tubuh tertentu menyangga beban berlebih. Itulah sebabnya kenapa badanmu cepat pegal saat posturmu buruk.

Usahakan untuk duduk tegak selama belajar. Jangan bersandar pada sandaran kursi, yang dapat memberi sinyal pada otak bahwa kamu sedang bersantai dan siap untuk tidur.

 

6. Asupan Kafein 

Bagi sebagian orang, kafein bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan kantuk. Tak harus kopi, teh hitam juga memiliki kadar kafein yang cukup tinggi.

Bila mengkonsumsi kafein, perhatikan kadarnya yang bisa ditolerir tubuhmu, ya. Asupan kafein yang berlebihan, misalnya sampai kamu susah tidur normal atau ujung jari-jari tanganmu sampai gemetaran, pun tak sehat. Selain membuatmu dehidrasi, kafein yang berlebihan juga dapat membuatmu merasa jauh lebih letih dipenghujung hari.

 

7. Variasi

Belajar dengan cara yang sama, dalam suasana yang sama, dan di tempat yang sama memang bisa menimbulkan efek nyaman. Tapi kalau terus-menerus dilakukan, lama-lama kamu juga bisa bosan. Coba bikin variasi untuk menghindari rasa bosan yang bisa menimbulkan kantuk – mungkin dengan mengganti permen atau camilan, mengganti musik instrumen dengan musik tradisional, atau bahkan berpindah tempat belajar.

 

Selain ketujuh tips diatas, perhatikan dijam-jam berapa kamu merasa lebih produktif. Ada orang yang lebih cekatan dipagi hari, ada pula orang yang lebih produktif disore atau malam hari. Pergunakan waktu-waktu produktifmu itu untuk belajar.

Dan jangan lupa untuk mengisi perut sebelum belajar. Jangan makan makanan yang susah dicerna karena hanya akan memperberat sistem pencernaanmu, sehingga kamu jadi mengantuk. Jangan lupakan istirahat dan olahraga cukup, tak berlebihan dan tak kurang. Saat semua seimbang, kamupun akan merasa lebih bugar dan siap belajar dengan hati riang.

Lebih masukan Blog

Mau Jadi Produktif? Lakukan 5 Hal Ini

Biasanya diakhir semester, menjelang UAS, tiba-tiba kamu merasa ada saja sederet tugas yang...

Pusing Gegara Dosen? Ini 5 Tips Menghadapinya

Dunia kampus dengan segala seluk beluknya seakan tak habis dibahas. Ada saja yang baru,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru