redesain-navbar Portlet

Blog

photo via studybreaks.com

Mau Jadi Produktif? Lakukan 5 Hal Ini

Tips Menjadi Produktif

Biasanya diakhir semester, menjelang UAS, tiba-tiba kamu merasa ada saja sederet tugas yang belum kelar. Nggak tau gimana, tiba-tiba saja deadline berjajar rapi dalam satu pekan. Heran kenapa mimpi buruk ini bisa tiba-tiba muncul dipelupuk mata?

Sebenarnya nggak ada yang serba tiba-tiba. Yang ada, kamu nggak menghasilkan apapun saat temanmu bisa menyelesaikan tugasnya tepat waktu – mungkin karena dia orang yang produktif? Trus gimana sih, biar bisa jadi orang yang produktif? Seperti apa sebenarnya orang yang produktif itu?

 

1. Memiliki Skala Prioritas

Kamu punya PR atau tugas yang harus dikumpul diakhir pekan, tapi besok ada ujian. Tugasmu memang harus dikerjakan supaya bisa selesai tepat waktu, tapi mempersiapkan ujian untuk esok hari adalah hal yang lebih mendesak.

Memilih antara mana yang penting dan yang mendesak memang nggak semudah contoh kasus diatas. Ada banyak kejadian sehari-hari yang menuntut kita bertindak berdasar skala prioritas. Mana yang lebih mendesak untuk dikerjakan? Mana yang bisa diabaikan sejenak? Bila bisa memilahnya, kecil kemungkinan kamu merasa kewalahan dengan sederet tugas yang harus dikerjakan.

 

2. Hindari Multitasking

Kesannya, multitasking membuat beberapa pekerjaan bisa beres sekaligus. Padahal tak cuma satu dua penelitian yang menyebutkan bahwa otak kita tidak bisa fokus pada dua hal atau lebih dalam waktu yang sama. Misalnya, kamu mengerjakan PR Matematika sambil membantu orang tuamu menjaga toko. Yakin, hitunganmu nggak ketuker antara PR sama pembukuan toko?

Multitasking hanya akan menurunkan kualitas apapun yang kamu kerjakan. Nggak bisa disebut produktif dong, kalau belakangan kamu harus mengerjakan ulang atau memperbaiki pekerjaanmu tadi.

 

3. Mengubah Pola Pikir dan Sudut Pandang

Ngapain sih, harus belajar Matematika? PR atau tugas yang diberikan juga banyak, sampai-sampai menyita waktumu untuk santai, gaul, atau hang out.

Jangan melihat pekerjaanmu sekarang dari sudut pandang seseorang yang terbebani dengan target dan tenggat waktu. Bisa jadi pengetahuan dasar yang sedang kamu pelajari saat ini akan berguna dikemudian hari. Misalnya saja keterampilan berhitung dan logika Matematika yang turut mendasari ilmu komputer, bisnis, atau ekonomi. Mungkin kelak kamu akan kuliah disalah satu jurusan tersebut? Atau bisa jadi, tugas Bahasa Inggris yang tengah kamu kerjakan akan berguna saat tugas bekerja ke luar negeri dikemudian hari.

 

4. Jangan Takut Berkompetisi

Persaingan tak selamanya bermakna negatif, pun tak selalu bermakna positif. Lantas persaingan atau kompetisi seperti apa yang bisa membuatmu menjadi produktif?

Saat kamu bersama dengan orang-orang yang memiliki semangat untuk terus maju dan memperbaiki diri, kamupun akan terdorong untuk menjadi lebih baik lagi. Kalian akan saling memacu semangat untuk menjadi lebih produktif – dan itulah kompetisi yang sehat.

 

5. Kerjakan dengan Sepenuh Hati

Saat kamu mencurahkan hatimu dalam sesuatu yang kamu kerjakan, maka hasilnyapun takkan mengecewakan – baik itu tugas sekolah atau tugas kampus, membantu orang tua, ataupun melakukan hobimu. Bahkan bila memungkinkan, kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk berkreasi dengan crafting atau bekerja paruh waktu. Kurang produktif gimana, coba?

Yang penting, jangan berharap menuai hasil seketika itu juga. Mungkin kamu mengerjakan crafting selama beberapa tahun hingga akhirnya karyamu disukai banyak orang. Mungkin kamu harus berpindah-pindah tempat kerja paruh waktu sampai masa studimu selesai dan kemudian bisa bekerja penuh di tempat yang kamu impi-impikan.

Semuanya memang butuh proses, tapi bukan berarti kamu tidak produktif selama menjalaninya. Bukankah ini saatnya untuk mengubah pola pikir dan sudut pandangmu? Meskipun tak tampak mata, perubahan itupun sudah merupakan salah satu bentuk produktivitasmu.

Lebih masukan Blog

Kuliah di Singapura? Perhatikan 4 Pertimbangan Ini

Dimasa global village seperti sekarang ini, kamu punya lebih banyak pilihan dan peluang untuk...

7 Tips Mudah Menghalau Kantuk Saat Belajar

Hoahhmmm... tiap kali pegang buku pelajaran, belum lima menit pasti menguap. Kok beda ya, sama...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line