PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.reddit.com

8 Jurusan Seni – Dimana Kamu akan Berada?

Cari Tahu Jurusanmu

Wahai anak muda yang berjiwa seni, apakah kamu merasa terpanggil untuk kuliah di Jurusan Seni? Udah tahu kan, kalau Jurusan Seni ada banyak macamnya? Tak hanya di Yogayakarta, Solo, atau Denpasar, masih ada kota-kota lain dengan universitas bagus yang memiliki Jurusan Seni mumpuni. Eh, tapi tunggu dulu. Jurusan Seni apa yang ingin kamu geluti? Coba lihat berikut ini.

1. Jurusan Seni Karawitan

Bisa ditebak di mana Jurusan Seni Karawitan berada? Dulunya bernama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI), kemudian berganti nama menjadi Institut Seni Indonesia Surakarta, atau ISI Solo, bisa dipastikan di sinilah kamu bisa belajar tentang Seni Karawitan. Di ISI Solo, Seni Karawitan berada di Fakultas Seni Pertunjukan.

2. Jurusan Etnomusikologi

Etnomusikologi berasal dari kata etnos dan musik, sering pula dipahami sebagai etnografi musik. Bisa ditebak, dijurusan ini kamu akan belajar tentang kaitan antara sosial budaya dan musik. Belajar di mana? Masih di ISI Solo, di Fakultas Seni Pertunjukan juga.

3. Jurusan Seni Pedalangan

Kalau kamu serius pengen berada didunia pertunjukan wayang, Jurusan Seni Pedalangan akan menjadi pilihanmu. Berada di Fakultas Seni Pertunjukan, kamu tak harus kuliah di ISI Solo. Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia Denpasar memiliki jurusan ini.

4. Jurusan Seni Tari

Suka dan sudah menari sejak kecil? Pasti Jurusan Seni Tari masuk dalam salah satu pilihan jurusan kuliahmu. Menari seakan menuangkan cerita kedalam serangkaian gerak yang indah. Tak hanya membuat koreografinya, kamu juga harus sering-sering menyaksikan pagelaran tari baik tradisional maupun kontemporer. Kuliah Seni Tari juga akan membuatmu sering kurang tidur demi menyelesaikan tugas koreografi, melengkapi kostum dan aksesori, hingga menjadikanmu lihai bertata rias wajah. Nantinya, kamu bisa menjadi penari profesional, guru tari, hingga makeup artist juga bisa menjadi pilihan profesimu. Pilihan kuliahnya juga cukup banyak, seperti di Institut Kesenian Jakarta (ada Antropologi Tari juga), ISI Yogyakarta, ISI Denpasar, ISI Solo, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung, atau di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya. Pada umumnya, Jurusan Seni Tari berada di Fakultas Seni Pertunjukan.

5. Jurusan Seni Kriya

Bidang seni kriya tak hanya menciptakan barang-barang yang berguna, tapi barang-barang seni yang memiliki fungsi. Menggeluti seni kriya membekalimu dengan kreativitas, pengetahuan, dan keterampilan menciptakan karya rupa. Kamu akan mengolah beragam materi menjadi karya seni bernilai tinggi tanpa meningalkan nilai fungsinya. Di mana kamu bisa mempelajarinya? Di ITB, ISI Yogyakarta, ISI Denpasar, atau IKJ (Seni Tekstil, Kriya Keramik, Kriya Kayu). Seni Kriya berada di Fakultas Seni Rupa atau Fakultas Seni Rupa dan Desain.

6. Jurusan Televisi dan Film

Bisa dibilang, dunia pertelevisian saat ini hampir-hampir enggak ada matinya. Pekerjaan yang melibatkan perekaman, pengeditan, dan pengelolaan tayangan akan terus dibutuhkan tak hanya didunia pertelevisian, namun juga perfilman. Untuk itu, selama kuliah kamu akan dibekali dengan kreativitas, estetika, dan aspek teknis guna memproduksi tayangan yang berkualitas. Sedikit berbeda pada beberapa kampus, Televisi dan Film di IKJ berdiri sendiri sebagai Fakultas Film dan Televisi. Sedangkan di ISI Yogyakarta, Televisi dan Film berada pada Fakultas Seni Media Rekam. Di ISI Solo, Televisi dan Film masih berada pada Fakultas Seni Rupa dan Desain yang akan berkembang menjadi Fakultas Media Rekam. Untuk diketahui, Seni Media Rekam biasanya menyertakan Animasi dan Fotografi, dan tak jarang kamu akan terlibat dalam desain multimedia.

7. Jurusan Seni Rupa

Jurusan Seni Rupa memiliki beberapa Program Studi, Keahlian, Departemen, hingga konsentrasi pada beberapa universitas, seperti di ISI Padangpanjang, STSI Bandung, dan STKW Surabaya. Akan tetapi, tak jarang Seni Rupa juga berupa berdiri sebagai Fakultas di universitas-universitas lain. Misalnya di IKJ, ISI Solo, ITB, dan ISI Denpasar, Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki Jurusan Seni Murni yang terbagi menjadi Seni Grafis, Seni Patung, dan Seni Lukis. Jurusan dan konsentrasi yang sama juga ada pada Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Seni Keramik, Ilmu Seni dan Estetika, serta Intermedia juga merupakan beberapa konsentrasi Jurusan Seni Rupa.

8. Jurusan Seni Musik

Berada pada Fakultas Seni Pertunjukan, Jurusan Seni Musik ada di IKJ dan ISI Yogyakarta. ISI Denpasar memiliki Program Studi Pengkajian Seni Musik dan Penciptaan Seni Musik pada Fakultas Seni Pertunjukan. Jurusan Seni Musik juga ada di ISI Padangpanjang dan kamu masih bisa belajar tentang Seni Musik di Universitas Negeri Medan. Kuliah Seni Musik berarti kamu akan meneliti, merancang, dan menyajikan musik, mencakup vokal, alat musik, pertunjukan musik, hingga sejarah musik. Persiapkan diri untuk tes masuknya, yaitu teori tulis, mendengar chord, ritme, dan not, memainkan lagu, dan membaca not lagu.

 

Nah, dari kedelapan jurusan seni di atas, dimana panggilan passion-mu? Yang pasti, jangan mengambil keputusan hanya berdasar pada minatmu, ya. Pertimbangkan pula kemampuanmu, prospek kerjanya, hingga biaya kuliahnya.

Lebih masukan Blog

5 Ujaran Bahasa Inggris Sehari-Hari yang Tak Kamu Pelajari di Sekolah

Apa yang kamu rasakan saat pelajaran Bahasa Inggris di sekolah tengah berlangsung? Bosan?...

Tentang Seni Kriya Tekstil

Seni Kriya Tekstil adalah salah satu konsentrasi atau peminatan dari Jurusan Seni Kriya – Seni...

Menambah Komentar

Syafina lim 7 Bulan Lalu
anak seni mana suaranyaaaa
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
alvany yudi 7 Bulan Lalu
kalau kuliah ambil jurusan seni susah gk ya??
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
alvany yudi 7 Bulan Lalu
kalau kuliah ambil jurusan seni susah gk ya??
Harap sign in untuk melanjutkan.
D
Diyah Resti 7 Bulan Lalu
prospek kerja untuk anak seni gimana ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
Ni'matul Khofifah 6 Bulan Lalu
kalau kuliah ngambil jurusan seni kedepannya bakal terjamin jadi apa?
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
nisa 6 Bulan Lalu
kak gimana kalo suka musik tapi gak bisa main alat musik/belom pernah belajar alat musik? tapi suka nyanyi walopun suara pas pasan?
Harap sign in untuk melanjutkan.
W
Wulan Nurrohmah 5 Bulan Lalu
kuliah di seni nanti kedepannya terjamin engga ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.
RR
Rahmat Rahmat 4 Bulan Lalu
arsitek gak termasuk ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.
Eti Ratnsa 4 Bulan Lalu
seni kria sama seni rupa deh layaknya.
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru