APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

9 Kampus Pilihan di Lumajang: Sekolah Tinggi, Institut, dan Universitas

Lumajang punya kampus-kampus terbaik tempat kuliah.

Photo by azhar galih on Unsplash

Kampus di Lumajang banyak yang bisa menjadi alternatif pilihan kuliah loh, Sobat Pintar! Kota pisang ini berbatasan dengan wilayah Probolinggo, Jember, dan Malang. Boleh lah, sesekali ke kota-kota sekitarnya saat kamu kuliah di Lumajang! Nah, apa aja tuh, kampusnya? Ini dia, daftar kampus di Lumajang buat referensimu.

universitas yang ada di Lumajang
Photo by Zhouxing Lu on Unsplash

1. Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin

PTS di Lumajang ini pada awalnya merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syarifuddin (STITS). Sebelum menjadi Institut Agama Islam (IAI) seperti sekarang, kampus ini sempat menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). Terlepas dari perubahan institusinya, kampus di Lumajang ini tetap memiliki ciri khas tradisi dan kultur pesantren.

IAI Syarifuddin Lumajang beralamat di Jl. Ponpes Kyai Syarifuddin Wonorejo Kedungjajang Lumajang. Apa saja jurusan yang ada di kampus ini? Berikut daftar prodinya, masing-masing dengan akreditasi terbaru.

S1

Akuntansi Syari`ah

Baik

 

Bimbingan dan Konseling Islam

Baik

 

Ekonomi Syariah

Baik Sekali

 

Komunikasi dan Penyiaran Islam

Baik

 

Manajemen Dakwah

Baik

 

Pendidikan Agama Islam

B

 

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Baik Sekali

S2

Pendidikan Agama Islam

Baik

universitas swasta di Lumajang
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

2. Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama

Berdiri sebagai STIE, PTS di Lumajang ini resmi menjadi Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama sejak 2021. Dikenal dengan kependekan ITB Wiga, lokasi kampusnya terletak di Jl. Gatot Subroto No. 4, Lumajang. Saat ini ITB Widya Gama Lumajang menaungi prodi-prodi berikut.

S1

Akuntansi

B

 

Informatika

Baik

 

Manajemen

B

S2

Manajemen

 

universitas negeri di Lumajang
Photo by Christin Hume on Unsplash

3. Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum

Berdiri sebagai Sekolah Tinggi Agama Ilmu Syariah (STIS), kampus di Lumajang ini berada di bawah Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Memang, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum terletak di Jl. Raya Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Berikut prodi-prodi yang ada di STAI Miftahul Ulum Lumajang.

S1

Hukum Ekonomi Syariah

Baik

 

Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhshiyyah)

B

 

Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

 

 

Manajemen Pendidikan Islam

Baik

 

Pendidikan Agama Islam

Baik

 

Pendidikan Bahasa Arab

Baik

 

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Baik


Photo by Worshae on Unsplash

4. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Miftahul Midad

Perguruan tinggi di Lumajang ini berdiri pada 2021 dengan harapan bahwa santri-santri dari Pondok Pesantren Miftahul Midad dapat melanjutkan pendidikan formal. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Miftahul Midad beralamat di Jl. Musi No. 17 Sumberejo Sukodono Lumajang. Dua prodi yang saat ini menjadi bagian dari STIT Miftahul Midad Lumajang adalah sebagai berikut.

S1

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Baik

 

Tadris Bahasa Inggris

Baik

perguruan tinggi di Lumajang
Photo by Bettina Barth on Unsplash

5. STAI Bustanul Ulum

Dikenal dengan kependekan STAIBU, Sekolah Tinggi Agama Islam Bustanul Ulum adalah salah satu perguruan tinggi di Lumajang yang dinaungi oleh Kemenag. Kampus swasta ini berada di Jl. Doktren, No. 26, Krai Yosowilangun, Sentono, Krai, Lumajang. Terdapat dua prodi yang dibuka di STAI Bustanul Ulum Lumajang, yakni sebagai berikut.

S1

Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)

 

 

Manajemen Pendidikan Islam

C


Photo by khamkhor on Pixabay

6. STIT Muhammadiyah Lumajang

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Lumajang adalah satu dari sekian PTS di Lumajang. Berawal dari Fakultas Tarbiyah, STIT Muhammadiyah Lumajang resmi berdiri pada 1991. Lokasi kampusnya masih sama, yakni berada di Jl. Brantas 07 Lumajang. Hanya ada satu prodi yang saat ini tercatat berada di bawah naungan perguruan tinggi di Lumajang ini, yaitu Pendidikan Agama Islam yang terakreditasi Baik oleh BAN-PT.


Photo by Hoàng Anh VÅ© on Pixabay

7. STKIP Muhammadiyah Lumajang

Berada di lokasi yang sama, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Lumajang terletak di Jl. Brantas 07 Lumajang. Satu-satunya prodi yang dinaungi oleh STKIP Muhammadiyah Lumajang adalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dengan status akreditasi terbaru adalah Baik.


Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

8. STKIP PGRI Lumajang

Kampus di Lumajang ini juga khusus mendidik calon-calon guru. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Lumajang terletak di Jl Pisang Gajih No 2, Kepuharjo Lumajang. Ada dua prodi yang tersedia di STKIP PGRI Lumajang, yakni sebagai berikut.

S1

Pendidikan Ekonomi

Baik Sekali

 

Pendidikan Matematika

Baik Sekali


Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

9. Universitas Lumajang

Universitas yang ada di Lumajang ini dikenal dengan kependekan Unilu. Sebagai sebuah universitas swasta di Lumajang, Unilu saat ini dikelola oleh Yayasan Narariya Kirana Lumajang. Resmi berdiri pada 1983 dengan dua fakultas, Unilu merupakan universitas tertua yang ada di Lumajang. Setelah mengalami perkembangan dan perubahan sekian waktu, universitas di Lumajang ini sekarang menaungi tiga prodi berikut.

S1

Agribisnis

Baik

 

Ilmu Administrasi Negara

B

 

Ilmu Hukum

Baik

Sampai sekarang memang masih belum ada PTN di Lumajang, Sobat Pintar. Kebanyakan kampus yang tersedia juga merupakan sekolah tinggi yang secara umum lebih fokus pada disiplin ilmu tertentu. Selain sekolah tinggi, Lumajang masih punya institut dan universitas. Meskipun memang belum ada institut dan universitas negeri di Lumajang, pilihan jurusan yang tersedia sudah cukup beragam.

Arnila, Sobat yang sudah mencoba fitur Cari Jurusan, sempat bingung juga menentukan jurusan kuliahnya. Namun setelah menggunakan Aku Pintar, Arnila makin mantap dengan pilihannya. Kamu masih bingung mau pilih jurusan yang mana? Ikutan Arnila yuk, download aplikasi Aku Pintar dan temukan jurusan terbaikmu buat kuliah di salah satu kampus di Lumajang!

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog