redesain-navbar Portlet

Blog

www.independent.co.uk

9 PTS di Indonesia yang Punya FKIP buat Para Calon Guru

FKIP di PTS 

Ada yang bercita-cita jadi guru? Profesi mulia ini nggak mudah lho. Coba aja kamu berdiri di depan dan jelasin tentang suatu teori ke seluruh teman-temanmu sekelas sampai semua paham – semua ya, jangan sampai ada yang masih belum paham. Bahkan, mengajar di kelas tuh cuma sebagian kecil dari seluruh tugas dan tanggung jawab guru. Namun jika kamu memiliki panggilan jiwa untuk melakoninya, jempolan deh!

Tak harus kuliah di PTN, PTS sekalipun punya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang dapat mendukungmu meraih cita-citamu. Dan berikut ini adalah sejumlah PTS di Indonesia yang memiliki FKIP.

 

1. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Berdiri pada tahun 1960, universitas ini dulunya adalah IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. FKIP UAD memiliki Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Bimbingan Konseling.

 

2. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)

Pada awal berdirinya ditahun 1960, universitas ini bernama IKIP Muhammadiyah Jakarta. UHAMKA merupakan salah satu dari kampus dengan Ilmu Pendidikan terbaik di Jakarta dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Literatur, Bimbingan Konselingm Pendidikan Geografi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Psikologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Usia Dini, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Jepang.

 

3. Universitas Sanata Dharma (Sadhar)

Perguruan tinggi yang berdiri pada tahun 1955 ini tetap bernama Sanata Dharma ketika terjadi konversi IKIP menjadi universitas pada akhir tahun 1990-an. Institusi pendidikan tinggi di Yogyakarta ini telah mengantongi akreditasi A yang berlaku sampai akhir tahun 2021. Jurusan-jurusan pada FKIP Sadhar antara lain Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Agama Katolik, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi Koperasi, Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

 

4. Universitas Indraprasta PGRI

Universitas ini berada di Jakarta dengan dua lokasi kampus yang berbeda, yaitu di Pasar Rebo Jakarta Timur dan Tanjung Barat Jakarta Selatan. Fakultas terbaiknya adalah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial (FIPPS) yang terdiri dari Jurusan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, serta Bimbingan dan Konseling.

 

5. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Berdiri pada tahun 1953, UKI memiliki FKIP dengan lima jurusan pendidikan yang telah terakreditasi – pendidikan agama terakreditasi depag. Kelima jurusan tersebut ialah Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Bimbingan dan Konseling. FKIP juga menaungi Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Fisika.

 

6. Universitas Bung Hatta (UBH)

Universitas yang berada di Padang , Sumatera Barat, ini memiliki akreditasi B yang berlaku hingga 19 Januari 2022. FKIP-nya terdiri dari Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

 

7. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Banjarmasin

Sekolah tinggi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini memiliki akreditasi C yang berlaku sampai 23 Mei 2020. Jurusan atau program studi di STKIP PGRI ini adalah Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Matematika.

 

8. Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar

Akreditasi PTS di Bali ini adalah B, yang berlaku hingga 30 Agustus 2019. FKIP Unmas terdiri dari Jurusan Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

9. Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar

Universitas Muhammadiyah di Sulawesi Selatan ini berdiri pada tahun 1963. FKIP Unismuh mencakup Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Biologi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Sosiologi, dan Pendidikan Fisika. Saat ini, akreditasi institusi Unismuh adalah B.

 

Memeriksa akreditasi institusi dan jurusan atau program studi wajib kamu lakukan bila melanjutkan pendidikan tinggimu di PTS karena level akreditasinya akan turut mempengaruhi kualitas pembelajaran dan lulusannya. Artinya, apa yang akan kamu peroleh selama kuliah dan bagaimana kompetensimu nanti sebagai calon guru turut dipengaruhi oleh level akreditasi institusi dan jurusan. Tapi tak selesai sampai disitu, tanyakan pula kepastian surat izin penyelenggaraan fakultas pendidikannya. Jangan sampai ijazahmu nanti tak berlaku gegara kamu enggan memastikan izin penyelenggaraan FKIP kampus.

Lebih masukan Blog

Aku Pintar bersama Siswa Smada Surabaya

On one bright day, Aku Pintar berkesempatan sharing bareng siswa-siswa Smada. Bersama...

Kuliah di PGSD dan Jadi Guru SD? Banyak Untungnya, Lho!

Pernahkah terlintas dalam benakmu untuk mengajar di Sekolah Dasar? Iya, jadi guru SD! Eitts,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka