PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit Sukardi

Kuliah di PGSD dan Jadi Guru SD? Banyak Untungnya, Lho!

Kuliah PGSD

Pernahkah terlintas dalam benakmu untuk mengajar di Sekolah Dasar? Iya, jadi guru SD! Eitts, tunggu dulu, jangan keburu memandang profesi ini sebelah mata. Ada banyak nilai plusnya lho, profesi guru SD dan kuliah di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mau tahu? Yuk, lihat!

 

Lowongan Pekerjaan yang Lebih Luas dibanding Jurusan Pendidikan yang Lain

Bagi kamu yang becita-cita jadi guru, kuliah di jurusan pendidikan adalah salah satu cara mewujudkan mimpimu. Kalau kuliah di Jurusan Matematika, kecil kemungkinan kelak kamu akan menjadi guru Bahasa Indonesia – demikian pula sebaliknya. Ini berarti, lowongan pekerjaanmu akan terbatas pada satu bidang atau matapelajaran yang sesuai dengan latarbelakang pendidikanmu.

Beda lagi kalau kamu kuliah di Jurusan PGSD. Kamu bisa mengajar siswa kelas I sampai kelas VI! Bukankah peluang kerja ini lebih besar? Bandingkan pula jumlah sekolah dasar yang lebih banyak dibandingkan sekolah menengah. Tentunya, kebutuhan akan guru SD lebih besar daripada guru matapelajaran tertentu di SMP/ MTs dan SMA/ MA/ SMK.

 

Matakuliah yang Beragam Membuatmu jadi Serba Bisa

Karena nantinya akan menjadi guru kelas dan mengajar siswa kelas I sampai kelas VI, berarti kamu wajib menguasai seluruh bahan ajar. Makanya, selama kuliah di Jurusan PGSD, kamu akan belajar semua materi pelajaran – mulai Matematika, Bahasa Inggris, IPS, IPA, seni tari, seni musik, bahkan olahraga. Tapi tenang saja, nggak rumit-rumit banget, kok – tingkat kesulitan seluruh materinya masih setingkat SMA. Tujuannya supaya kamu mengenal bahan ajar untuk siswa SD saja, tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kamu mengajarkannya nanti.

Untuk itu, pada semester-semester awal, biasanya matakuliah PGSD meliputi Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Ilmu Alamiah Dasar, dan lain sebagainya. Pada semester-semester berikutnya, kamu akan belajar tentang Pengembangan Kurikulum SD, Strategi Belajar Mengajar SD, Profesi Keguruan, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Bahan Ajar, dan matakuliah-matakuliah lain yang menunjang pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar.

 

Multidisiplin Ilmu yang Membuatmu jadi Seorang Profesional

Menjadi guru SD tuh nggak cuma ngajar di kelas lho, ya. Kamu juga harus mengembangkan diri secara profesional, sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Untuk itulah, kamu juga dibekali dengan matakuliah Statistik, Metodologi Penelitian dan Penelitian Tindakan Kelas, Media dan Sumber Ajar, Assessment Pembelajaran SD, dan sebagainya.

Sebagai calon guru, kamu juga akan terlatih membuat Renacana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah mulai diterapkan saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Jadi, sejak sebelum lulus kuliahpun, kamu sudah akrab dengan profesi guru dan dunia pengajaran ditingkat dasar.

 

Keterampilan dan Pengetahuan yang Banyak Membekalimu jadi Sosok yang Luar Biasa

Menjadi mahasiswa PGSD membuatmu terampil dalam banyak hal. Iyalah, bayangin aja kamu akan 'terpaksa' belajar bermain piano, membaca not, bermain angklung, melukis, menganyam, membuat kerajinan, menari, hingga mengadakan pagelaran seni. Kamu juga dapat berkecimpung dalam kegiatan Palang Merah Remaja maupun Pramuka. Lulus dari jurusan ini akan membuatmu jadi orang serba bisa, deh!

Selain itu, bekal yang kamu peroleh dari matakuliah Pembelajaran Seni, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Inklusi, Pendidikan Nilai Budi Pekerti, ataupun Layanan Bimbingan Konseling dapat membentukmu menjadi pribadi yang lebih matang dan berkepribadian. Bagaimanapun juga, mengajar anak-anak belia di sekolah dasar memang memerlukan sifat sabar dan penyayang. Udah deh, bakalan banyak yang menyukaimu nanti!

 

Lebih Rapi dan Pantas dalam Berpenampilan

Kemampuan alami anak adalah meniru, dan salah satu yang ditiru siswa Sekolah Dasar adalah guru. Makanya, selama kuliah di Jurusan PGSD, kamu akan dilatih untuk berpenampilan lebih rapi. Beberapa kampus bahkan ada yang mewajibkan seragam bagi mahasiswa PGSD. Tapi bilapun tak ada ketentuan seperti ini di kampusmu nanti, tetap saja kamu harus memperhatikan penampilan rambut, pakaian, hingga sepatumu.

Percaya, deh. Kalau kamu kurang perhatian sama kerapian dan kepantasan penampilanmu, akan ada siswamu nanti yang menegurmu. Iya, anak-anak yang masih berada diusia 'kanvas bersih' itu punya banyak pertanyaan yang akan membuatmu kesulitan menanggapi – apalagi bila terkait dengan penampilanmu.

Alhasil, demi menghindari teguran dari siswamu kelak, kamu akan terlatih memperhatikan penampilanmu sejak kuliah. Nah, udah kepribadian oke, otak terasah, penampilanpun baik. Siapa sih, yang masih tega nggak suka sama kamu?

Lebih masukan Blog

9 PTS di Indonesia yang Punya FKIP buat Para Calon Guru

Ada yang bercita-cita jadi guru? Profesi mulia ini nggak mudah lho. Coba aja kamu berdiri di...

Perhatikan 5 Pantangan Ini Saat Magang

Udah dapat jadwal magang? Udah siap juga untuk berangkat magang? Wah, hebat! Kalau begitu,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru