APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

A sampai Z tentang Jurusan Rekam Medis

Banyak hal yang mesti Sobat Pintar ketahui tentang kuliah Rekam Medis.

Photo by Pixabay on Pexels

Jurusan Rekam Medik (atau Rekam Medis) adalah sebuah jurusan atau program studi bidang kesehatan dan teknologi informasi di perguruan tinggi. Nama resmi jurusan ini sebenarnya terdapat sedikit perbedaan, seperti Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, Rekam Medik, Perekam Medik dan Informatika Kesehatan, Perekam Medik dan Informasi Kesehatan, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, atau Ilmu Rekam Medis.

Mungkin kamu heran, kok bisa beda-beda gitu namanya? Nah, lanjut baca artikel tentang kuliah Jurusan Rekam Medis ini yuk, biar kamu enggak bertanya-tanya lagi soal nama jurusan.

 

Apa Itu Jurusan Rekam Medik?

universitas yang ada jurusan rekam medis
Photo by Alex Green on Pexels

Jurusan Rekam Medis adalah sebuah jurusan atau program studi yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga profesional dalam bidang rekam medik. Selama kuliah Jurusan Rekam Medis, kamu belajar tentang cara mengelola dan menyimpan data kesehatan pasien. Kamu juga akan belajar bagaimana menggunakan teknologi informasi kesehatan untuk membantu pelayanan kesehatan.

Kalau begitu, rekam medis termasuk jurusan apa? Ilmu tentang rekam medis sendiri terkait dengan pengelolaan informasi medis dan dokumentasi pelayanan kesehatan. Jenis dokumentasi kesehatan yang dikelola dalam ilmu rekam medis antara lain catatan medis, laporan lab, maupun catatan pelayanan kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, Jurusan Rekam Medik bersinggungan dengan ilmu informasi kesehatan atau manajemen informasi kesehatan.

Biar makin jelas, yuk kita lihat apa saja mata kuliah Rekam Medis. Sebagai contoh, sebagian mata kuliah Jurusan Rekam Medis dan Info Kesehatan (RMIK) di Akademi Telekomunikasi (Akatelkom) Bogor antara lain Aplikasi Komputer Dasar, Sistem Informasi Kesehatan, Sistem Pengelolaan RMIK, Struktur Data, Praktek Klinik Rekam Medis, Farmakologi, Basis Data, Jaringan Komputer, Standar Pelayanan Informasi Kesehatan, Epidemiologi, Statistik Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Standarisasi Akreditasi Pelayanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Pelayanan Kesehatan, hingga Pengelolaan Anggaran Informasi Kesehatan.

Selain Program D3 RMIK, Akatelkom Bogor juga membuka Program D4 Informatika Rekam Medis. Nah, Program D4 Jurusan Rekam Medik seperti ini bisa menjadi alternatif buat kalian yang pengin kuliah Jurusan Rekam Medis pada Program Sarjana. Kamu tentu tau kan, kalau Program D4 atau Sarjana Terapan itu setara dengan Program S1 atau Sarjana? Jadi dengan adanya pilihan kuliah Jurusan Rekam Medis di Program D4 ini, enggak bertanya-tanya lagi kan, kuliah Rekam Medis S1 dimana saja?

Oke, balik ke Program D4 Informatika Rekam Medis di Akatelkom Bogor. Untuk Program D4, daftar mata kuliah Rekam Medis di Akatelkom Bogor meliputi Biomedik, Konsep Dasar RMIK, Manajemen Mutu Informasi Kesehatan, Aplikasi Komputer Dasar, Sistem Informasi Kesehatan, Anatomi Fisiologi, Quality Assurance, Struktur Data, Statistik Pelayanan Kesehatan, Manajemen Informasi Kesehatan, Farmakologi, Pemprograman Berbasis Web, Epidemiologi, Hukum Kesehatan, Standarisasi Akreditasi Pelayanan Kesehatan, Basis Data, Jaringan Komputer, Pemograman Rekam Medis, Sistem Informasi Kesehatan Nasional, Manajemen Unit Kerja IRM, Sistem Pembiayaan Pelayanan Kesehatan, Rekam Medis Elektronik, Manajemen Proyek SIK, Penyebab Kematian, Praktikum Proyek Aplikasi Rekam Medis, Rekayasa Perangkat Lunak, Proyek Sistem Infromasi Rekam Medis, dan lain-lain.

 

Di Mana Kuliah Jurusan Rekam Medis?

rekam medis dan informasi kesehatan
Photo by Lan Lin on Unsplash

Sekarang kamu sudah tau apa saja yang bakal dipelajari selama kuliah Jurusan Rekam Medis, baik pada Program D3 maupun D4. Kamu juga sudah tau salah satu perguruan tinggi atau universitas yang ada Jurusan Rekam Medis adalah Akatelkom Bogor. Tak perlu mencari-cari, kampus ini sudah menyediakan Program D3 dan D4. Tinggal pilih progam pendidikan mana yang paling pas buatmu, Sobat.

Kamu juga bisa mengikuti pendaftaran mahasiswa baru Akatelkom Bogor secara online melalui Aku Pintar. Dipikir-pikir, kalau bisa mengikuti pendaftaran online Akatelkom Bogor, yang enggak ribet dan dengan biaya pendaftaran yang lebih murah, kenapa mesti capek-capek mendaftar offline, sih? Iya kan, Sobat?

 

Lulusan Jurusan Rekam Medik Kerja Apa?

jurusan rekam medis adalah
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Terus, nanti lulusan Rekam Medis jadi apa? Baik lulusan Program D3 maupun D4, peluang kerja rekam medis terbilang cukup bagus. Seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan industri kesehatan, kebutuhan akan pengelolaan informasi medis yang efisien dan terorganisir semakin meningkat. Saat ini rumah sakit dan klinik kesehatan membutuhkan tenaga kerja yang terlatih dalam mengelola rekam medis demi memenuhi standar pelayanan kesehatan yang berlaku.

Lulusan Rekam Medis atau teknisi rekam medis dapat bekerja di berbagai instansi kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, praktik dokter pribadi, perusahaan konsultan rekam medis, ataupun vendor sistem rekam medis. Di sektor publik, peluang kerja rekam medis tersedia di Departemen Kesehatan maupun agen asuransi kesehatan. Nah, udah enggak bertanya-tanya lagi kan, lulusan Rekam Medis jadi apa?

Udah tau peluang kerjanya, berikutnya kamu pasti kepo sama penghasilan administrator atau teknisi rekam medis. Iya, berapa gaji seorang rekam medis? Rata-rata gaji rekam medis di Indonesia pada tahun 2021 adalah sekitar Rp3,9 juta per bulan. Namun angka ini bervariasi ya, Sobat Pintar, tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi kerja, tingkat pengalaman, dan instansi kesehatan tempat kerja. Misalnya, administrator rekam medis di rumah sakit yang lebih besar mungkin akan memperoleh gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan administrator rekam medis yang bekerja di klinik kecil. Seorang rekam medis yang lebih berpengalaman atau memiliki gelar pendidikan lebih tinggi juga cenderung memperoleh gaji yang lebih tinggi.

Ternyata ada banyak hal yang jauh lebih menarik tentang kuliah Jurusan Rekam Medis ketimbang sekadar kepo sama nama jurusannya saja, kan? Terus, setelah membaca sampai sini, apa kamu bakal memilih jurusan kuliah ini, Sobat Pintar?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog