redesain-navbar Portlet

Blog

photo via ujiansma.com

Administrasi Bisnis, Pilihan Jurusan Kuliah untuk Apapun Profesimu Kelak

Jurusan Administrasi Bisnis

Nggak asing dengan Jurusan Administrasi Bisnis, kan? Jurusan ini memang terbilang cukup populer, nggak cuma buat anak IPS tapi juga IPA. Pernah tau anak Bahasa yang 'nyasar' ke Administrasi Bisnis? Nah loh, kok bisa jurusan ini segitu populernya disemua kelas? Mungkin kamu bisa menemukan alasannya dibawah ini.

 

Administrasi Bisnis Sering Dianggap Sama dengan Manajemen

Seringnya orang ngegampangin aja, "Ah, ambil Administrasi Bisnis aja, deh. Palingan, mirip-miriplah sama Manajemen." Dan siapa sih yang nggak kenal sama Jurusan Manajemen?

Tapi sebenarnya nggak begitu juga, lho. Ilmu Administrasi Bisnis punya peran dalam penentuan tujuan dan kebijakan suatu organisasi atau perusahaan, sedangkan Ilmu Manajemen berorientasi pada cara penyelesaian suatu pekerjaan. Administrator berperan dalam pengambilan keputusan, sementara Manajer berperan sebagai pelaksana keputusan tersebut.

Untuk mengetahui apa saja yang perlu dikerjakan dibagian Manajemen, ada beberapa matakuliah yang dipelajari juga di Jurusan Administrasi Bisnis. Mungkin itu sebabnya jurusan ini sering dianggap sama saja dengan Manajemen.

 

Ilmu tentang Praktek Bisnis Secara Nyata

Bertujuan untuk meluluskan calon-calon entrepreneur, matakuliah-matakuliah yang ditawarkan dijurusan inipun tak jauh-jauh dari entrepreneurship – Matematika Bisnis, Dasar-Dasar Organisasi, Komunikasi Keorganisasian, Sistem Informasi Manajemen, Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Akuntansi, Hukum Bisnis, Manajemen Pemasaran Strategis, Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Hak Perlindungan Konsumen, Organisasi Multilateral, Perilaku Konsumen, dan lain sebagainya. Kamupun akan belajar tentang segala sesuatu yang terkait dengan operasional bisnis dan perusahaan, seperti marketing, pengelolaan personalia, pengelolaan keuangan, hingga kegiatan produksi.

Apa kamu harus jadi entrepreneur selepas kuliah Administrasi Bisnis? Enggak juga, karena jurusan ini juga mengajarkanmu tentang urusan-urusan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, pemrosesan data, bahkan pengelolaan informasi tentang pekerjaan kantor. Jadi, kamu punya cukup bekal juga untuk berprofesi sebagai pengajar bisnis, pemeriksa dan pengumpul pajak, agen penjualan, penjualan retail, manajer, broker, sekretaris legal, perencana bisnis, atau profesi lain.

Alumni jurusan ini memang cukup high demand, makanya Administrasi Bisnis terbilang tenar dikalangan pelajar SMA. Industri keuangan dan perbankan jelas membutuhkan sarjana Administrasi Bisnis, demikian pula perusahaan swasta dan instansi pemerintah.

 

Jurusan Pilihan buat Kamu yang Tertarik pada Bisnis dan Kepengurusan Dokumen

Karena lulusannya diprioritaskan untuk menjadi entrepreneur, maka jurusan ini sesuai buat kamu-kamu yang memang bercita-cita untuk berwirausaha atau jadi pengusaha. Disini kamu belajar tentang bagaimana menjalankan suatu bisnis dan mengembangkannya, termasuk mengurus berbagai macam dokumen yang terkait dengan bisnis tersebut.

Tak cukup belajar tentang menjalankan bisnis, dijurusan ini kamu diajari juga tentang bagaimana menciptakan produk sendiri – dan yang lebih penting lagi adalah value suatu produk. Jadi, apakah ini memang jurusan kuliah yang menjadi minatmu?

Lebih masukan Blog

Teknologi Pasca Panen, Jurusan Kuliah Langka yang Hanya Ada di ITB

Baru dibuka pada tahun 2015, Jurusan Teknologi Pasca Panen Institut Teknologi Bandung adalah...

Tak Hanya Belajar Bahasa: Sastra Mandarin

" Ngapain belajar bahasa? Udah, taruh aja di pilihan kedua." Begitulah kira-kira...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line