CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Aplikasi Wajib untuk Guru Produktif

Aplikasi untuk guru supaya dapat mengajar dengan inovatif dan kreatif

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Menjadi seorang guru harus selalu produktif dan juga tidak boleh ketinggalan zaman. Untuk menjawab tantangan dalam dunia pendidikan di era serba digital seperti sekarang ini, Guru Pintar tidak boleh menjadi guru yang gaptek alias gagap teknologi. Guru pintar harus memiliki kemauan dan kemampuan memanfaatkan berbagai teknologi dan aplikasi yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Nah, Guru Pintar wajib kenalan dengan berbagai aplikasi produktif mengajar atau software untuk guru.

Aplikasi untuk kegiatan belajar mengajar yang dapat Guru Pintar manfaatkan ada banyak. Berikut ini adalah beberapa aplikasi wajib buat guru supaya kegiatan belajar mengajar tetap lancar.

1. Google Keep

Aplikasi wajib untuk guru Produktif
Foto adalah tangkapan layar dari Google Playstore

App untuk produktivitas kerja Guru Pintar yang pertama adalah Google Keep. Dengan aplikasi ini, Guru Pintar dapat dengan cepat mencatat jadwal, ide-ide, dan catatan-catan penting lainnya. Tak hanya itu, Guru pintar juga dapat membagikannya kepada orang lain, termasuk kepada siswa atau kolega. Jika Guru Pintar tidak memiliki banyak waktu untuk mencatat atau sedang dalam perjalanan, kegiatan pencatatan dalam Google Keep tetap dapat dilakukan dengan cara merekam memo suara dan Keep akan mentranskripsinya sehingga Guru Pintar dapat memberikan tindak lanjut saat sudah memiliki waktu yang longgar.

Dengan aplikasi ini Guru Pintar dapat memberi kode warna dan menambahkan label untuk mengelola segala aktivitas. Dengan demikian akan memudahkan Guru Pintar dalam melakukan penelusuran saat diperlukan. Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah terjangkau, fleksibel, dan mudah digunakan dengan gadget apapun seperti laptop, HP, ataupun tablet.

2. Khan Academy


Foto adalah tangkapan layar dari Google Playstore

Aplikasi guru yang dapat membantu aktivitas mengajar lebih produktif berikutnya adalah Khan Academy. Khan academy adalah sebuah aplikasi pembelajaran gratis yang dapat membantu guru dan siswa membangun pemahaman yang kuat terhadap konsep pelajaran melalui video, latihan soal, dan juga tes. Saat ini, Khan Academy sudah digunakan lebih dari 120 juta pelajar dari lebih dari 190 negara.

Apa yang bisa Guru Pintar lakukan dengan aplikasi ini? Dari konten yang terdapat dalam aplikasi ini, Guru Pintar dapat memperoleh berbagai informasi dan inspirasi yang dapat diterapkan di kelas.  vIdeo-video dari aplikasi Khan Academy dapat dijadikan sebagai media sehingga dapat meningkatkan students engagement. Selain itu, Guru Pintar juga dapat memberikan PR melalui aplikasi ini dan memantau setiap progress dari pekerjaan siswa secara real time.

3. Canva

Aplikasi Canva merupakan sebuah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain atau template yang dapat digunakan baik secara gratis ataupun berbayar (premium). Aplikasi yang diluncurkan tahun 2013 ini sudah digunakan lebih dari 60 juta pengguna.

Guru Pintar dapat membuat pelajaran serta materi dan kegiatan pembelajaran dalam waktu singkat dengan aplikasi ini. Canva juga memiliki produk canva untuk Pendidikan dimana guru dapat menuangkan kreatifitas dengan fitur pro secara gratis. Dengan ini guru Pintar akan mendapatkan akses ke jutaan gambar premium, dapat menggunakan font, grafik, video, dan animasi premium, menghapus latar belakang dari gambar dengan sekali klik, mengunggah logo dan font sekolah, dan juga menambahkan bitmoji dan gif untuk membuat presentasi atau desain Guru Pintar lebih eye catching.

4. Aplikasi Forest


Foto adalah tangkapan layar dari Google Playstore

Aplikasi wajib buat guru yang membantu produktivitas Guru Pintar berikutnya adalah Forest. Aplikasi ini dapat diunduh di HP. Aplikasi ini bagus sekali untuk membantu Guru Pintar tetap fokus dan produktif dalam melakukan pekerjaan tanpa terganggu dengan penggunaan HP. Dengan kata lain, Forest akan sangat membantu Guru Pintar mengurangi adiksi terhadap penggunaan HP yang berlebihan.

Tanam satu pohon ketika Guru Pintar butuh untuk fokus dalam pekerjaan. Jika Guru Pintar berkomitmen menyelesaikan pekerjaan tanpa terganggu, pohon yang ditanam tadi akan tumbuh. Sebaliknya, jika Guru Pintar tidak dapat menahan godaan untuk menggunakan ponsel atau HP, maka pohon tersebut akan mati. Seiring waktu, pohon-pohon Guru Pintar akan menjadi hutan rimbun yang ditanam dari fokus dan komitmen. Menarik bukan? Mau coba?

5. Zipgrade


Foto adalah tangkapan layar dari Google Playstore

Aplikasi berikutnya yang dapat membuat Guru Pintar tetap produktif adalah Zipgrade. Aplikasi program yang berbasis android ini dapat membantu Guru Pintar dalam memeriksa hasil ujian siswa. Aplikasi Zipgrade ini berbagai fitur yang membuat pekerjaan koreksi tugas siswa menjadi lebih ringan dan mudah. Apalagi fitur analisi soal dalam aplikasi ini dapat memudahkan Guru Pintar untuk melakukan penilaian terhadap soal yang telah dibuat. Dengan demikian Guru Pintar dapat mengetahui kualitas soal tersebut apakah sudah bagus atau memerlukan perbaikan. Penggunaan aplikasi ini tergolong mudah karena hanya memerlukan kamera Hp sebagai alat untuk menscan tugas siswa. Aplikasi ini membuat Guru Pintar menghemat waktu dan dapat melakukan aktivitas lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar.

Dari 5 aplikasi yang telah disebutkan di atas, aplikasi mana yang menjadi favorit Guru Pintar?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog