redesain-navbar Portlet

Blog

photo via lontar.id

Arkeologi – Apa, Di Mana, dan Kemana?

Cari Tahu Jurusanmu

Arkeologi memang terbilang jurusan yang kurang populer, tapi kita berhutang pada para Arkeolog tentang terkuaknya peradaban manusia dimasa lalu. Misalnya saja, penemuan mumi dan peradaban Mesir kuno membuka mata kita pada kehidupan manusia di wilayah Mesir pada masa lampau. Ekskavasi Arkeologi pula yang berhasil menggali Candi Borobudur hingga kini kita bisa mengagumi keindahan mahakarya nenek moyang kita.

Arkeologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia dengan meneliti sumber-sumber primer dari masa prasejarah atau peninggalan kepurbakalaan. Telah disebutkan diatas, Arkeologi membantu kita memahami peradaban kuno ketika masyarakat pada masa tersebut belum mengenal huruf dan angka. Kita bisa mengetahui tentang peradaban Mesir kuno karena para Arkeolog telah menerjemahkan hieroglif, metode pencatatan yang jauh berbeda dari metode kita saat ini.

 

Belajar Apa di Jurusan Arkeologi?

Sebagai mahasiswa Arkeologi, kamu akan belajar tentang kehidupan manusia kuno dengan lingkungannya (Arkeologi Lingkungan), tanaman purba (Archaeobotany), tanah dan kepurbakalaan (Geoarchaeology), hewan purba (Zooarchaeology), pengorganisasian museum (Museologi), dan masih banyak lagi. Kamu juga akan sering melakukan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah hingga ekskavasi pada situs-situs purbakala. Data-data berupa artefak, sosiofak, dan ekofak merupakan sumber utama yang bisa kamu gunakan untuk membuat prediksi tentang kehidupan manusia hingga 1000 tahun silam. Kamu akan mengkaji data atau benda-benda tersebut secara sistematis, mulai dari penemuannya, dokumentasi, analisis, hingga interpretasinya.

 

Di Mana Kuliah Arkeologi?

Berikut ini beberapa universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Arkeologi:

  • Universitas Jambi
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universtias Hasanuddin
  • Universitas Halu Oleo
  • Universitas Udayana
  • Universitas Indonesia

 

Apakah Arkeologi Cocok Buatmu?

Pekerjaan Arkeologi akan mengharuskanmu untuk menemukan, mempelajari, dan mengungkap fakta sejarah suatu artefak. Sebagai seorang Arkeolog, kamu harus sering turun kelapangan – kamu akan sering travelling dan hiking. Bayangkan saja kamu akan menjalani kehidupan seorang Indiana Jones. Takkan seseru kehidupan fiktifnya, tapi kamu memang akan mencari artefak di situs-situs kuno. Makanya, kamu musti memiliki minat yang besar untuk mengulik sejarah dan menyingkap cerita yang tersimpan dibalik artefak yang telah terkubur ratusan hingga ribuan tahun di bawah tanah.

 

Kerja Apa Dibidang Arkeologi?

Tak melulu menjadi seorang Arkeolog atau pakar Antropologi, kamu bisa memanfaatkan keterampilan yang kamu peroleh selama kuliah untuk bekerja pada bidang pengumpulan data, penulisan laporan keuangan, analisis sumber penelitian, jurnalistik, penulisan perjalanan serta review situs dan artefak kepurbakalaan, maupun konservasi. Pengetahuanmu tentang sejarah dan kemampuan analisismu bisa diterapkan pula untuk bekerja sebagai arsiparis pemerintah ataupun kurator museum. Kamu juga bisa bekerja di Dinas Kepurbakalaan, Balai Arkeologi, Balai Konservasi Borobudur, Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Budaya, Balai Pelestarian Nilai Budaya, BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala), Balai Pelestarian Cagar Budaya, Cagar Budaya Peninggalan Sejarah, LIPI (Lembaga Pengetahuan Indonesia), Cultural Resource Management, hingga langsung pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kementrian Sosial, PT Kereta Api Indonesia, Pusat Perawatan Arsip, maupun galeri seni. Bila kamu memiliki panggilan untuk mengajar, dunia akademisi dan penelitian akan cukup menarik buatmu.

Percayakah kamu, kalau sejarah akan terus berulang? Setidaknya, kita bisa belajar tentang kesalahan yang terjadi pada masa silam untuk menjadikan masa depan lebih baik lagi. Dan bila kamu memutuskan untuk memilih Arkeologi, dibutuhkan persistensi, keseriusan, dan keuletan untuk sukses dibidang ini, apapun profesimu nantinya. Jadi, belajar Arkeologi bukan hanya untuk menggali harta karun, ya!

Lebih masukan Blog

Astronomi, Perkuliahan dan Prospek Kerjanya

Sudah pernah mengunjungi Observatorium Boscha di Lembang? Atau sekedar pernah mendengar nama...

Jurusan yang Tak Diperuntukkan Bagi Semua Orang: Fotografi

"Apa? Fotografi aja pake kuliah segala?" Kalau kamu mengajukan permintaan kuliah di...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line