PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via sombathla.com

Bangun Suksesmu Sejak Sekarang dengan 5 Sikap Ini

Tips Sukses Pelajar dan Mahasiswa

Ketika kamu bertanya pada orang-orang yang lebih dewasa tentang makna kesuksesan, jawaban yang diperoleh akan sangat beragam. Tapi sebagian dari nilai kesuksesan seseorang ditentukan oleh sikap hidupnya, mannernya, bahkan attitudenya – bukan hanya pada orang lain, tapi juga pada dirinya sendiri.

Mau tahu gimana sikap orang yang kelak berpeluang besar untuk sukses? Coba lihat, apakah salah satu sikap berikut ini sudah ada pada dirimu sekarang.

 

1. Just Do It, and Do It Now

Mempertimbangkan masak-masak sebelum memulai sesuatu, misalnya merintis bisnis, adalah hal yang baik. Tapi kalau kebanyakan dan kelamaan mikir, percaya deh, apapun rencana itu akan urung dikerjakan.

Kalau kamu mau coba bisnis ikan hias, jualan buku bekas, belajar keterampilan salon, lakukan saja. Jangan ditunda, sesepele apapun tampaknya rencanamu itu. Selama rencana yang muncul dibenakmu itu produktif, kamu takkan tahu apakah rencana itu benar atau salah sampai kamu benar-benar melakukannya.

 

2. Time Flies

Untuk yang kesekian kalinya kamu mendengar petuah bahwa waktu adalah uang. Basi, tau?

Tak hanya dalam budaya Barat, waktu dilukiskan secara berbeda, namun sama-sama bermakna sangat berharga, dalam budaya yang berbeda. Misalnya saja, budaya Timur Tengah mengenal waktu bagai pedang. Jika tak memanfaatkannya dengan bijak, kamu akan rugi sendiri karena waktu berjalan cepat tak terasa. Untuk makna yang sama, budaya Cina menyebut bahwa waktu takkan menunggu siapapun. Waktu akan terus berjalan, entah kamu sedang duduk atau jalan, dan kamu akan ditinggalkan bila tak bisa menyamai kecepatan waktu berjalan.

Jadi pada intinya, manfaatkan waktumu, khususnya waktu luang, dengan bijak. Jangan disia-siakan, karena ia takkan datang untuk kedua kali.

 

3. Be  Respectful

Salah satu sikap yang menandakan kamu orang berbudaya adalah tepat waktu. Datang tepat waktu saat kamu punya janji temu dengan siapapun, baik sahabat maupun rekan kerja nantinya, menunjukkan betapa kamu menghargai orang lain. Menyelesaikan tugas atau pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati juga bentuk menghargai orang lain.

Saat orang lain merasa kamu punya tempat istimewa buat mereka, dengan komitmen dan sikapmu yang tepat waktu, maka merekapun akan meluangkan waktu, tenaga, dan perhatian khusus untukmu. Secara tak langsung, kamupun membangun sebuah karakter yang dapat membuat orang lain menghargaimu.

 

4. Carry On

Pada suatu titik dalam hidup, bisa saja kamu gagal melakukan atau mencapai sesuatu – apapun itu. Mungkin Nilai Ujian akhirmu tak memuaskan, mungkin kamu tak bisa melanjutkan kuliah di universitas yang kamu idam-idamkan, mungkin lamaran kerjamu tak kunjung mendapat jawaban, atau yang lain.

Tapi bukan berarti kamu boleh berhenti berusaha. Terus saja mencoba, dan lakukan dengan lebih baik. Percaya deh, masa-masa suram itu takkan berlangsung selamanya.

 

5. One Step at A Time

Saat membangun sebuah kota lego, kamu bikinnya seketika dalam sehari atau sedikit demi sedikit? Semakin detil, kompleks, lengkap, besar, dan menakjubkan sebuah kota lego, semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk membuatnya. Mungkin hari ini kamu hanya membuat sebuah stasiun kereta api, esok hari mungkin kamu bisa membuat pelabuhan, dan seterusnya.

Begitu pula saat kamu punya mimpi besar. Tak masalah seberapa sepele kemajuan yang bisa kamu lakukan hari ini, tapi progress itu ada. Mungkin kamu ingin menjadi seorang fashion designer internasional, tapi hari ini kamu baru bisa menjahit kancing baju. Tak apa! Sekecil apapun kemajuan yang kamu dapat, tetap saja kamu selangkah lebih dekat pada mimpimu.

 

Jika kamu telah memiliki salah satu sikap diatas, atau bahkan menguasai seluruhnya, selamat! Kamu punya peluang besar untuk sukses dimasa depan. Apapun yang merintang didepanmu kelak, pasti kamu dapat melewatinya karena kamu lebih kuat dari tantangan yang menghadangmu.

Lebih masukan Blog

12 Profesi dengan Tingkat Stres Tinggi di Indonesia

Kamu pikir masa depanmu masih jauh? Masih bisa santai main-main tanpa perlu risau tentang...

5 Profesi Menjanjikan bagi Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia

So far , udah berapa orang yang bilang sama kamu kalau lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru