PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Berapa Gaji Fresh Graduates, photo via dollarsandsense.sg

Berapa Gaji Fresh Graduates?

Prospek penghasilan boleh menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

Beranikah kita jujur, bila salah satu alasan kita memilih untuk kuliah dijurusan tertentu adalah karena prospek penghasilannya dimasa depan? Well, it's human, anyway. On the contrary, it's another problem when we make the prospect the one and only cause.

Tapi sebagai fresh graduates, tentunya ekspektasi kita haruslah serealistis mungkin. Berikut ini gambaran berapa banyak penghasilan fresh graduatse dari beberapa jurusan saat ini. Of course, the figures should be vary for now, let alone in the future.

 

1. Ekonomi

Alumni Fakultas Ekonomi (FE) berpeluang memiliki berbagai macam profesi. Auditor, misalnya, biasanya berlatarbelakang pendidikan Akuntansi. Bertugas mengaudit laporan keuangan perusahaan, seorang fresh graduate auditor dapat memiliki penghasilan sebesar Rp7-10 juta per bulan.

Fresh graduates alumni FE yang bekerja dibidang jasa keuangan perbankan berpeluang untuk memiliki penghasilan pada kisaran Rp4-8 juta per bulan. Bila bekerja pada lembaga negara atau Kementerian, fresh graduates dapat berpenghasilan antara Rp3-16 juta per bulan, tergantung pada jabatan dan institusinya.

Alumni FE pun dibutuhkan dibidang sekuritas dan cunsulting. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang ini menawarkan gaji dikisaran Rp4-50 juta per bulan. Tak jarang, Sarjana Ekonomi yang bekerja dibidang sekuritas dan consulting memiliki penghasilan lebih besar dibanding fresh graduates dibidang pertambangan.

 

2. Teknik

Pertambangan adalah salah satu bidang yang terkenal mampu memberikan penghasilan melimpah. Alumni Fakultas Teknik (FT), khususnya dari Jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Geologi, banyak dibutuhkan dibidang pertambangan.

Fresh graduates darikedua jurusan diatas banyak yang bekerja di Chevron, Pertamina, Freeport, Bukitasam, Kaltim Prima Coal, British Petroleum, Exxon, Berau Coal, Adaro Energi, ANTAM, PT Timah, dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp4-19 juta per bulan.

Bagaimana dengan alumni FT dari jurusan-jurusan lain? Tenang, Sobat. Sarjana Teknik memang terkenal memiliki penghasilan yang bagus. Industri manufaktur merupakan bidang kedua setelah perminyakan yang dapat menopang kehidupan fresh graduates dari Jurusan Teknik Kimia hingga Teknik Elektro.

Setiap bulannya, fresh graduates Sarjana Teknik yang bekerja dibidang perpabrikan ini dapat membawa pulang gaji antara Rp4-8 juta. Seiring waktu dan bertambahnya pengalaman kerja, angka tersebut tentu masih akan berkembang.

 

3. Hukum

Sarjana Hukum yang mengawali karirnya pada sebuah firma hukum yang bagus boleh jadi memiliki penghasilan berkisar antara Rp5-10 juta per bulan. Profesi yang dijalani oleh alumni Fakultas Hukum (FH) biasanya adalah Asisten Hukum, Notaris, dan Penasihat Hukum.

Penghasilan ketiga profesi tersebut sangat dipengaruhi oleh pengalaman kerja, berapa lama seseorang berkecimpung dibidangnya. Untuk fresh graduates atau Sarjana Hukum yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, gaji Asisten Hukum sekitar Rp2,6 juta, Notaris sekitar Rp4,3 juta, dan Penasihat Hukum sekitar Rp4.5 juta ber bulan.

 

Selain dari ketiga fakultas diatas, alumni dari Jurusan Matematika, Statistika, dan Ilmu Komputer biasanya merupakan kandidat fresh graduates yang berkecukupan. Fresh graduates Matematika atau Statistika berpenghasilan sekitar Rp3 juta per bulan, tapi profesi Aktuaria dapat melejitkan angka tersebut menjadi Rp150 juta.

Sementara itu, seorang programmer junior dapat mengawali karirnya dengan penghasilan sekitar Rp3 juta hingga lebih dari Rp10 juta pada perusahaan-perusahaan besar. Software engineer yang baru lulus kuliah juga berpeluang memiliki penghasilan pada kisaran yang sama.

Lantas, adakah salah satu jurusan diatas yang sebenarnya telah Sobat bidik selama ini? Atau masih dalam fase menimbang-nimbang? Nah, semoga informasi ini turut menjadi tambahan poin yang penting untukmu.

Lebih masukan Blog

Sastra Inggris – Kenali Lebih Dekat Seluk Beluknya

Sobat Pintar saat ini tengah duduk dikelas Bahasa atau MIA? Kuliah dijurusan sastra, baik...

Organisasi Mahasiswa – Calon Mahasiswa PKN STAN Wajib Tahu

PKN STAN adalah salah satu Sekolah Kedinasan yang paling banyak diminati pelajar se-Indonesia....

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru