APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Berapa Skor IQ Tertinggi pada Ilmuwan? Ini 6 Bocorannya!

Orang-orang yang dikenal cerdas biasanya memiliki skor IQ yang tinggi dan prestasi yang cemerlang.

Photo by Lance Grandahl on Unsplash

Orang paling pintar di dunia itu sebenarnya siapa, sih? Kamu suka penasaran ga, Sobat Pintar, sama fun fact begini? Enggak ada salahnya dong, kalau kita sekadar kepo siapa orang terpintar di dunia atau pemilik IQ tertinggi di dunia?

Kata Wikipedia sih, ada yang namanya high-IQ society atau genius society, Sobat. Organisasi ini beranggotakan sebagian kecil saja orang dengan IQ tertinggi di dunia. Untuk menjadi anggota, Mensa International, misalnya, mensyaratkan skor IQ sekitar 130, sedangkan persyaratan skor IQ Mega Society adalah pada angka 171,3.

Seandainya Albert Einstein masih ada, kira-kira dia bakal masuk organisasi yang mana, ya? Sulit menjawabnya, Sobat. Pasalnya, belum ada tes IQ di masa hidup Einstein. Kita cuma bisa mengira-ngira bahwa skor IQ Einstein berada pada rentang 160 sampai 190. Skor itu tinggi banget sih, ketika kisaran IQ rata-rata manusia berada antara 90 sampai 109.

Nah, siapa lagi orang dengan IQ tertinggi selain Einstein? Yuk kita kenalan sama orang-orang dengan IQ tinggi di bawah ini!

orang dengan iq tertinggi
Photo by cottonbro studio on Pexels

1. Edith Stern

Lahir di New York, 1952, Edith Stern masuk kuliah di umur 12 tahun. Sejak bekerja di IBM – iya, perusahaan teknologi yang terkenal itu! – pada tahun 1970, jenjang karier Stern terus menanjak sampai menjabat sebagai VP-nya R&D. Last-call return atau automatic callback adalah salah satu jenis layanan telepon yang berhasil diciptakan oleh Stern. Enggak heran sih, salah satu orang terpintar di dunia ini skor IQ-nya mencapai 203!

orang terpintar di dunia
Photo by Suzy Hazelwood on Pexels

2. Kim Ung-Yong

Bukan oppa lagi ya, Sobat! Kim Ung-Yong lahir pada tahun 1962 di Seol. Di umur delapan tahun, Kim mendapatkan undangan untuk bekerja di NASA dan menjalaninya selama 10 tahun. Di usia 15 tahun, Kim sudah bergelar PhD. Kamu bisa menebak berapa IQ-nya? Kisaran skornya antara 200 sampai 210! Makanya, Kim tercatat di Guinness World Record sebagai orang dengan IQ paling tinggi.

ilmuwan dengan IQ tertinggi
Photo by Sophkins on Pixabay

3. Marilyn vos Savant

Dikenal sebagai kolumnis Ask Marilyn di majalah Parade sejak 1986, Savant bertugas menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar matematika dan filosofi dari pembaca. Lahir di Missouri, 1946, Savant mengikuti tes Stanford-Binet untuk orang dewasa di usia 10 tahun. Hasil tes Savant mencatatkan angka 228, sehingga Guinness World Record menobatkannya sebagai orang dengan IQ paling tinggi. Namun sejak tahun 1990, Marilyn vos Savant tidak lagi menjadi orang dengan IQ tertinggi di dunia karena Guinness World Record menilai bahwa hasil tes IQ tersebut tidak akurat.

pemilik IQ tertinggi di Indonesia
Photo by josealbafotos on Pixabay

4. Terence Tao

Tao lahir di Adelaide pada tahun 1975. Dikenal sebagai jagoannya matematika sejak kecil, Tao mulai belajar kalkulus di usia tujuh tahun. Pada umur 20 tahun, Tao dijuluki sebagai Mozart-nya matematika lantaran lulus dari Princeton University dengan gelar PhD. Tao menjadi profesor di University of California pada tahun 2000 dan dikenal dengan karyanya di bidang persamaan diferensial. Salah satu ilmuwan dengan IQ tertinggi di dunia ini mencatatkan skor IQ antara 211 sampai 230.

orang paling pintar di dunia
Photo by kaboompics on Pixabay

5. Ainan Celeste Cawley

Jenius sejak kecil, Cawley udah ngasih kuliah di umur enam tahun, menjadi mahasiswa kimia tingkat tiga di Singapore Polytechnic di umur delapan tahun, dan hafal 518 digit desimal pertama bilangan Pi di usia sembilan tahun. Enggak cuma jenius, Cawley juga kreatif, loh! Saat berumur 12 tahun, Cawley telah menyelesaikan naskah film berjudul Reflection sekaligus menggubah musiknya. Kamu tau berapa umurnya sekarang, Sobat? Cawley lahir pada tahun 1999 di Singapura dan mungkin menjadi orang paling pintar di dunia saat ini dengan skor IQ 263!

iq tertinggi di dunia
Photo by OlgaVolkovitskaia on Pixabay

6. Bacharuddin Jusuf Habibie

Sebagai seorang insinyur, Habibie dikenal atas kontribusi beliau dalam pengembangan industri penerbangan dan teknologi di Indonesia. Setelah lulus ITB, Habibie melanjutkan kuliah di Institute of Technology of North Rhine–Westphalia, Jerman Barat. Sebelum kembali ke tanah air, Habibie bekerja sebagai peneliti aeronautika dan merumuskan Crack Progression Theory yang digunakan dalam prediksi titik awal retakan sayap pesawat. Nah, kamu bisa memperkirakan berapa IQ BJ Habibie, Sobat Pintar?

Meskipun tidak ada catatan pasti tentang IQ BJ Habibie, diperkirakan skor IQ beliau mencapai angka 200. Kalau begitu, apakah Habibie adalah pemilik IQ tertinggi di Indonesia? Kita tidak dapat memastikannya tanpa catatan yang jelas, tetapi kemungkinan itu ada mengingat rata-rata IQ orang Indonesia adalah 78,49 menurut Narasi, mengutip World Population Review 2022.

Baca juga: 5 Manfaat Tes IQ

Terus, kira-kira berapa skor IQ-mu sendiri, Sobat Pintar? Apakah kamu tergolong cerdas atau jenius? Cara mengetahui kecerdasan otak itu gampang, kok. Kamu tinggal mengikuti Tes Psikologi, yang lengkap mengukur skor IQ sekaligus kemampuan terbaikmu. Yuk, buruan cek!

 

 

 

 

 

 

Sumber:

en.wikipedia.org

narasi.tv

hellosehat.com

www.rd.com

blog.amphy.com

katadata.co.id

indonesiainside.id

steemit.com

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog