APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan ISI Yogyakarta (Institut Seni Indonesia)

Sebelum menjatuhkan pilihan, ketahui dahulu apa saja jurusan yang ada di ISI Yogyakarta.

Photo by Debby Hudson on Unsplash

Jurusan yang ada di ISI Yogyakarta itu kira-kira apakah di bidang kesenian saja, ya? Namanya juga Institut Seni Indonesia, bisa dong kita menduga kalau pilihan prodi yang tersedia adalah jurusan-jurusan seni. Iya ga, Sobat Pintar?

Eitts, tunggu sebentar! Beneran nih, di ISI Yogyakarta jurusan yang ada cuma di bidang ilmu seni? Lihat dahulu daftar jurusan di ISI Yogyakarta berikut, Sobat.

jurusan di isi yogyakarta
Photo by lecreusois on Pixabay

Fakultas Seni Pertunjukan

Fakultas ini menaungi 10 jurusan ISI Yogyakarta pada Program D4 maupun S1. Apa saja jurusan-jurusan tersebut? Ini dia, seluruh jurusan kuliah Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada Fakultas Seni Pertunjukan.

1. Tari

Di jurusan ISI Jogja ini, kamu tak hanya belajar tentang seni tari secara umum, tetapi juga tari dan karawitan Yogyakarta. Program S1 Tari Institut Seni Indonesia Yogyakarta saat ini terakreditasi A.

2. Seni Karawitan

Kamu tertarik belajar karawitan di perguruan tinggi, Sobat? Dari sekian universitas seni Indonesia, salah satu rekomendasi terbaik untuk belajar karawitan adalah di Program Studi Karawitan Institut Seni Indonesia. Status akreditasi Program S1 ini adalah Baik Sekali.

3. Musik

Profil alumni salah satu jurusan di ISI Jogja ini adalah sebagai pengamat/komentator musik, narasumber workshop musik, teoretisi/kritikus musik, direktur artistik musik, ataupun peneliti musik. Pilihan minat keilmuan Program S1 Musik meliputi gitar klasik, vokal, piano, perkusi, tuba, horn, trombone, trumpet, oboe, clarinet, flute, contra bass, cello, viola, dan violin. Status akreditasi jurusan ISI Jogja ini sekarang adalah Baik Sekali.

4. Penciptaan Musik

Kampus ISI Yogyakarta punya satu jurusan yang mendalami tentang komposisi musik, Sobat. Kalau kamu pengin belajar bagaimana menciptakan karya musik ataupun ilmu musik secara umum, Program S1 Penciptaan Musik bisa banget masuk dalam opsimu. Status akreditasi jurusan ISI Yogyakarta ini sekarang adalah Baik Sekali.

5. Pendidikan Musik

Kamu pengin menjadi instruktor/tutor musik? Program S1 Pendidikan Musik bisa menjadi salah alternatif pilihan jurusan kuliah, Sobat. Status akreditasi salah satu jurusan di ISI Yogyakarta ini adalah Baik Sekali.

6. Penyajian Musik

Kamu juga bisa belajar ilmu musik pada Program D4 di kampus ISI Yogyakarta. Apa yang bakal dipelajari saat kamu kuliah Penyajian Musik? Di ISI Yogyakarta jurusan ini fokus pada konsep dasar, keterampilan, pengetahuan, dan teknologi penyajian musik. Status akreditasi Penyajian Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta adalah Baik Sekali.

7. Teater

Kamu bisa belajar semua hal tentang teater di salah satu jurusan yang ada di ISI Yogyakarta ini. Minat utama yang ditawarkan di program studi ini meliputi Pengkajian Seni Teater (Dramaturgi) dan Penciptaan Seni Teater (Penyutradaraan, Penulisan Naskah Drama/Skenario, Penataan Artistik, dan Pemeranan). Program S1 Teater Institut Seni Indonesia Yogyakarta saat ini terakreditasi B.

8. Etnomusikologi

Sudah tau ada Program Studi Etnomusikologi di Institut Seni Indonesia, Sobat Pintar? Di ISI Yogyakarta jurusan ini mempelajari berbagai bentuk seni pertunjukan yang terkait dengan dokumentasi dan penggarapan musik-musik etnis. Program S1 Etnomusikologi saat ini terakreditasi Baik Sekali.

9. Seni Pedalangan

Mendalang adalah keterampilan memainkan wayang dalam budaya Jawa. Kamu bisa mempelajarinya di Program S1 Seni Pedalangan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Status akreditasi salah satu jurusan di ISI Jogja ini adalah Baik Sekali.

10. Pendidikan Seni Pertunjukan

Jurusan ISI Yogyakarta ini dahulu bernama Seni, Drama Tari, dan Musik (Sendratasik). Program S1 Pendidikan Seni Pertunjukan pada dasarnya didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan guru seni budaya SMP dan SMA.

jurusan yang ada di isi yogyakarta
Photo by Ashley West Edwards on Unsplash

Fakultas Seni Rupa

Fakultas kedua di Institut Seni Indonesia adalah Seni Rupa. Fakultas ini menaungi sembilan jurusan di ISI Yogyakarta, sebagai berikut.

1. Seni Murni

Di ISI Yogyakarta jurusan ini fokus pada seni rupa yang subjektif dan tak secara langsung berkaitan dengan kebutuhan fungsional atau praktis. Bidang keahlian Program S1 Seni Murni Institut Seni Indonesia Yogyakarta terdiri dari Seni Lukis, Seni Grafis, dan Seni Patung. Status akreditasi jurusan yang ada di ISI Yogyakarta ini sekarang adalah Baik Sekali.

2. Kriya

Sebagai bagian dari Seni Rupa, Kriya mewadahi terciptanya berbagai karya seni dengan nilai fungsional maupun nonfungsional. Kalau kamu kreatif, inovatif, dan memiliki craftmanship yang jempolan, Program S1 di kampus ISI Yogyakarta ini mungkin cocok buatmu, Sobat. Jurusan kuliah Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini terakreditasi A.

3. Desain Mode Kriya Batik

Kamu bercita-cita menjadi desainer atau entrepreneur batik serta fashion, Sobat Pintar? Program D4 Desain Mode Kriya Batik Institut Seni Indonesia mungkin cocok buatmu, loh. Jurusan ISI Jogja ini sekarang terakreditasi B.

4. Desain Interior

Kamu bercita-cita menjadi desainer interior? Institut Seni Indonesia Yogyakarta membuka Program S1 Desain Interior, Sobat Pintar. Jurusan di ISI Jogja ini terakreditasi Unggul.

5. Desain Komunikasi Visual

DKV dikenal mampu menawarkan prospek pekerjaan yang luas, seperti animator, desainer udio visual, komikus, ilustrator, fotografer, hingga desainer web. Program S1 di kampus ISI Yogyakarta ini terakreditasi A.

6. Desain Produk

Desain Produk atau Industrial Design merupakan Program Sarjana yang terdiri dari kelompok kompetensi Desain Produk Peralatan, Desain Perkakas Lingkungan, Desain Alat Transportasi, dan Desain Produk Kerajinan (Kriya). Alumni jurusan ISI Yogyakarta ini berpeluang untuk menjadi desainer produk manufaktur, desainer packaging, entrepreneur, maupun visual merchandiser. Status akreditasi jurusan di ISI Yogyakarta ini sekarang adalah Baik.

7. Tata Kelola Seni

Tata Kelola Seni dikenal juga dengan nama Manajemen Seni. Jurusan yang ada di ISI Yogyakarta ini menawarkan konsentrasi Seni Rupa, Seni Pertunjukan, Seni Media Rekam, serta Budaya dan Pariwisata. Prospek alumni Program S1 Tata Kelola Seni meliputi kurator, arsiparis, dan masih banyak lagi. Status akreditasi salah satu jurusan kuliah Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini sekarang adalah Baik Sekali.

8. Konservasi Seni

Jurusan ISI Jogja ini dikenal juga dengan Restorasi Seni, dan masih terbilang baru. Program S1 Konservasi Seni menerima 30 mahasiswa baru untuk angkatan pertamanya di tahun akademik 2023/2024.

9. Desain Media

Satu lagi nih, Sobat, program studi baru di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Program D4 Desain Media juga dibuka pada tahun akademik 2023/2024. Angkatan pertama mahasiswa Desain Media masuk melalui Seleksi Mandiri saja dengan kuota sebanyak 35 orang.

jurusan kuliah institut seni indonesia yogyakarta
Photo by Wendy Wei on Pexels

Fakultas Seni Media Rekam

Ini dia, fakultas terakhir di kampus ISI Yogyakarta. Seni Media Rekam menaungi tiga program studi, baik Program Vokasi maupun Sarjana. Berikut jurusan ISI Jogja pada Fakultas Seni Media Rekam.

1. Fotografi

Perkuliahan di salah satu jurusan di ISI Jogja ini dirancang untuk membekali alumninya dengan keahlian fotografi ekspresi, fotografi komersial, maupun fotografi jurnalistik. Status akreditasi Program S1 Fotografi Institut Seni Indonesia saat ini adalah Baik Sekali.

2. Film dan Televisi

Kamu tertarik untuk mempelajari bagaimana berbagai macam penayangan media audiovisual dibikin, Sobat Pintar? Barangkali jurusan ISI Yogyakarta ini cocok buatmu! Prospek alumni Program S1 Film dan Televisi Institut Seni Indonesia Yogyakarta meliputi program designer, producer, program director, script writer, art director, camera person, make-up designer, lighting director, dan masih banyak lagi. Status akreditasi jurusan di ISI Yogyakarta ini sekarang adalah Baik Sekali.

3. Animasi

Jurusan ISI Jogja yang terakhir yang kita ulas adalah Animasi. Program D4 ini menawarkan dua keahlian kompetensi, yakni animasi film dan animasi game. Alumni Animasi biasanya berprofesi sebagai storyboard artist, animator 2D dan 3D, game designer, game programmer, visual effect artist, mothion graphic artist, dan masih banyak lagi.

Dari sekian jurusan kuliah Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang telah disebutkan di atas, manakah jurusan impianmu, Sobat Pintar? Kalau masih bingung, jangan tunggu nanti, sekarang juga kamu mesti ikuti Tes Penjurusan Kuliah! Gitu kan, kamu enggak kelamaan galau gegara jurusan kuliah.

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog