CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Daftar Sekolah dan Universitas Jurusan Seni di Indonesia

Ketahui apa saja pilihanmu untuk sekolah atau kuliah seni.

sekolah kesenian, Photo by Thirdman on Pexels

Susah-susah gampang atau gampang-gampang susah sih, ngekepoin sekolah seni di Indonesia? Sekolah kesenian memang jarang dilirik, enggak heran kalau kita pun rada-rada kesulitan menemukan rekomendasi SMA/SMK seni di Indonesia.

 

Belajar Seni di Sekolah Menengah

sekolah seni di indonesia
Photo by Budgeron Bach on Pexels

Kalau kamu memilih melanjutkan sekolah di SMA, pelajaran kesenian yang diperoleh cenderung bertujuan untuk mengembangkan apresiasi seni, kreativitas, dan bakat. Di SMK beda lagi, Sobat Pintar. Jika memilih belajar di Jurusan Kesenian di SMK, artinya kamu punya minat dan keseriusan yang lebih besar daripada sekadar apreasiasi seni. Namun secara umum, baik di SMA maupun di SMK, pelajaran tentang kesenian dapat dipisahkan menjadi, misalnya, seni drama, seni tari, seni musik, dan seni rupa (yang mencakup arsitektur, patung, dan lukis).

Ada beberapa SMA/SMK seni di Indonesia yang terbilang cukup populer. Sebagai referensi, berikut ini beberapa diantaranya.

1. SMKN 14 Bandung

Sekolah seni di Bandung ini membuka Jurusan Kriya Kreatif Keramik, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, serta Jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif, Multimedia, Animasi, dan Desain Komunikasi Visual.

2. SMKN 58 Jakarta

Jurusan kesenian di sekolah ini yaitu Seni Lukis, Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, serta Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, Desain Permodelan Informasi Bangunan, dan Desain Komunikasi Visual.

3. SMKN 3 Sukawati

Sekolah seni Bali ini hanya membuka empat jurusan kesenian, yaitu Seni Tari, Seni Musik Populer, Seni Karawitan, dan Seni Pedalangan.

4. Program SMA Erudio Indonesia

Sekolah seni di Indonesia tak terbatas di SMK saja, Sobat Pintar. Erudio Indonesia membuka program SMA yang memadukan seni dan sains. Di sini kamu tak hanya belajar tentang teknik di bidang seni yang menarik minatmu, tapi juga belajar membangun konsep karyamu sendiri.

5. SMKN 1 Kasihan

Sekolah seni di Yogyakarta ini membuka empat jurusan kesenian, yaitu Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Pedalangan, dan Seni Teater.

6. SMKN 8 Surakarta

Ada enam program keahlian di sekolah kesenian ini, yaitu Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Pedalangan, Seni Musik, ditambah dengan Multimedia serta Program Televisi dan Film.

7. SMKN 12 Surabaya

Ada banyak jurusan kesenian di sekolah seni di Surabaya ini, Sobat. Teater Pemeranan, Seni Pedalangan, Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Musik Klasik, Kria Kreatif Kayu dan Rotan, Kria Kreatif Logam dan Perhiasan, Kria Kreatif Kulit dan Imitasi, Kria Kreatif Batik dan Tekstil, serta Seni Lukis adalah sebagian dari jurusan kesenian di SMK ini. Jurusan-jurusan lainnya yaitu Animasi, Desain Interior dan Teknik Furniture, Desain Komunikasi Visual, Multimedia, dan Produksi Film.

8. SMKN 10 Bandung

Sebagai bagian dari sekolah kejuruan di bidang seni dan industri kreatif, sekolah seni Bandung ini membuka empat program keahlian, yaitu Seni Broadcasting dan Film, Seni Musik, Seni Teater, Seni Tari, dan Seni Karawitan.

 

Belajar Seni di Perguruan Tinggi


Photo by ANTHONY SHKRABA production on Pexels

Jurusan kuliah seni di perguruan tinggi membekalimu dengan teori seni untuk menjadi ahli sekaligus praktik sebagai seniman profesional. Jika kamu memang serius ingin mendalami dan mengembangkan bakat senimu dengan kuliah di jurusan seni, jangan ragu untuk memilih universitas seni terbaik di Indonesia.

Terus, apa saja sih, universitas seni terbaik di Indonesia itu? Ini dia, Sobat Pintar, rekomendasi universitas jurusan seni buat kamu.

1. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Jurusan kuliah seni di ISBI Bandung berada di Fakultas Budaya dan Media, Seni Rupa dan Desain, serta Seni Pertunjukan.

2. Institut Seni Indonesia Denpasar

Ada dua fakultas di kampus kesenian di Bali ini. Fakultas Seni Pertunjukan menaungi jurusan kesenian Pendidikan Sendratasik, Pedalangan, Seni Karawitan, Musik, dan Tari. Sementara itu, Fakultas Seni Rupa dan Desain membuka Prodi Film dan Televisi, Desain Mode, Fotografi, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Studi Kriya, dan Seni Murni.

3. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Kampus kesenian di Sumatra Barat ini menaungi dua fakultas yaitu Seni Pertunjukan serta Seni Rupa dan Desain.

4. Institut Seni Indonesia Surakarta

Kampus kesenian di Solo ini memiliki dua fakultas, yaitu Seni Rupa dan Desain serta Seni Pertunjukan.

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kalau ngomongin universitas seni terbaik di Indonesia, ISI Jogja sering menjadi rekomendasinya. Jurusan kuliah seni di kampus ini berada di Fakultas Seni Media Rekam, Seni Pertunjukan, dan Seni Rupa.

6. Institut Kesenian Jakarta

Siapa sih, yang enggak kenal dengan kampus yang telah meluluskan banyak seniman ini? Bukan tanpa alasan bila IKJ juga dikenal sebagai salah satu universitas seni terbaik di Indonesia. Di kampus ini ada Fakultas Film dan Televisi, Seni Rupa, dan Seni Pertunjukan.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog