redesain-navbar Portlet

Blog

photo via deanofstudents.umich.edu

Biar Nggak Makin Stres, Ini 5 Cara Menyiasati Libur

Tips Pelajar Mahasiswa

Yang namanya liburan, baik libur panjang maupun sekedar akhir pekan, pasti ditunggu-tunggu. Banyak banget yang mau dilakukan! Misalnya nih ya, pagi-pagi bisa nerusin bergelung didalam selimut, siangan dikit bangun bentar trus balik lagi ke kasur. Pas buka mata, eh udah sore. Trus baru inget, ada janjian main game online. Ya udah, cuss setelah cuci muka langsung nongkrong di depan PC. Wah, banyak juga ya, rencana kegiatan saat sekolah dan kampus libur.

Come on! Kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini supaya waktu liburmu lebih berguna.

 

1. Beberes Kamar, atau Rumah Sekalian

Iya, ini saatnya kamu beberes kamar. Benahi baju-baju yang menggantung nggak jelas, pilah mana yang kotor dan mana yang masih bisa dipakai lagi. Cuci juga sepatu dan tasmu. Kalau perlu, tata ulang kamarmu biar ada pergantian suasana. Kali-kali aja ntar kamu jadi lebih semangat belajar dan ngerjain tugasnya.

Kalau masih tinggal dengan orang tua, kenapa nggak sekalian bantu beresin rumah? Mungkin sekedar membantu mencuci mobil atau motor? Bahkan mungkin menata taman belakang atau merombaknya menjadi tempat kerja kelompok yang asyik – jika diperbolehkan. Lagipula, merawat tanaman bisa menghilangkan penatnya pikiranmu. Kalau nggak percaya, coba dulu, deh!

 

2. Beberes Buku dan Folder

Nggak kudu nunggu libur panjang semester untuk menata meja belajarmu. Lihat deh, bisakah kamu melihat buku paling bawah dari tumpukan di meja itu? Kalau buku-bukumu rapi, kan kamu juga yang merasakan manfaatnya nanti – nggak panik ngaduk-ngaduk saat membutuhkannya.

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan pada folder di komputermu. Coba dikelompokkan file apa saja yang sekiranya bisa masuk dalam satu folder. Buat klasifikasi yang membantumu menemukan file tertentu dengan mudah. Misalnya, masukkan file 'Daftar Kata Ejaan Baku' kedalam folder 'Bahasa Indonesia.'

 

3. Lakukan Hobimu

Kamu suka fotografi? Nggak ada jadwal sekolah atau kuliah berarti waktunya hunting foto atau nyobain teknik-teknik baru. Bagi kamu yang suka masak atau bikin kue, liburan berarti waktunya nyobain resep-resep baru atau eksperimen dengan resep bikinanmu sendiri. Atau barangkali, ada novel bagus yang belum sempet kebaca? Yak, akhir pekan adalah saat tepat untuk menikmati duniamu yang tenang hening dengan buku baru.

Masih nggak tau hobimu apa? Seriously? Ya udah deh, kerjain apa kek, yang beda banget dari rutinitasmu sehari-hari. Yang penting, kamu bisa menyegarkan isi kepala yang penat.

 

4. Ikut Kursus atau Les

Belajar lagi saat libur? Nggak wajib kok, kecuali kamu emang niat, jujur dari lubuk hatimu yang paling dalam dan tulus, pingin les tambahan untuk memperdalam setiap matapelajaran di sekolah (wow!).

Tapi kalau lebih menyukai kegiatan-kegiatan seru, belajar hal-hal baru, kenapa kamu nggak ambil kursus yang bisa mengembangkan dirimu dalam bidang lain? Mungkin belajar tari tradisional, kursus rafting, ambil kelas Bahasa Rusia, atau yang lain.

 

5. Memanjakan Diri

Bergelung di kasur seharian seperti contoh diawal adalah salah satu bentuk pemanjaan diri yang kurang sehat. Sebabnya, saat masuk sekolah atau kuliah nanti, kamu akan merasa lesu. Bagaimana tidak, badan dan otak yang terbiasa sangat tidak aktif tiba-tiba dihadapkan pada rutinitas bangun pagi dan mencerna materi pelajaran atau kuliah. Akibatnya, kamu bakalan lebih stres dengan perubahan pola rutinitas yang mendadak tersebut.

Trus gimana caranya memanjakan diri saat libur? Kamu bisa coba berbagai ragam perawatan wajah atau badan, nonton DVD seri drama kesukaanmu, wisata kuliner dalam kota, dan lain sebagainya. Yang perlu diperhatikan, jangan mengubah rutinitasmu terlalu ekstrim – seperti tidur mendekati pagi dan bangun sore hari.

Memang mudah sekali terbawa suasana libur. Wajar saja kalau yang namanya liburan tuh diasosiasikan dengan bersantai dan malas-malasan, bahkan tidur seharian. Tapi kalau dituruti, kamunya sendiri nanti yang susah payah menyesuaikan diri lagi dengan jadwal sekolah atau kuliah. Jadi, nikmatilah hari liburmu dengan sewajarnya saja – yakin deh, tetep asyik kok, kalau kamu bisa menyiasatinya.

Lebih masukan Blog

Mau Magang dengan Penghasilan Diatas Dua Juta? Coba Saja 8 Perusahaan Ini

Beneran ada tempat magang yang ngasih gaji? Persoalan magang atau internship sebenarnya...

Menilik PTN Favorit pada SBMPTN 2018

Terlepas dari isu perubahan SBMPTN menjadi Test Center , PTN-nya tetep sama, kok. Jadi,...

Menambah Komentar

Luqman Ahmad 1 Tahun Lalu
liburan memang enak
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka