redesain-navbar Portlet

Blog

photo via edition.cnn.com

Bikin Betah: 10 Perpustakaan Indah di Dunia

Perpustakaan dan Dunia Pelajar

Seberapa sering kamu membaca buku saat ini? Bagi sebagian orang, buku memang kehilangan daya tarik setelah mereka memiliki alternatif e-book ataupun audio book. Tapi tahukah kamu, di berbagai negara di dunia, perpustakaan tetap punya pamor yang tak lekang digerus masa. Buktinya, perpustakaan-perpustakaan ini tetap terawat tak hanya buku-bukunya, tapi juga keindahan bangunannya.

 

1. The John Rylands Library

Perpustakaan ini terletak di Kota Manchester, England, Inggris. Bangunannya perpaduan gaya neo Gothic dan Victorian. Meskipun menjadi bagian dari University of Manchester, perpustakaan ini terbuka untuk umum. Karena usianya yang mencapai ratusan tahun, tak heran jika kamu akan mendapatkan koleksi buku-buku langka di Rylands Library.

 

2. Chetam's Library

Sama seperti Rylands Library, Chetam's Library juga berada di kota yang sama, Manchester. Chetam's Library adalah perpustakaan tertua di Inggris Raya, di mana orang-orang bebas datang untuk mencari apapun buku dan referensi yang mereka butuhkan.

 

3. Library of Birmingham

Masih di Inggris, Library of Birmingham berada di Kota Birmingham, England. Baru dibuka pada tahun 2013, perpustakaan ini didirikan untuk menggantikan Birmingham Central Library. Sebagai gedung baru, perpustakaan ini punya aksen arsitektur yang terkesan modern.

 

4. Suzzalo Library

Sebagai perpustakaan publik, Suzzalo Library adalah perpustakaan pusat di University of Washington di Kota Seattle. Selesai dibangun pada tahun 1963, gedung perpustakaan ini bergaya arsitektur Collegiate Gothic.

 

5. The Library of Parliament

Di gedung inilah parlemen Kanada melakukan riset dan menggali informasi yang diperlukan. Dengan gaya bangunan Gothicnya, kamu bisa tebak perpustakaan ini dibangun pada abad ke-19 – tepatnya tahun 1876.

 

6. Trinity College Library

Dibuka para tahun 1592, perpustakaan ini adalah yang terbesar di Irlandia. Bangunan Trinity College Library terdiri dari beberapa gedung terpisah, empat diantaranya berada di Trinity College: The Old (Original) Library, The Reading Room, The Hamilton Science and Engineering Library, serta The Berkeley/ Lecky/ Ussher Arts Libraries Complex yang menaungi pula The Glucksman Map Library dan The Preservation and Conservation Department.Lokasi seluruh gedung perpustakaan berada di Dublin, ibukota dan kota terbesar di Irlandia.

 

7. Baroque Library

Baroque Library berlokasi di Clementinum, sebuah kompleks bangunan bersejarah di Prague, Republik Ceko. Dibuka pada tahun 1722, pada awalnya perpustakaan ini merupakan bagian dari Jesuit University. Ruangan perpustakaan ini penuh dengan lukisan bergaya Baroque yang sangat indah.

 

8. State Library of South Australia

Berada di Kota Adelaide, perpustakaan resmi negara bagian ini terdiri dari beberapa ruang dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya, Mortlock Wing yang memadukan materi kayu pada rak-rak bukunya dan kaca pada kubahnya.

 

9. Royal Library

Berada di Kota Copenhagen, Royal Library berfungsi ganda sebagai perpustakaan nasional Denmark dan perpustakaan kampus University of Copenhagen. Setahun yang lalu, perpustakaan ini bergabung dengan State and University Library di Aarhus. Alhasil, Royal Library menjadi salah satu perpustakaan terbesar di kawasan negara-negara Nordik dengan arsitektur futuristik dan modern yang didominasi oleh kaca dan marmer.

 

10. Connemara Public Library

Asia juga punya perpustakaan keren, lho! Tepatnya, lokasi perpustakaan ini berada di Tamil Nadu, India. Dibalik arsitektur bangunannya yang klasik, tersimpan koleksi semua buku dan publikasi-publikasi di India.

 

Itulah sebagian dari harta karun dunia yang masih lestari hingga kini. Jika perpustakaan kita semenarik perpustakaan-perpustakaan diatas, mungkin kamu betah berlama-lama di perpustakaan. Iya, nggak?

Lebih masukan Blog

Besar Tunjangan Pegawai pada 12 Instansi Pemerintah – Mau Tahu?

Ketika ada pilihan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, kamu termasuk yang pro apa yang kontra?...

Calon Mahasiswa Arkeologi Perlu Tahu Tentang Ini

Setahun silam, dua makam misterius diekskavasi di tepi sisi barat Sungai Nil, di kawasan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka