APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Calon Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer Wajib Tahu Ini

Ketahui seluk-beluk kuliah dan prospek Teknik Komputer.

Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Kuliah Jurusan Teknik Komputer itu sebenarnya cukup populer di Indonesia loh, Sobat Pintar. Mungkin kamu lebih sering mendengar Teknik Informatika atau Sistem Informasi, tetapi sesungguhnya peminat Teknik Komputer enggak kalah banyak. Tau ga, kenapa bisa gitu, Sobat?

Salah satu sebabnya adalah prospek kerja Teknik Komputer yang terbilang luas. Alumni Teknik Komputer enggak melulu bekerja di bidang teknologi dan informasi seperti di PT Telekomunikasi Indonesia, tetapi juga dibutuhkan di perbankan BUMN. Enggak sedikit juga loh, alumni yang bekerja di perusahaan-perusahaan internasional seperti Schlumberger, Huawei, dan lain sebagainya. Nah, menarik ga, tuh! Jangan tanya lagi ya, Jurusan Teknik Komputer kerja apa!

Dengan prospek seluas itu, emangnya kuliah Jurusan Teknik Komputer itu seperti apa, sih? Penasaran kan, kuliah di Jurusan Teknik Komputer apa saja yang dipelajari?

 

Kuliah Teknik Komputer Itu Kayak Gimana?

perbedaan jurusan teknik informatika dan teknik komputer
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Kuliah Jurusan Teknik Komputer secara umum fokus pada teknologi perangkat keras (hardware) komputer serta bagaimana merancang dan membangun sistem komputer dan jaringan. Mahasiswa Teknik Komputer belajar topik-topik seperti arsitektur komputer, rangkaian digital, mikroprosesor, perangkat keras, dan pemrograman tingkat rendah untuk memahami cara kerja mesin komputer secara fisik.

Keahlian Teknik Komputer sebenarnya juga dapat dipelajari di SMK, tepatnya di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Sobat. Nah, apa itu Jurusan Teknik Komputer Jaringan? Di SMK, jurusan ini fokus pada perakitan, pemasangan, perbaikan, dan seluk-beluk komputer serta jaringannya.

Di perguruan tinggi, contohnya ITS, kuliah Teknik Komputer fokus pada software dan hardware komputer, elektronika, serta telekomunikasi untuk diterapkan pada sistem komputasi modern, peralatan yang dikendalikan oleh komputer, jaringan perangkat cerdas, robotika, data skala besar, keamanan data dan jaringan, serta komputasi multimedia. Kurikulum boleh berbeda, tetapi tujuan utama setiap universitas dengan Jurusan Teknik Komputer adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem komputer dan infrastruktur jaringan.

 

Lulusan Jurusan Teknik Komputer Kerja Apa?

sistem informasi dan teknik komputer
Photo by ThisIsEngineering on Pexels

Dengan kompetensi di atas, mungkin kamu sudah punya gambaran bidang pekerjaan yang cocok untuk alumni Teknik Komputer. Seperti telah disebutkan sebelumnya, lulusan universitas Jurusan Teknik Komputer dapat bekerja di bidang teknologi dan informasi maupun perbankan.

Saat ini semakin banyak perusahaan yang mengandalkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, sehingga permintaan akan lulusan Teknik Komputer pun meningkat. Peran alumni jurusan ini amat penting dalam membantu perusahaan menerapkan teknologi digital, mengembangkan aplikasi, dan mengelola infrastruktur IT. Tak sedikit start-up dan e-commerce yang membutuhkan lulusan Teknik Komputer untuk mengembangkan platform, aplikasi, maupun sistem yang inovatif. Selain itu lulusan Jurusan Teknik Komputer kerja apa lagi? Industri kreatif dan konten digital juga terbuka bagi lulusan jurusan ini loh, Sobat. Jangan lupa, kita sedang butuh ahli dalam keamanan siber, sebuah kompetensi yang juga dimiliki oleh alumni Teknik Komputer.

 

Kuliah Teknik Komputer Terbaik di Mana?

teknik informatika terbaik di indonesia
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Kamu punya minat yang besar di bidang-bidang tersebut, Sobat Pintar? Banyak kok, pilihan kampusnya! Sebagai referensi, berikut beberapa universitas dengan Jurusan Teknik Komputer di Indonesia dengan akreditasi prodinya masing-masing.

Universitas

Program

Akreditasi

Politeknik Negeri Medan

D3

Unggul

Universitas Gunadarma

D3

Unggul

Politeknik Negeri Jember

D3

A

Politeknik Caltex

D3

A

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

D4

Unggul

Universitas Brawijaya

S1

Unggul

Universitas Indonesia

S1

Unggul

Universitas Telkom

S1

Unggul

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

S1

A

Itulah sebagian Jurusan Teknik Komputer terbaik di Indonesia. Sekali lagi, kurikulum antara satu kampus belum tentu sama persis dengan kampus yang lain, apalagi bila program kuliahnya berbeda.

Sebagai contoh, mata kuliah Jurusan Teknik Komputer UB meliputi Basis Data Terapan, Pemrograman FPGA, Sistem Mikrokontroller, Komunikasi Data, Sistem Linier, Pemrosesan Sinyal, Rekayasa Sistem Komputer, dan lain-lain. Sementara sebagian mata kuliah Departemen Teknik Komputer ITS 2023 terdiri dari Sistem Manajemen Basis Data, Rangkaian Digital, Kompetensi Teknologi Elektro, Pengolahan Sinyal Digital, Pembelajaran Mesin, serta berbagai mata kuliah wajib dan pilihan sesuai dengan spesialisasinya masing-masing (Multimedia, Internet of Things, dan Robotika).

Terus, kamu pilih kuliah di mana, nih? Jawabannya tergantung minat dan kemampuanmu sendiri, Sobat Pintar. Mengetahui kurikulum dan mata kuliah Jurusan Teknik Komputer di kampus impianmu itu memang penting, tetapi yang ga kalah penting adalah mengetahui bakat minat dan kemampuan dirimu sendiri. Kalau masih bingung, tenang saja, kamu bisa mengikuti Tes Penjurusan.

Kamu juga bisa menggunakan tes ini buat membantumu menentukan pilihan jurusan. Misalnya, kamu masih bingung memilih kuliah Teknik Komputer atau Teknik Informatika – yup, perbedaan jurusan Teknik Informatika dan Teknik Komputer emang bisa bikin pusing! Atau, kamu bingung memilih antara Sistem Informasi dan Teknik Komputer? Enggak perlu berpikir dua kali, langsung saja gunakan Tes Penjurusan untuk membantumu.

Setelah mantap dengan pilihan jurusan kuliah, berikutnya kamu bisa menentukan kampus dengan kurikulum yang paling pas dengan minat dan kemampuanmu. Dengan begitu, kamu bisa belajar Teknik Komputer, Sistem Informasi, atau Teknik Informatika terbaik di Indonesia, Sobat Pintar.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog