APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Jurusan Teknik yang Banyak Peluang Kerja dan Dicari Perusahaan

Teknik dikenal sebagai jurusan mudah mendapatkan pekerjaan. 

Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Kuliah jurusan teknik sekarang tuh enggak cuma impiannya cowok. Dari tahun ke tahun, makin banyak aja cewek yang lulusan teknik. Kalau kamu gimana, Sobat Pintar? Apakah kamu juga calon mahasiswa teknik?

Tau ga sih, kalau ada beberapa jurusan teknik yang banyak peluang kerja di dunia industri? Mau tau apa aja? Ini dia, macam-macam jurusan teknik yang selama ini dikenal punya prospek kerja yang menjanjikan.

jurusan teknik yang menjanjikan
Photo by Max Duzij on Unsplash

1. Teknik Informatika/Ilmu Komputer

Teknik Informatika dan Ilmu Komputer cukup sering digunakan secara bergantian, bahkan terkadang digunakan sebagai sinonim. Namun sebenarnya kedua jurusan ini memiliki perbedaan kurikulum, sehingga fokus perkuliahannya pun tak sama persis. Tau ga, apa yang sama pada keduanya? Iya, Sobat. Baik Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer meluluskan alumni jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan.

Terus, kamu pilih yang mana, Teknik Informatika atau Ilmu Komputer? Secara umum, Teknik Informatika cenderung lebih fokus pada aspek teknis dalam pengembangan perangkat lunak, sistem informasi, dan keamanan jaringan. Perkuliahan di jurusan ini meliputi pemrograman, algoritma, basis data, pengembangan aplikasi, dan teknologi jaringan. Prospek kerja Jurusan Teknik Informatika biasanya adalah sebagai pengembang perangkat lunak, insinyur perangkat lunak, administrator jaringan, atau analis sistem.

Sementara itu, Ilmu Komputer lebih fokus pada studi teoritis tentang komputasi dan pemrosesan informasi. Kuliah jurusan teknik ini mencakup bidang seperti teori komputasi, kecerdasan buatan, algoritma, analisis data, maupun pemodelan komputasi. Lulusan Ilmu Komputer sering bekerja sebagai peneliti, ilmuwan data, ahli kecerdasan buatan, atau pengembang algoritma.

Tau dong, kalau bidang-bidang di atas adalah bidang-bidang yang saat ini mampu menawarkan prospek kerja teknik yang menjanjikan. Fresh graduates Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer itu berpeluang mendapatkan penghasilan antara empat sampai delapan juta rupiah per bulan.

jurusan teknik yang mudah
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

2. Teknik Elektro

Waktu telah membuktikan Teknik Elektro adalah salah satu jurusan teknik yang menjanjikan. Pada umumnya perkuliahan Teknik Elektro dirancang untuk memberikan landasan yang kuat mengenai prinsip, teori, maupun aplikasi bidang kelistrikan, elektronika, dan komunikasi. Mahasiswa Teknik Elektro akrab dengan praktikum di laboratorium, mengerjakan proyek-proyek, dan melakukan penelitian untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam merancang, membangun, dan menguji perangkat dan sistem elektronik.

Ilmu dan keterampilan yang dipelajari selama kuliah kemudian akan diterapkan dalam berbagai industri, seperti energi, telekomunikasi, manufaktur, maupun teknologi informasi. Enggak ada ceritanya ya, anak elektro sampai bertanya-tanya kuliah Jurusan Teknik jadi apa. Udah gitu, penghasilannya juga lumayan. Dengan pengalaman kerja sekitar tiga sampai lima tahun, diperkirakan kisaran gaji Jurusan Teknik Elektro mencapai delapan sampai 15 juta rupiah per bulan.

jurusan teknik yang banyak peluang kerja
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

3. Teknik Mesin

Teknik Mesin juga dikenal sebagai jurusan teknik yang menjanjikan, Sobat. Perkuliahan Teknik Mesin pada dasarnya memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang, menganalisis, dan mengembangkan mesin, perangkat mekanik, maupun sistem yang akan digunakan dalam berbagai industri seperti manufaktur, otomotif, energi, dan teknologi. Itulah sebabnya, mahasiswa Teknik Mesin banyak mengerjakan praktikum dan penelitian dalam merancang, membangun, serta menguji sistem dan perangkat mekanik.

Kamu masih nanyea jurusan teknik apa yang gajinya besar? Jawabannya jelas Teknik Mesin, dong. Lulusan Teknik Mesin dibutuhkan di industri manufaktur, otomotif, energi, maupun sektor teknologi dan terlibat dalam desain, produksi, pemeliharaan, serta pengembangan mesin dan sistem mekanik. Nominal gaji fresh graduates kurang lebih sama seperti lulusan jurusan-jurusan teknik sebelumnya, tetapi angka itu bisa terus bertambah sesuai dengan tanggung jawab dan kompleksitas pekerjaan di tahun-tahun berikutnya.

prospek kerja teknik yang menjanjikan
Photo by Scott Blake on Unsplash

4. Teknik Sipil

Di Indonesia, Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan teknik yang banyak peluang kerja. Infrastruktur kita saat ini masih tumbuh dan terus berkembang. Kita membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni, terutama di sektor konstruksi dan pengawasan proyek-proyek pembangunan.

Kenapa anak sipil yang dibutuhkan? Sebabnya, perkuliahan Teknik Sipil itu fokus pada prinsip, teori dan aplikasi perencanaan, desain, konstruksi, dan pemeliharaan infrastruktur sipil seperti jalan, jembatan, gedung, sistem transportasi, dan lain sebagainya. Permintaan insinyur sipil bakal terus meningkat seiring dengan adanya kebutuhan akan pembangunan infrastruktur yang lebih baik. Ga heran dong, kalau Sipil itu dikenal sebagai jurusan teknik yang mudah mendapatkan pekerjaan.

Dikenal sebagai jurusan teknik yang menjanjikan, emangnya berapa kisaran gaji Jurusan Teknik Sipil? Apakah Sipil adalah jurusan teknik apa yang gajinya besar? Diperkirakan gaji alumni Teknik Sipil tak jauh berbeda dari alumni teknik yang lain, Sobat. Selain pengalaman kerja dan tanggung jawab, jangan lupa bahwa lokasi kerja juga turut memengaruhi besaran gaji yang diperoleh. Biasanya, gaji di daerah dengan biaya hidup yang lebih tinggi seperti Jakarta, Surabaya, atau Bandung cenderung lebih tinggi daripada daerah-daerah lain dengan biaya hidup yang lebih rendah.

Jurusan teknik apa yang gajinya besar
Photo by ThisIsEngineering on Pexels

5. Teknik Kimia

Kalau kamu mau kuliah di jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan, ini dia rekomendasi terakhir buat kamu, Sobat: Teknik Kimia. Kuliah di jurusan ini bakal memberimu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam perancangan, pengembangan, dan pengoperasian proses kimia yang efisien dan aman. Namanya juga kuliah teknik, pasti enggak bakal jauh-jauh dari praktikum sampai studi kasus. Itu semua supaya mahasiswa Teknik Kimia punya keterampilan praktis dalam mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktik industri.

Tadi dibilang kan, Teknik Kimia itu jurusan teknik yang menjanjikan banget. Emangnya prospek kerja teknik yang menjanjikan itu yang seperti apa, sih? Sobat, asal kamu tau, kuliah Teknik Kimia dapat membuka peluang karier di berbagai industri, termasuk industri minyak dan gas, farmasi, kimia, energi terbarukan, makanan dan minuman, serta lingkungan.

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya, besaran gaji juga dipengaruhi oleh industri tempat bekerja, Sobat. Di industri minyak dan gas, misalnya, kisaran gaji Jurusan Teknik Kimia diperkirakan berkisar antara delapan hingga 30 juta rupiah per bulan. Sementara itu, penghasilan di industri farmasi dan kimia diperkirakan sekitar lima atau enam hingga 18 - 20 juta rupiah per bulan.

Tentu saja, selain lima jurusan teknik di atas, masih ada macam-macam jurusan teknik lainnya, seperti Teknik Lingkungan, Teknik Biomedis, Teknik Perminyakan, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, dan lain-lain. Meskipun tidak disebutkan, bukan berarti prospek jurusan-jurusan teknik itu tak sebagus kelima jurusan teknik yang telah diuraikan di atas.

Bagaimanapun juga, ada berbagai faktor yang turut memengaruhi peluang kerja. Dari kita sendiri, kompetensi, attitude, bahkan faktor luck, misalnya, turut memengaruhi seberapa cepat kita masuk ke dunia kerja – bahkan mungkin seberapa besar penghasilan yang diperoleh. Di sisi lain, keadaan perekonomian suatu negara juga turut berpengaruh. Lulusan Teknik Biomedis di Indonesia, misalnya, masih belum dibutuhkan sebanyak di negara-negara maju. Namun tidak menutup kemungkinan lulusan Teknik Biomedis kelak akan dibutuhkan sebanyak lulusan Teknik Sipil atau Teknik Industri seperti sekarang.

Terlepas dari semua itu, pertanyaan pentingnya adalah kuliah jurusan teknik apakah yang kamu inginkan, Sobat Pintar? Jurusan teknik yang cucok sama bakat minat dan kemampuanmu itu teknik apa? Biar enggak salah pilih, cek dahulu pakai Tes Penjurusan, kuy!

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog