APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tips Lolos Seleksi Mandiri 2023: Strategi dan Cara Jawab Soal Tes

Menjelang pengumuman SNBT, semakin tekun siapkan Ujian Mandiri.

Photo by Mimi Thian on Unsplash

Strategi masuk PTN itu mesti dipikir dengan matang, Sobat Pintar. Kamu mau masuk PTN di Jalur SNBP atau SNBT? Kalaupun seandainya rezekimu enggak di SNBP maupun SNBT, strategi masuk PTN berikutnya gimana tuh?

Jawabannya secara umum, Sobat, adalah ikutan Seleksi Mandiri PTN. Namun Seleksi Mandiri di satu PTN biasanya berbeda dari seleksi yang ada di PTN lainnya. Misalnya, Seleksi Mandiri PTN X mungkin menggunakan tes saja, sedangkan di PTN Y tersedia pilihan jalur tes maupun prestasi. Ada pula PTN yang mensyaratkan nilai UTBK biar kamu bisa ikutan Seleksi Mandirinya, ada yang mensyaratkannya di sebagian jalur seleksi, ada pula yang enggak mensyaratkannya sama sekali.

Kalau begitu, apa yang mesti kita siapkan biar bisa masuk PTN Jalur Mandiri, Sobat Pintar? Ini dia, beberapa tips lolos Seleksi Mandiri yang, siapa tau, bakal kamu butuhkan, Sobat.

 

1. Persiapan, Persiapan, Persiapan

tips lolos ujian mandiri
Photo by Anthony Fomin on Unsplash

Siapa sih, yang ga pengin lolos SNBT? Tentu saja kita semua pengin masuk PTN di Jalur SNBT. Punya harapan besar di SNBT itu boleh banget, Sobat, tetapi jangan sampai kita ngga punya persiapan buat masuk PTN Jalur Mandiri sama sekali.

Salah satu persiapan yang enggak boleh ketinggalan adalah cek dengan mendetail Seleksi Mandiri PTN impianmu. Kalau kamu mengincar lebih dari satu PTN, jangan ogah-ogahan memerinci persyaratan tiap-tiap PTN. Telah disebutkan sebelumnya, satu PTN boleh jadi membuka beberapa Jalur Mandiri sekaligus. Kamu mau pilih yang mana tuh, Sobat, jangan sampai salah baca dan salah pilih, ya. Ga kalah penting juga, cek kapan batas waktu pendaftaran Mandiri yang kamu pilih.

Persiapan berikutnya adalah memenuhi persyaratan Jalur Mandiri pilihanmmu. Kalau memilih jalur prestasi, persiapkan berkas-berkas atau portofolio yang mungkin bakal kamu butuhkan. Jika memilih jalur tes, cari tau materi ujian Mandiri terdiri dari apa saja karena, sekali lagi, beda PTN boleh jadi beda materi ujian. Makanya, cek dengan teliti semua tentang Seleksi Mandiri PTN impianmu.

 

2. Saatnya Mendua

tips lolos seleksi mandiri
Photo by Robert Thiemann on Unsplash

Sama seperti di SNBT, kamu juga dapat memilih lebih dari satu PTN di Seleksi Mandiri. Gimana kalau jadwal ujiannya bentrok? Itulah makanya kamu mesti cek satu per satu persyaratan sampai jadwal pendaftaran Mandiri PTN-PTN yang kamu incar, Sobat. Jika memungkinkan, dan memenuhi syarat, kamu juga bisa mengikuti jalur prestasi di satu PTN dan jalur tes di PTN yang lain.

 

3. Akrab sama Soal Ujian PTN

masuk ptn jalur mandiri
Photo by Napat Noppadolpaisal on Unsplash

Iya, kamu udah belajar buat UTBK. Namun ternyata kamu masih harus belajar juga buat tes PTN yang lain lagi, yaitu Seleksi Mandiri. Ga apa-apa, Sobat. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Lagipula, emang ga ada pilihan lagi, sih. Meskipun sama-sama ujian PTN, materi UTBK dan materi ujian Mandiri enggak sama. Materi UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik, literasi bahasa, dan penalaran matematika. Sementara itu, materi ujian Mandiri tergantung PTN-nya masing-masing.

Tes yang ada di Jalur Mandiri ITS, misalnya, adalah Tes Kemampuan Akademik yang terdiri dari Tes Potensi Akademik dan Tes Kompetensi Bidang. Sementara materi ujian Mandiri IPB meliputi Tes Kemampuan Skolastik HOTS. Artinya, kalau memilih lebih dari satu PTN dan materi ujiannya berbeda, kamu mesti belajar semua materi buat mengikuti tes yang ada di Jalur Mandiri tersebut.

 

4. Kenali Diri Sendiri

cara lulus ujian mandiri
Photo by Shantanu Kumar on Unsplash

Sebagian dari ikhtiar, bahkan mungkin cara lulus ujian Mandiri, adalah dengan mengenal soal-soal ujian. Semakin rutin kamu berlatih soal, semakin kenal kamu sama pola-pola soalnya. Namun jangan sampai lupa, kamu juga harus mengenali kelebihan dan kekurangan dirimu sendiri, Sobat Pintar.

Dari sekian banyak latihan soal yang sudah dipelajari, lama-kelamaan kamu pasti bisa mengenali soal-soal seperti apakah yang rasa-rasanya kamu lebih percaya diri saat menjawabnya. Materi ujian Mandiri yang mana pula yang mesti kamu pelajari dengan lebih tekun?

 

5. Doa dan Restu

tes yang ada di jalur mandiri
Photo by Annushka Ahuja on Pexels

Terakhir, tips lolos Ujian Mandiri yang enggak boleh kamu abaikan adalah restu orang tua. Doa Ayah Bunda yang dengan tulus dan penuh kasih selalu dipanjatkan untukmu ibarat anak panah yang melesat meninggalkan busurnya – cepat dan tepat. Kalau kamu pernah menyaksikan keajaiban yang dialami oleh seseorang, yang menurutmu enggak masuk akal – apapun itu, barangkali dibaliknya ada doa orang tua yang telah mengetuk dan membuka "pintu langit."

Selain bersikap baik kepada orang tua, jangan lupa juga bahwa doamu memiliki keajaibannya sendiri. Satu fakta Jalur Mandiri yang tak terbantahkan adalah bahwa masuk PTN itu butuh usaha. Nah, doamu sebenarnya adalah bagian dari usaha tersebut, jadi maksimalkan, ya!

Di sisi lain, ga perlu terlalu terbebani sampai menjadi overthinking gegara ujian masuk PTN Jalur Mandiri, Sobat. Pada dasarnya, mengerjakan soal ujian itu kurang lebih sama saja: teliti membaca dan memahami setiap butir soal, cermati semua opsi jawaban, eliminasi jawaban yang pasti salah, dan gunakan waktu dengan efisien.

Selain itu, penting juga loh, untuk memahami format-format soal yang berbeda, tak hanya pilihan ganda. Pahami juga aturan penilaiannya. SM IPB, misalnya, mengurangi skor sebanyak 25% atas jawaban yang salah pada soal pilihan ganda. Sekarang, kalau semua sudah checked, udah deh, kamu sudah siap mengikuti seleksi mandiri PTN, Sobat Pintar!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog