redesain-navbar Portlet

Blog

Cara Cek NISN dan NPSN

Ketahui langkah-langkah cara cek NISN-mu dan NPSN sekolahmu.

NISN dan NPSN, Photo by Marten Newhall on Unsplash

NISN dan NPSN adalah dua hal yang wajib ada bila kamu akan membuat akun LTMPT. Sobat Pintar yang akan mengikuti SNMPTN 2022, NISN dan NPSN menjadi kebutuhan yang lebih mendesak lagi. Oke, tapi apa itu NISN dan NPSN? Yuk, kita kenalan dulu sama NISN dan NPSN hingga bagaimana cara mengeceknya.

 

Apa Itu NISN dan NPSN?

npsn adalah
Photo by Volkan Olmez on Unsplash

Let's get the basics straight, Sobat Pintar. Kita mulai dulu dari NISN. Kepanjangan NISN yaitu Nomor Induk Siswa Nasional. NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa. NISN dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah di Indonesia dan luar negeri. Sebagai siswa, kamu berhak mendapatkan NISN selama sekolahmu memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nah, udah nemu hubungannya NISN dan NPSN, nih. Berikutnya kita membahas tentang NPSN. Kepanjangan NPSN sendiri ialah Nomor Pokok Sekolah Nasional. NPSN adalah kode pengenal unik untuk sekolah yang berlaku secara nasional. NPSN terdiri dari delapan digit angka, dimiliki oleh sekolah, baik TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, yang masih aktif.

Selain untuk pendaftaran SNMPTN, NISN dan NPSN juga dibutuhkan untuk pendaftaran SBMPTN, UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), dan KIP Kuliah. Itulah sebabnya, Sobat Pintar, kamu harus tahu bagaimana cara cek NISN – eitts... tahu juga cara cek NPSN, dong!

 

Bagaimana Cek NISN Online?

nisn adalah
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Jadi, gimana cara cek NISN? Gampang, Sobat. Kamu hanya perlu mengunjungi laman NISN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di situ ada kolom-kolom yang harus kamu isi. Jangan lupakan kode Captcha-nya juga setelahnya, ya.

 

Bagaimana Cek NPSN Online?

nomor pokok sekolah nasional
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Untuk cek NPSN online, langkah-langkahnya agak lebih panjang ketimbang cek NISN online, Sobat Pintar. Agar lebih mudah untuk diikuti, berikut ini urutan langkah cara cek NPSN.

1. Kunjungi laman Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Pilih menu Data Master Pendidikan. Di sini kamu dapat melihat NPSN berbagai ragam dan tingkatan sekolah sampai perguruan tinggi.

3. Pilih tingkatan sekolahmu, Pendidikan Dasar & Menengah. Kamu akan tiba di laman Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah seluruh provinsi di Indonesia. Banyak banget, Sobat! Pilih provinsi sekolahmu, kemudian kabupaten/kotanya, kemudian kecamatannya. Pada kolom Jenis Pendidikan, pilih SMA atau SMK, kemudian cari sekolahmu. Mau cara yang lebih mudah, Sobat Pintar? Kamu bisa menggunakan cara cek NPSN di langkah berikutnya.

4. Isi kolom Pencarian Data di sisi kanan atas dengan nama sekolahmu. Kamu bisa langsung tekan enter atau memilih menu yang ditawarkan di kolom tersebut.

5. Jika pencarianmu sudah benar, kamu akan diarahkan ke laman seperti ini:

©Aku Pintar

Nah, sekarang kamu sudah mendapatkan NPSN sekolahmu, deh! Di laman tersebut kamu juga bisa melihat akreditasi sekolah, yang cukup penting buat Sobat Pintar peserta SNMPTN, pada menu Dokumen dan Perijinan.

 

Pentingnya Data Lengkap Siswa

nomor induk siswa nasional
Photo by UX Indonesia on Unsplash

Seperti telah disebutkan di atas, NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku sepanjang masa. NISN-mu membedakanmu dari temanmu, sohib terbaikmu, bahkan gebetanmu. Asal kamu tahu, tiga digit pertama dari 10 digit NISN-mu adalah tahun lahirmu. Nah, tujuh digit terakhirnya merupakan kode unikmu, Sobat Pintar. Pengelolaan NISN sendiri berada pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NISN tentu memiliki manfaat yang begitu penting bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk pengembangan program-program pendidikan hingga alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Namun bagi kita sendiri sebagai pelajar, NISN berperan penting saat kita akan masuk kuliah – again, untuk pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, UM-PTKIN, sampai KIP Kuliah.

Itulah sebabnya, kamu harus tahu bagaimana cara cek data lengkap siswa. Penting untuk memastikan bahwa namamu sesuai dengan ejaan pada akta lahirmu. Bila ada perbedaan atau ketidaksesuaian, segera lapor ke sekolah agar datamu dapat segera diperbaiki. Sekarang kamu sudah tahu kan, bagaimana cara memeriksa NISN-mu dan cara mencari NPSN sekolahmu?

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet