CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Konsultasi dengan Psikolog Remaja

Memulai konseling psikologi sebenarnya tidak rumit, tidak pula sulit.

cara konsultasi ke psikolog, Photo by Aedrian on Unsplash

"Konseling psikologi itu cuma buat mereka yang stres dan depresi." Ada yang pernah bilang kayak gini sama kamu, Sobat Pintar?

Kalaupun ada, sebaiknya abaikan saja, Sobat. Pasalnya, kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan badan – kalau malah enggak lebih penting. Maka dari itu, jangan tunggu sampai kamu depresi untuk melakukan konseling psikologi.

Terus, gimana cara konsultasi ke psikolog? Kamu punya jadwal sekolah yang padat. Uang saku pun, segitu-segitu aja – enggak sisa banyak juga, buat konseling yang harganya tak bisa dibilang kecil untuk ukuran pelajar. Enggak mungkin dong, kamu menemui seorang psikolog remaja, misalnya, dalam satu kali sesi saja. Iya, kan?

 

Manfaatkan Konsultasi Psikologi Online

konsultasi psikolog untuk anak dan remaja
Photo by Pixabay

Tenang, Sobat Pintar. Di tengah kegiatanmu yang padat itu, kamu bisa mengikuti konsultasi psikologi online. Kamu tak harus melakukan perjalanan ke tempat praktik psikolog, sehingga akan sangat menghemat waktu yang bisa digunakan untuk kegiatan lain, ekskul, atau bahkan healing.

Aplikasi Aku Pintar, misalnya, menyediakan layanan psikologi online yang dapat kamu akses di mana saja dan kapan saja. Proses konselingnya pun tak berbeda jauh dari konseling psikologi pada umumnya, yang melibatkan pertemuan langsung antara klien dan psikolog. Bedanya, pertemuanmu dengan psikolog di konseling psikologi online dilakukan melalui video call. Asyik dong, feel tatap mukanya dapet, hemat waktu dan tenaganya juga dapet.

Bagaimana dengan biaya? Apakah kamu juga bisa berhemat uang saku jika mengikuti konseling psikologi online? Tentu saja! Bukan hanya biaya pulang-pergi ke klinik atau tempat praktik psikolog yang bisa kamu hemat, tetapi biaya konselingnya juga, Sobat. Konseling Pintar, misalnya, sedang menawarkan kode promo yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan potongan biaya konseling psikologi online di aplikasi Aku Pintar.

 

Tips Curhat dengan Psikolog Online

tips melakukan konsultasi psikologi remaja online
Photo by Julie Ricard on Unsplash

Di Konseling Pintar, kamu bisa melakukan konseling psikologi tentang bermacam persoalan. Mulai dari konsultasi memilih jurusan kuliah, mengenali bakat dan minat, kegagalan saat mengikuti seleksi masuk kuliah, sampai bullying di sekolah, semua bisa dilakukan melalui konsultasi psikologi online.

Punya masalah dengan pacar? Ada masalah keluarga? Psikolog online di Konseling Pintar juga dapat membantumu. Di fitur ini kamu juga bebas memilih psikolog yang kamu inginkan.

Namun jika belum pernah melakukan konseling psikologi sebelumnya, mungkin kamu merasa sedikit canggung, bingung, atau bahkan takut untuk memulai. Tak apa, Sobat. Itu hal yang wajar.

Tak perlu mencemaskan bagaimana cara konsul ke psikolog. Anggap saja kamu video call dengan bestie-mu. Bestie yang bisa satu frekuensi bicara denganmu. Bestie yang mungkin lebih mengerti dirimu ketimbang siapapun di dunia ini.

Asal kamu tahu, Sobat. Psikolog online, seperti yang ada di Konseling Pintar, memiliki keahlian untuk memberikan konsultasi psikologi remaja online. Mereka memiliki keahlian untuk menangani berbagai masalah psikologi remaja yang, tentu saja, enggak bisa dibandingkan dengan seseorang yang tanpa keahlian yang sama.

 

Remaja dan Permasalahannya

layanan psikologi online untuk remaja
 Photo by Angel Lopez on Unsplash

Sebagai bagian dari Gen Z, kita memiliki kesehatan mental yang lebih serius dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Western Governors University mengutip hasil sebuah penelitian tahun 2018 yang menyebutkan bahwa Gen Z adalah generasi yang paling merasa kesepian. Kita juga lebih fokus dan ambis, yang takkan berhenti sampai tujuan kita tercapai. Pada satu sisi, ambis itu bagus, Sobat. Namun di sisi lain, kita lebih rentan stres dan bahkan kesehatan badan kita menjadi taruhannya.

Maka bukan hal yang luar biasa bila kita membutuhkan bantuan psikolog remaja. Konseling psikologi tidak harus dilakukan secara online, tetapi juga bisa secara langsung dengan tatap muka. Pilih saja mana yang paling nyaman buatmu.

Manapun cara yang kamu pilih, ingatlah bahwa selalu ada opsi konsultasi psikolog untuk anak dan remaja. Seorang psikolog remaja tentu memahami psikologi remaja dan permasalahannya. Melalui konseling psikologi, kita akan merasa dipahami, dibimbing untuk memandang permasalahan kita dengan sudut pandang yang lebih luas sehingga mendapatkan solusi yang tepat.

Nah, gimana, Sobat? Kapan nih, memulai konseling psikologi? Kira-kira bakal memilih layanan psikologi online atau kamu lebih menyukai konseling tatap muka?

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog