redesain-navbar Portlet

Blog

Gagal SBMPTN 2022 Bukan Akhir Dunia Karena Ini

Jangan dulu menyerah, sebab esok masih menunggumu.

Apa yang harus dilakukan jika tidak lulus SBMPTN? Seperti menelan pil pahit, ketika melihat pegumuman yang sekian hari dinanti-nanti dengan penuh kegelisahan, namun ternyata kita gagal SBMPTN. Gagal. Failed.

Seakan segala jerih payah berbulan-bulan kita bergadang, ngecengin gebetan juga ngga sempat, kurang tidur... eh, semua menguap dengan pernyataan "anda tidak lulus SBMPTN". Nyesek ngga, sih? Pastilah! Terus, jika tidak lulus SBMPTN bagaimana?

 

Melihat dari Sisi yang Berbeda


Photo by Simon Maage on Unsplash

Apakah orang tua kecewa dengan hasil SBMPTN-mu? Apakah terasa berat menjawab ketika om, tante, atau kerabat jauh sampai tetangga bertanya tentang hasil SBMPTN-mu? Kalau jawabanmu iya, jangan merasa ini adalah akhir dunia, Sobat. Gagal sebenarnya bukan kata yang tepat untuk menggambarkan keadaanmu saat ini.

Oke, mungkin orang tua sedih karena kita tidak lolos SBMPTN, tetapi itu semata-mata karena Papah dan Mamah peduli dan mengkhawatirkan masa depan kita. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana diri kita sendiri menyikapi hasil SBMPTN yang tak sesuai harapan. Merasa sedih, itu saja wajar. Namun apakah kamu memang gagal?

Tentu saja tidak! Terlepas dari pendapat orang lain, pada kenyataannya UTBK-SBMPTN hanyalah salah satu jalur masuk kuliah. Masih ada jalur-jalur lain untuk masuk kuliah, Sobat. Kamu bisa mengikuti Seleksi Mandiri di kampus pilihanmu ketika SBMPTN kemarin, misalnya. Kamu juga masih bisa mengikuti Seleksi Mandiri di kampus swasta.

Lagipula, banyak Seleksi Mandiri PTN yang menggunakan nilai UTBK di tahun ini. Enggak bisa disebut gagal UTBK 2022 dong, kalau nilainya bisa digunakan di Seleksi Mandiri. Iya, ngga?

Entah kamu bakal kuliah di kampus impianmu melalui Jalur Mandiri atau di kampus lain, yakinlah bahwa kamu berada di tempat yang tepat. Mungkin butuh waktu sampai akhirnya kita bisa menerima keadaan yang tak sesuai dengan keinginan. Namun, sekali lagi, kita tak pernah berada di tempat yang salah.

 

Kembali Melangkah Lagi

apa yang harus dilakukan jika tidak lulus sbmptn
Photo by Tory Hallenburg on Unsplash

Kamu pernah mengenakan sepatu orang lain, Sobat Pintar? Entah ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar, yang pasti rasanya tidak nyaman. Begitu pula bila kita menggunakan tolok ukur orang lain untuk mendefinisikan kesuksesan dan kegagalan diri kita sendiri.

Bagi orang lain, siapapun mereka, gagal SBMPT 2022 itu mungkin memang nyata adanya. Namun kenapa kamu harus membatasi diri dengan definisi orang lain? Apa yang harus dilakukan jika tidak lulus SBMPTN? Oh, kamu bisa melakukan banyak hal, Sobat.

1. Mengikuti Seleksi Mandiri

Gagal SBMPTN apakah bisa daftar di Jalur Mandiri? Sudah sempat disinggung di atas bahwa kamu bisa menggunakan nilai UTBK untuk mendaftar masuk kuliah di kampus impianmu melalui Jalur Mandiri. Tentu saja, kamu harus terlebih dahulu memastikan kampus impianmu itu memang membuka pendaftaran Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK. Pasalnya, seleksi Jalur Mandiri itu ada banyak macamnya, bisa melalui ujian tulis, ujian online, nilai rapor, prestasi, maupun nilai UTBK.

Jangan lupa, kampus swasta juga membuka pendaftaran calon mahasiswa baru. Sama seperti Mandiri di kampus negeri, Seleksi Mandiri di kampus swasta juga sepenuhnya diatur dan ditentukan oleh kampusnya masing-masing. Kamu tinggal mencari informasi mengenai metode seleksinya dan masih punya peluang untuk kuliah di jurusan incaranmu.

2. Kuliah pada Program D3

Kita cenderung berpikir masuk kuliah artinya kita kuliah di Program Sarjana atau Sarjana Terapan. Padahal masih ada pilihan Program D3 loh, Sobat. Bagusnya lagi, hampir semua kampus membuka Program D3. Kamu pun bebas memilih kuliah D3 di kampus mana.

Eits, jangan berhenti kuliah sampai Program D3 saja, dong. Kelak kamu bisa mengikuti program alih jenjang yang diadakan oleh kampus, sehingga dapat melanjutkan kuliah ke Program S1. Dengan beberapa penyesuaian SKS saja, gelar Sarjana yang selalu kamu diidam-idamkan akan diperoleh!

3. Gap year

Kamu bersikeras masuk kampus negeri melalui jalur SBMPTN? Boleh-boleh saja kok, Sobat. Sejak sekarang sampai jadwal UTBK berikutnya, kamu punya waktu satu tahun penuh untuk menyiapkan diri. Tanpa disela oleh tugas, PR, dan jadwal sekolah, harapannya persiapanmu membuahkan hasil yang manis.

Waktu satu tahun penuh tersebut dikenal juga dengan istilah gap year. Selain menyiapkan diri untuk UTBK berikutnya, kamu juga bisa mengerjakan hal lain selama masa gap year ini. Beberapa alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan misalnya bekerja, mengikuti kursus, mendalami hobi, bahkan merintis bisnis!

 

Menentukan Pilihan Terbaik

gagal sbmptn apakah bisa daftar di jalur mandiri
Photo by Sasha Freemind on Unsplash

Nah, udah enggak bertanya-tanya lagi jika tidak lulus SBMPTN bagaimana, kan? Sebenarnya ada beragam alternatif selain SBMPTN jika kita mau memandang proses masuk kuliah ini dengan pandangan dan pikiran yang lebih terbuka.

Namun jika masih bingung menentukan manakah pilihan terbaikmu, kamu bisa mengikuti konseling melalui aplikasi Aku Pintar. Pada fitur Konseling Pintar, kamu bisa mencurahkan kegalauanmu tentang masuk kuliah kepada psikolog. Perubahan tahapan hidup memang tak selalu mudah, bahkan dapat memicu rasa stres tersendiri. Kalau kamu bisa melalui tahapan perubahan itu tanpa drama dengan melakukan konseling, kenapa tidak?

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00

ArtikelTerkaitV3


Artikel Terkait

image article

Sudah Salah Jurusan, Harus Bagaimana? Ini 6 Alternatifnya

avatar penulis

deni purbowati

29 Juni 2022

Baca Selengkapnya
image article

5 Tips Menciptakan Suasana Nyaman di Meja Belajar

avatar penulis

deni purbowati

26 Januari 2019

Baca Selengkapnya
image article

Cara Registrasi Akun LTMPT SNMPTN 2022 dan SBMPTN 2022

avatar penulis

deni purbowati

18 Februari 2022

Baca Selengkapnya

CssBlog

metablog-web Portlet