CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Menarik Perhatian Siswa di Kelas

Menarik perhatian siswa saat mengajar supaya lebih fokus pada pelajaran

Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Tips membuat siswa tertarik ke pelajaran wajib dikuasai oleh guru. Jika siswa perhatian terhadap pelajaran, maka akan sangat membantu mereka untuk lebih fokus dalam belajar. perhatian , oleh Mochamad Surya,  secara umum perhatian dapat diartikan sebagai peningkatan aktivitas mental terhadap suatu rangsangan tertentu. Sedangkan dalam buku psikologi pendidikan,  Sumadi Suryabrata merumuskan perhatian sebagai:

1. Perumusan tenaga psikis tertuju pada satu objek.

2. Banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan.

Ada dua faktor utama yang mempengaruhi perhatian, yaitu faktor rangsangan dan faktor individu. Faktor rangsangan terdiri dari:

1. Intensitas atau kekuatan rangsangan

2. Daya tarik

3. Perubahan atau pergantian

4. Keteraturan

5. Suara yang tinggi

6. keterbiasaaan

7. Isyarat atau tanda

Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian dari aspek individu antara lain :

1. Minat

2. Kondisi fisik atau kesehatan

3. Motivasi

4. Kebutuhan perhatian

Setelah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat seseorang seperti disebutkan di atas, Guru Pintar dapat merancang strategi agar dapat menarik perhatian siswa. Menarik perhatian siswa dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu:

1. Melalui Metode Pembelajaran menarik perhatian siswa saat mengajar penting supaya siswa lebih antusias dalam belajar

Foto oleh mentatdgt dari Pexels

Cara guru menarik perhatian siswa adalah melalui pembelajaran yang menarik. Pembelajaran akan dapat menarik perhatian siswa jika menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Misalnya, bagaimana memulai pembelajaran, bagaimana menyampaikan materi pelajaran, bagaimana memberikan tugas, dan bagaimana menutup pembelajaran.

Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah terkesan di awal pelajaran,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Menyampaikan materi dan memberikan tugas pada siswa juga harus dirancang sedemikian rupa supaya siswa tetap perhatian dan tidak merasa bosan. Metode yang kreatif dan tidak monoton adalah cara membuat siswa tetap betah belajar meskipun di waktu-waktu yang tidak kondusif misalnya jam-jam akhir pelajaran. 

Bagaimana Guru Pintar menutup pelajaran juga turut berperan supaya siswa tetap perhatian. Di akhir pelajaran biasanya guru memberikan review atau kegiatan-kegiatan refleksi. Hal ini berguna supaya pelajaran yang disampaikan lebih melekat dalam hati dan pikiran siswa. Amat disayangkan jika siswa sudah fokus dari awal mengajar tetapi perhatiannya buyar di akhir pelajaran.

2. Melalui Media Pembelajaran


Foto oleh Thirdman dari Pexels

Konsep pembelajaran pusat perhatian salah satunya dapat dilakukan melalui penggunaan media mengajar atau media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat untuk membantu guru menyampaikan materi pelajaran sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa. Supaya media pembelajaran yang sudah Guru Pintar lancar berfungsi dengan baik, maka ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran, seperti:

1. Guru Pintar harus mengetahui dengan jelas media itu dipilih untuk tujuan apa

2. Pemilihan media pembelajaran harus objektif, bukan semata-mata karena Guru Pintar menyukainya atau sekedar selingan/hiburan saja.

3. Dalam memilih media pembelajaran harus didasarkan atas pertimbangan

untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa

4. Dalam memilih media dalam kegiatan belajar mengajar,  hendaknya dipilih secara tepat dengan melihat kelebihan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu

5. Sesuai dengan metode mengajar dan materi pelajaran

6. Guru mengenal betul ciri-ciri dan masing-masing media

7. Sesuai dengan kondisi fisik lingkungan siswa.

Media yang memenuhi prinsip-prinsip di atas akan dapat membuat siswa antusias memahami pelajaran. Dengan demikian tujuan dari pembelajaran akan tercapai secara optimal.

3. Melalui Personal


Foto oleh Yan Krukovdari Pexels

Personal dari Guru Pintar juga menentukan apakah siswa perhatian atau tidak terhadap pelajaran yang diajarkannya. Guru yang disukai siswa pasti akan diperhatikan oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus memiliki kepribadian dan jiwa sosial yang baik. Supaya Guru Pintar dapat menarik perhatian siswa secara personal, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain seperti berikut ini:

1. Bersikap ramah dan hangat

2. Sabar, tidak mudah emosi

3. Perhatian terhadap siswa

4. Tegas dalam bertindak

5. Berpenampilan rapi dan menarik

Demikianlah 3 cara menarik perhatian siswa di kelas. Yuk, dicoba!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog