CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Agar Guru Tetap Energik Saat Mengajar

Guru penuh semangat mengajar, siswa penuh semangat belajar

Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Sosok guru yang energik dan andal adalah guru yang disukai oleh para siswa. Hukum timbal balik ini berlaku juga di dalam kelas. Jika guru penuh semangat mengajar, maka siswa juga akan bersemangat dalam belajar. Oleh karena itu, Guru Pintar harus dapat tampil prima sehingga dapat menyelenggarakan pendidikan yang menarik sekaligus bermakna.

Cara agar mengajar penuh semangat dan selalu tampil prima saat mengajar, Guru Pintar dapat melakukan tips-tips berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh


Foto oleh Ketut Subiyanto dari pexels

Mengajar energik untuk guru dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Jika Guru Pintar dalam keadaan lemah, letih, dan lesu, maka akan sangat mempengaruhi performa saat mengajar di dalam kelas. Hal ini secara otomatis akan menular kepada siswa sehingga siswa juga akan merasa tidak bergairah dalam mengikuti pelajaran. 

Tips menjaga kebugaran untuk guru sekaligus menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain seperti di bawah ini:

a. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Guru energik identik dengan guru yang sehat. Supaya tubuh selalu sehat, dibutuhkan asupan gizi yang mencukupi dari makanan yang Guru Pintar konsumsi. Menu makanan yang Guru Pintar konsumsi harus seimbang kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan juga mineral. Memperbanyak makan buah dan sayur dan membatasi asupan karbohidrat dan juga gula sangat membantu Guru Pintar tetap sehat dan jauh dari segala penyakit  

b. Berolahraga

Siapa yang tidak tahu bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar dibutuhkan olahraga. Guru Pintar dapat menjadwalkan olahraga ringan setiap hari sehingga tubuh tetap sehat dan bugar. Tidak perlu pergi ke Gym setiap hari, ya. Guru Pintar dapat berolahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, senam, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

c. Minum air putih yang cukup

Supaya tubuh yang sehat dan bugar membutuhkan asupan air yang cukup. Guru Pintar dapat minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas per hari, untuk membuat sirkulasi dan aneka proses yang berlangsung dalam tubuh menjadi seimbang. 

d. Istirahat yang cukup

Kurang tidur akan membuat badan lesu dan loyo. Oleh karena itu, Guru Pintar harus pandai-pandai mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai tubuh diforsir terlalu keras sehingga tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat. 

2. Menjaga Mood

guru yang energik akan membuat siswa bersemangat belajar di sekolah
Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Guru yang baik harus mampu membangun mood. Jangan biarkan hal kecil yang sepele membuat mood Guru Pintar rusak dan berpengaruh pada kegiatan pembelajaran. Supaya Mood selalu terjaga dengan baik, Guru Pintar dapat melakukan hal-hal berikut ini:

a. Selalu berpikiran positif

b. Hindari hal-hal atau orang-orang yang toxic yang dapat merusak mood

c. Berikan afirmasi positif pada diri sendiri setiap hari

3. Persiapkan pembelajaran dengan matang


Foto oleh Anastasia Shuraeva dari Pexels

Salah satu tips supaya guru tetap bersemangat dalam mengajar adalah memiliki persiapan yang matang. Selain persiapan diri pribadi seperti kesehatan dan kebugaran tubuh dan mood yang baik, performa mengajar di kelas juga dipengaruhi oleh siap atau tidaknya Guru Pintar dalam mengajar. Ketika Guru Pintar sudah mempersiapkan segala administrasi mengajar, media mengajar, dan menguasai konsep pelajaran yang akan diberikan pada siswa, maka tidak ada alasan bagi Guru Pintar untuk tidak bergairah dalam mengajar. 

Oleh karena hal tersebut di atas, Guru Pintar wajib merancang pembelajaran yang menarik. Pilih teknik mengajar yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa. keterampilan membuka dan menutup pelajaran juga dapat membuat siswa antusias dalam belajar, maka persiapkan dengan sebaik-baiknya.

4. Kenakan pakaian yang nyaman


Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Ternyata apa yang kita kenakan dapat mempengaruhi perasaan dan motivasi dalam beraktivitas. Pastikan Guru Pintar mengenakan pakaian yang disukai dan juga nyaman tentunya. Hal ini dapat membawa pesan positif dan juga membangun rasa percaya diri. 

Baca juga: 5 Jurus Ampuh Guru Tampil Percaya Diri

5. Senyum dan gunakan gesture


Foto oleh Arthur Krijgsman dari Pexels

Guru bersemangat belajar akan membuat siswa turut bersemangat dalam belajar pula. Tunjukkan antusiasme dan semangat Guru Pintar saat mengajar dengan ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan juga posisi saat mengajar. Senyum merupakan salah satu ekspresi yang wajib Guru Pintar tunjukkan. Senyum tidak hanya dapat membuat orang lain, pada hal ini adalah siswa, merasa nyaman, tetapi juga sangat berguna bagi Guru Pintar untuk mengirimkan pesan dalam diri untuk merasa senang dan bahagia. Posisi tubuh yang ditunjukkan oleh guru yang energik biasanya berjalan menghampiri siswa atau berjalan dari satu sudut kelas ke tempat lain supaya siswa tidak bosan. Gerakan tangan, pandangan mata, dan gerakan tubuh lainnya akan membantu memberikan pesan energik dan penuh semangat. Tentu saja jangan berlebihan karena malah akan membuat siswa terpecah konsentrasinya. Tetapi jangan juga mengajar dengan duduk di kursi guru mulai dari awal pelajaran sampai akhir pelajaran.

Demikianlah Guru Pintar tips untuk selalu energik dalam mengajar di kelas. Selamat mencoba!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog