APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Tepat Jawab Structure TOEFL di Soal Bahasa Inggris

Pelajari apa saja materi dan soal struktur kalimat Bahasa Inggris dalam TOEFL.

Photo by Angelina Litvin on Unsplash

Soal structure TOEFL itu juaranya bikin mumet. Ya ga, Sobat Pintar? Siapa nih, yang tiap liat judul besar bertuliskan Structure and Written Expression rasanya mata seketika berkunang-kunang?

Tenang, Sobat. Kamu bukan satu-satunya orang yang mengalaminya. Kalau sekarang kamu lagi belajar TOEFL, terutama latihanan TOEFL structure, pas banget, nih. Kita belajar yuk, gimana cara menjawab soal TOEFL structure dengan tepat.

 

TOEFL iBT versus PBT

cara menjawab soal toefl structure
Photo by freestocks on Unsplash

Sebelum membahas tentang Structure and Written Expression dalam TOEFL, kamu perlu tau terlebih dahulu tentang TOEFL iBT dan TOEFL PBT. Nah, apaan tuh?

TOEFL iBT (Internet-Based Test) adalah format TOEFL yang terdiri dari empat bagian yakni Listening, Reading, Speaking, dan Writing. Skor TOEFL iBT berkisar antara 0 sampai 120, dengan skor maksimum setiap bagian adalah 30. Sementara itu, TOEFL PBT (Paper-Based Test) biasanya digunakan dalam tes tanpa akses internet. TOEFL PBT juga terdiri dari empat bagian, yaitu Listening, Structure and Written Expression, Reading, dan Writing. Skor TOEFL PBT berkisar antara 310 sampai 677, dengan skor maksimum setiap bagian adalah 68-69.

Umpamanya kamu mau mengikuti TOEFL PBT nih, untuk mencapai skor TOEFL 400 harus betul berapa? Sebenarnya tidak ada jumlah pasti atau persentase tertentu dari jawaban benar, Sobat Pintar. Asal kamu tau, skor TOEFL dihitung dengan menggunakan metode statistik yang kompleks, dan perhitungan skor melibatkan berbagai faktor seperti tingkat kesulitan setiap butir soal maupun kinerja relatif peserta lain yang telah mengambil tes. Itulah sebabnya, sulit menyebut jumlah pasti jawaban yang benar agar kamu dapat mencapai skor tertentu. Kamu juga harus tau bahwa TOEFL PBT sudah tak lagi digunakan di beberapa negara sejak April 2021.

 

Mengenal Soal Structure dalam TOEFL

structure and written expression
Photo by Element5 Digital on Unsplash

Mungkin kamu jadi bertanyea-tanyea, nih. Emangnya materi structure TOEFL apa saja? Udah gitu, ada berapa bagian structure TOEFL?

Jika latihan TOEFL Structure and Written Expression, kamu akan mendapati soal-soal tentang pemilihan kata yang tepat, struktur kalimat, hubungan kata, dan tata bahasa umum. Salah satu bagian dalam TOEFL PBT ini memang menguji pemahaman kita dalam tata bahasa dan struktur kalimat. Dalam TOEFL structure test ini, biasanya kamu akan mendapati subbagian berikut.

1. Error Recognition

Di subbagian ini, kita mendapati soal-soal berupa kalimat atau potongan kalimat yang mengandung satu atau lebih kesalahan tata bahasa. Cara jawab soal structure TOEFL ini adalah dengan mengidentifikasi di mana kesalahan tersebut terjadi, seperti subject-verb agreement, penggunaan pronoun yang tepat, pemilihan kata yang tepat, kesalahan irregular verbs, dan lain sebagainya.

2. Sentence Completion

Pada subbagian ini, kita menjumpai soal-soal berupa kalimat yang tidak lengkap, dan ada satu atau lebih slot kosong yang perlu diisi dengan kata atau frasa yang tepat secara tata bahasa. Cara menjawab soal TOEFL structure ini adalah dengan memilih jawaban yang paling sesuai untuk melengkapi kalimat dengan struktur yang benar.

3. Sentence Improvement

Subbagian ini menghadapkan kita pada soal-soal berupa kalimat yang mengandung kesalahan tata bahasa. Cara jawab soal structure TOEFL ini adalah dengan memilih jawaban yang paling baik untuk memperbaiki kesalahan tersebut dan membuat kalimat menjadi lebih benar secara tata bahasa.

Dari penjabaran subbagian-subbagian di atas, kamu bisa melihat kan, Sobat, bahwa pemahaman kita tentang tata bahasa Inggris yang baik dan kemampuan untuk mengenali kesalahan tata bahasa serta memperbaikinya itu sangat dibutuhkan. Makanya, jangan capek latihan TOEFL structure, ya!

 

Materi Belajar Structure TOEFL

cara jawab soal structure TOEFL
Photo by Avery Evans on Unsplash

Latihan soal memang perlu dirutinkan, tetapi jangan sampai kelupaan belajar structure TOEFL, Sobat. Titik Nol English Course merekomendasikan empat materi penting di bawah ini yang wajib kamu kuasai biar lancar, fafifu wasweswos, ngerjain TOEFL structure test.

1. Part of Speech

Materi part of speech meliputi noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjunction, dan interjection. Menguasai materi ini penting, khususnya agar kamu dapat menyelesaikan soal structure TOEFL tentang error recognition maupun sentence completion.

2. Phrase

Dalam Bahasa Inggris, ada beberapa frasa yang harus kamu kenali yaitu noun phrase, adverbial phrase, verb phrase, gerund phrase, dan infinitive phrase. Mengenal frasa ini penting banget, terutama saat kamu dihadapkan pada soal structure TOEFL tentang sentence completion dan improvement.

3. Sentence and Clause

Pada dasarnya Bahasa Inggris mengenal empat jenis struktur kalimat, yakni simple sentence, compound sentence, complex sentence, dan compound complex sentence. Dalam tiga jenis kalimat terakhir, terdapat klausa atau anak kalimat yang dihubungkan dengan conjunction. Iya, belajarnya nyambung sama part of speech tuh, Sobat. Dengan kata lain, semakin baik Bahasa Inggris kita, semakin baik pula kemampuan kita untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa dalam setiap soal structure TOEFL.

4. Tense

Kamu sudah kenal luar dalam sama 16 tenses dalam Bahasa Inggris, Sobat Pintar? Kalau udah ikrib sama semua tenses itu, hampir bisa dipastikan kamu takkan mengalami kesulitan yang berarti saat mengikuti TOEFL structure test.

 

Contoh Soal Structure TOEFL

Hayo, ngarep atau ngarep banget nih, ngedapetin contoh soal structure TOEFL? Ya udah, ini dia contoh soal TOEFL structure dan jawabannya buat kamu, Sobat.

1. Choose the option that best completes the sentence.

The students were excited _______ the upcoming field trip.

A. about

B. for

C. to

D. on

Jawaban: A

Penjelasan:

Dalam kalimat tersebut, kata yang tepat untuk melengkapi adalah 'about.' Dalam konteks ini, kata 'excited' diikuti oleh preposisi 'about' untuk menunjukkan tentang apa atau mengapa para siswa merasa gembira. Pilihan jawaban A adalah preposisi yang tepat dalam konteks ini.

2. Choose the option that best completes the sentence.

I wish I _______ more time to spend with my family.

A. have

B. had

C. have had

D. will have

Jawaban: B

Penjelasan:

Dalam kalimat tersebut, kata yang tepat untuk melengkapi adalah 'had.' Ungkapan 'I wish I had' digunakan untuk menyatakan keinginan atau penyesalan terhadap sesuatu yang tidak terjadi di masa lalu. Dalam konteks ini, penutur ingin mengungkapkan keinginannya untuk memiliki lebih banyak waktu dengan keluarganya di masa lalu. Pilihan jawaban B adalah bentuk kata kerja yang tepat dalam kondisi yang menyatakan keinginan atau penyesalan di masa lalu.

Mau contoh soal TOELF lagi, Sobat Pintar? Udahan deh, contohnya. Langsung aja ikutan TOEFL ITP Prediction Test, gih! Enggak cuma sekalian latihan TOEFL structure, Prediction Test bakal kasih kamu simulasi pengalaman nyata bagaimana rasanya mengikuti TOEFL yang sebenarnya. Tes ini juga bisa memprediksi berapa kira-kira skor TOEFL yang akan kamu peroleh nanti, entah di internet-based atau paper-based test.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
Ini penting banget ya?
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog