APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

15 Contoh Curriculum Vitae Terbaru Untuk Lulusan SMA, Lulusan SMK, dan Guru

Ketahui beragam CV sesuai kebutuhanmu.

Photo by João Ferrão on Unsplash

Contoh CV dapat ditemukan dengan mudah di berbagai media. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai tips dan trik bagaimana cara menyusun Curriculum Vitae yang benar dan menarik. Tinggal kamunya sendiri, Sobat Pintar, yang menentukan bakalan seperti apa CV-mu nanti.

Pada dasarnya, selama mengikuti penulisan Bahasa Indonesia yang baku dan efektif, atau bahasa asing dengan gramatikanya masing-masing, kita pasti dapat menyusun CV yang baik dan benar. Yang penting, kita enggak lupa mencantumkan poin-poin penting yang harus ada dalam CV. Makanya, jangan lagi bertanya ya, CV yang bagus itu seperti apa?

 

Yang Harus Ada dalam Curriculum Vitae

contoh curriculum vitae lulusan sma
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Kenapa sebaiknya kita ga ngabisin waktu dan tenaga buat mengulik soal CV yang bagus itu seperti apa? Habisnya, Curriculum Vitae yang menarik itu sangat relatif, Sobat. CV yang diterima dengan baik oleh satu industri belum tentu mendapatkan penerimaan yang baik pula oleh industri yang lain. Misalnya, CV anak kreatif bakal dianggap acak-acakan oleh instansi pemerintah. Sebaliknya, Curriculum Vitae yang benar menurut Dinas, Kementerian, atau lembaga pemerintah tertentu akan dipandang tidak menarik bagi industri kreatif.

Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali lingkup pekerjaan yang dilamar sebelum kita menyusun dan mengirimkan CV. Pelajari juga apa saja yang harus dicantumkan dan sebaiknya tidak dicantumkan dalam CV. Kamu sempat mempelajari bagaimana cara membuat Curriculum Vitae? Bila ada kesempatan itu, manfaatkan sebaik-baiknya, Sobat!

Terakhir, pastikan kamu enggak sampai ketinggalan poin-poin penting di bawah ini dalam CV-mu. Mau tau Curriculum Vitae itu isinya apa aja?

1. Informasi pribadi, meliputi nama lengkap, alamat, nomor telepon, alamat email, dan informasi kontak lainnya

2. Ringkasan profil, berupa paragraf singkat yang menjelaskan profil profesionalmu, keahlian khusus, dan tujuan karirmu

3. Pendidikan, berupa daftar pendidikan formalmu, dimulai dari pendidikan tinggi terakhir yang diikuti, sertakan institusi pendidikan, gelar yang diperoleh, dan tanggal kelulusan

4. Pengalaman kerja, berupa daftar pengalaman kerja terkait yang relevan dengan posisi yang dilamar, cantumkan nama perusahaan, jabatan, tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan, serta tanggung jawab dan prestasi yang relevan

5. Keterampilan, sebutkan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar, baik keterampilan teknis, bahasa asing, atau keterampilan interpersonal, jelaskan tingkat keahlianmu pada tiap keterampilan tersebut

6. Prestasi, sebutkan penghargaan, sertifikat, publikasi, atau prestasi lain yang menonjol dalam karir atau pendidikanmu

7. Aktivitas ekstrakurikuler, sebutkan partisipasi dalam organisasi, kegiatan sukarela, atau proyek lain di luar pekerjaan atau pendidikan formal, jika ada, yang menunjukkan keterampilan atau kepemimpinan yang relevan

8. Publikasi dan presentasi, jika kamu memiliki publikasi ilmiah, artikel, makalah konferensi, atau presentasi, cantumkan judul, nama jurnal/konferensi, dan tanggal publikasi/presentasi

9. Referensi, berikan nama dan kontak beberapa orang yang bersedia memberikan referensi mengenai kemampuan dan kualitas kerjamu, pastikan kamu telah meminta izin mereka sebelum mencantumkannya dalam CV.

 

Contoh CV Lamaran Kerja

contoh curriculum vitae lulusan smk
Photo by cottonbro studio on Pexels

Sekali lagi, CV yang baik dan benar cenderung relatif, tergantung kamunya sendiri dan tempat kamu melamar kerja. Namun sebagai referensi, berikut beberapa contoh Curriculum Vitae yang bisa dijadikan sontekan, Sobat Pintar.

Contoh Curriculum Vitae

Ada beberapa contoh Curriculum Vitae sederhana yang bisa kamu jadikan sontekan saat melamar kerja. Mungkin kamu pernah menjumpai contoh CV seperti di bawah ini.


Sumber: dailysocial.id


Sumber: dailysocial.id


Sumber: www.merdeka.com


Sumber: www.merdeka.com


Sumber: lumina.mba

Contoh Curriculum Vitae Lulusan SMA

Bagaimana kalau kamu pengin melamar kerja setelah lulus sekolah, Sobat? Ini dia, beberapa contoh Curriculum Vitae lulusan SMA.


Sumber: www.tanpakoma.com


Sumber: www.tanpakoma.com

Contoh Curriculum Vitae Lulusan SMK

Bagaimana kalau buat lulusan SMK? Pada dasarnya CV untuk lulusan SMK tidak berbeda dengan CV untuk lulusan SMA, tetapi biasanya alumni SMK lebih tertarik untuk bekerja di industri yang sesuai dengan bidang keahliannya. Nah, kamu bisa menonjolkan kemampuanmu di bidang tersebut, Sobat. Ini dia contoh Curriculum Vitae lulusan SMK.


Sumber: www.tanpakoma.com


Sumber: www.bikincv.com


Sumber: www.bikincv.com


Sumber: www.bikincv.com


Sumber: www.bikincv.com


Sumber: www.bikincv.com

Contoh Curriculum Vitae Guru

Kali aja kamu penasaran juga, CV guru itu seperti apa. Nah, di bawah ini contoh curriculum vitae guru, Sobat.


Sumber: www.cakeresume.com


Sumber: www.cakeresume.com

Dari berbagai contoh CV lamaran kerja di atas, kamu enggak harus memilih salah satunya, Sobat Pintar. Sekali lagi, sebuah CV ditentukan oleh pengirim dan latar belakang pendidikan atau keahlian/kompetensinya serta bidang atau industri yang menjadi tujuan CV tersebut. Mungkin kamu mau mengombinasikan beberapa contoh CV di atas sekaligus, Sobat?

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog