redesain-navbar Portlet

Blog

photo via dynasis.com

Cyber Security, Jurusan dengan Profesi yang Dibutuhkan Masa Depan

Cari Tahu Jurusanmu

Tentunya kamu cukup sering mendengar, atau bahkan mengikuti, tentang maraknya hoax atau berita palsu belakangan ini. Desas desus yang menimbulkan keresahan masyarakat bukan satu-satunya masalah tindak kejahatan yang dilakukan didunia maya atau cyber crime. Masih ada cyber crime berupa hate speech atau ujaran kebencian, penipuan lelang online, pencurian data, penipuan identitas, website defacement, carding atau penipuan kartu kredit, pornografi anak, confidence fraud, pemalsuan cek, dan masih banyak lagi. Disinilah tenaga-tenaga ahli dibidang Cyber Security dibutuhkan.

 

Virtual Hero

Sebenarnya tak dibutuhkan jiwa kepahlawanan yang aduhai untuk menggeluti bidang Cyber Security. Tapi memang kejahatan didunia maya di Indonesia meningkat cukup tajam, melebihi kuantitas dan kualitas kejahatan didunia nyata. Virus komputer sebelumnya memang lebih banyak lahir di Amerika Serikat, negara-negara Eropa, Jepang, India, atau Australia. Akan tetapi, diperkirakan negara-negara berkembang termasuk Indonesia akan segera menyusul menjadi episentrum virus komputer dimasa datang.

Disisi lain, perkembangan teknologi dan globalisasi komunikasi berbasis Teknologi Informasi terus mengalami peningkatan. Misalnya saja, semakin banyak penyedia layanan internet di Indonesia, gadget murah juga semakin menjamur, dan semakin banyak orang yang terlibat didunia maya dengan beragam level pengetahuan tentang Teknologi Informasi. Tak pelak, perusahaan nasional maupun multinasional membutuhkan tenaga Cyber Security untuk menjaga data penting perusahaan dari setiap kemungkinan serangan cyber crime.

 

Peluang Kerja Cyber Security

Tenaga Cyber Security jelas-jelas semakin dibutuhkan dimasa mendatang. Di Amerika Serikat, lowongan kerja tenaga Cyber Security meningkat enam kali lipat dalam 4 tahun. Gaji seorang Cyber Security juga rata-rata 9% lebih tinggi dibanding profesi lain dibidang Teknologi Informasi. Meskipun mungkin berbeda halnya di Indonesia, kamu masih bisa menjajaki beberapa profesi Cyber Security berikut ini:

  • Security Consultant

Seorang  Security Consultant menawarkan solusi keamanan perusahaan, mulai dari menemukan cara paling efektif untuk melindungi jaringan dan perangkat lunak hingga melakukan analisis risiko dan pengujian.

  • Security Engineer

Berposisi sebagai karyawan tingkat menengah, Security Engineer bertugas membangun dan memelihara sistem keamanan perusahaan, mencakup pemasangan firewall, pengujian keamanan, ataupun pengembangan skrip automasi untuk menguji keamanan dan melacak insiden.

  • Security Architect

Berposisi sebagai karyawan senior, Security Architect bertugas meriset, mendesaian, dan mengimplementasikan rancangan keamanan yang tangguh. Seorang Security Architect juga mengawasi keamanan jaringan komputer perusahaan.

  • Insident Responder

Seorang Insident Responder adalah sosok yang harus bertindak digaris depan saat terjadi insiden keamanan. Profesi ini juga bertanggung jawab melakukan edukasi tentang pencegahan terjadinya insiden keamanan.

  • Spesialis Forensik Komputer

Tugas seorang Spesialis Forensik Komputer mirip seperti tugas seorang detektif. Bila ini profesimu, kamu akan mengakses dan menganalisis bukti, mulai dari perangkat penyimpan data, komputer, hingga jaringan.

  • Penetration Tester

Seorang Penetration Tester sering juga disebut sebagai hacker legal. Penetration Tester bertugas mencari celah keamanan sistem kemudian menganalisisnya.

  • Security Analist

Tugas seorang Security Analist mencakup merencanakan, mengimplementasikan, menganalisis risiko, melakukan audit eksternal dan internal, hingga melakukan koordinasi rencana keamanan dengan pihak ketiga. Pada intinya, Security Analist bertugas mendeteksi dan mencegah ancaman cyber.

  • Security Software Developer

Bisa ditebak dari namanya, bila berprofesi sebagai seorang Security Software Developer, tugasmu adalah mengembangkan perangkat lunak keamanan serta mengintegrasikannya kedalam sistem.

  • Security Auditor

Bila kamu seorang Security Auditor, tugasmu adalah memeriksa efektivitas sistem keamanan. Bila diperlukan, kamu juga harus dapat memberikan solusi peningkatan sistem.

 

Selain kemampuan Teknologi Informasi yang diperoleh selama kuliah di Jurusan Cyber Security, diperlukan karakter yang suka menganalisis, melakukan riset, dan memecahkan masalah untuk mendalami setiap profesi di atas. Nah, bila kamu memiliki karakter tersebut serta passion dibidang Teknologi Informasi, khususnya pada Cyber Security, kamu bisa belajar di Universitas Bina Nusantara, Universitas Budi Luhur, ataupun universitas-universitas yang lain.

Lebih masukan Blog

Budidaya Perairan - Memilih dan Memilah

Kamu memiliki minat khusus pada kehidupan air? Atau memang sudah berkecimpung dalam dunia...

Warna Warni Dunia Fashion di Jurusan Fashion Design

Coba lihat kertas di hadapanmu. Sudah berapa desain pakaian yang telah kamu hasilkan? Coba...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line