PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via capecodfivefoundationminigrants.org

Warna Warni Dunia Fashion di Jurusan Fashion Design

Cari Tahu Jurusanmu

Coba lihat kertas di hadapanmu. Sudah berapa desain pakaian yang telah kamu hasilkan? Coba ingat-ingat lagi, seberapa sering kamu membantu teman-temanmu memadu padan baju-baju mereka? Dan apakah Tex Saverio adalah salah satu tokoh yang inspiratif buatmu? Bila jawabanmu adalah iya untuk semua pertanyaan tersebut, barangkali panggilan jiwamu memang ada pada Jurusan Fashion Design.

 

Jurusan Fashion Design

Jurusan Fashion Design dikenal juga sebagai Jurusan Desain Mode. Tapi kamu tak hanya belajar tentang teknik desain baju, celana, atau rok dijurusan ini. Hampir setiap produk fashion yang bersifat ready to wear, seperti topi, selendang, sepatu, bahkan tas, terlahir dari karya tangan orang-orang Fashion Design.

Karenanya, dibutuhkan kreativitas dan kemampuan artistik yang cukup tinggi untuk menekuni bidang Desain Mode agar kamu bisa menghasilkan rancangan yang bagus, unik, dan fungsional dengan menggunakan berbagai jenis bahan atau tekstil. Bila diperlukan, kamu juga akan menciptakan, tak sekedar mencari dan memilih, bahan untuk suatu produk fashion. Tak heran, kuliah di Jurusan Fashion Design bisa jadi sama mahalnya dengan kuliah di Jurusan Arsitektur ataupun Fakultas Kedokteran.

Nah, bila kamu siap dengan konsekuensinya, berikut ini beberapa kampus di dalam negeri dengan reputasi didunia Fashion atau Mode:

  • ESMOD Jakarta
  • LaSalle College Internationalle
  • Raffles Institute of Higher Education
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Ciputra
  • Bunka School of Fashion
  • Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budiharjo
  • Akademi Seni Rupa dan Desain (ASRIDE) ISIWI

Tentunya, tak tertutup kemungkinan bila kamu ingin mengejar mimpimu untuk belajar Fashion Design di luar negeri. Kelebihan sekolah di luar negeri ialah kamu bisa mengikuti program magang di perusahaan fashion, majalah fashion, atau desainer ternama sambil membangun koneksimu. Beberapa universitas yang memiliki program Fashion Design di luar negeri antara lain:

  • Sheffield Hallam University di Inggris
  • Otis College of Art and Design di Amerika
  • Studio Bercot di Perancis
  • Istituto Marangoni di Italia

 

Ragam Profesi Didunia Fashion/ Mode

Mahasiswa dan alumni Jurusan Fashion Design memiliki prospek kerja yang tak terbatas pada profesi Fashion Designer atau perancang busana. Bahkan dengan keterampilannya berkomunikasi dan bekerjasama dalam menciptakan suatu produk mode, seorang alumnus Fashion Design bisa meniti karir dibidang public relation ataupun e-commerse. Dan berikut ini beberapa profesi yang sering digeluti oleh alumni Fashion Design.

  • Fashion Designer – merancang busana yang bersifat eksklusif maupun massal, dan dengan produk yang bisa dijual secara offline maupun online.
  • Fashion Merchandising – mengkalkulasi daya beli pasar dan memastikan ketersediaan produk untuk didistribusikan pada waktu yang tepat.
  • Fashion Buying – memprediksi produk fashion yang akan populer sebelum tren tersebut muncul dimedia.
  • Fashion Marketing – menciptakan tren fashion baru dan menyebarkannya secara strategis hingga produk fashion laku dipasaran.
  • Fashion Production and Management – memantau kualitas produk fashion dengan memeriksa kebutuhan pasar, pemilihan bahan, proses produksi, hingga produk fashion tiba ditangan pembeli.
  • Penulis Fashion – tak harus menjadi jurnalis yang menulis artikel fashion untuk media, profesi ini juga mencakup fashion blogger.

 

Bila seorang Fashion Merchandising, Fashion Buying, Fashion Marketing, hingga Fashion Production and Management seringkali mengharuskannya bekerja pada sebuah perusahaan, department store, atau bisnis fashion yang lain, Fashion Designer dan Penulis Fashion bisa memilih untuk bekerja mandiri. Demikian pula halnya dengan Fashion Stylist dan Make Up Artist. Asyiknya berkecimpung didunia fashion adalah kebebasanmu untuk memilih cara kerja yang sesuai dengan style-mu. Atau, barangkali kamu bercita-cita untuk membuat dan mengembangkan merk fashion-mu sendiri? Jadi, kenapa tidak mengawali langkahmu dari Jurusan Fashion Design?

Lebih masukan Blog

Cyber Security, Jurusan dengan Profesi yang Dibutuhkan Masa Depan

Tentunya kamu cukup sering mendengar, atau bahkan mengikuti, tentang maraknya hoax atau berita...

Serba-Serbi 3 Jurusan Fisika

Fisika sering menjadi pelajaran horor buat banyak siswa, tapi juga tetap ada saja yang...

Menambah Komentar

giltestigaenam giltestigaenam 11 Bulan Lalu

dasdadas

Harap sign in untuk melanjutkan.
YY
Yoenatasyamaulida Yoenatasyamaulida 8 Bulan Lalu
Right
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru