redesain-navbar Portlet

null

Blog

D3 Keperawatan dan Keperawatan Gigi: Poltekkes Kemenkes Semarang

Keperawatan merupakan jurusan kuliah kesehatan yang masih dinomorduakan.

Keperawatan dan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang, image via www.youtube.com

Sobat Pintar adakah yang bercita-cita menjadi perawat? Salah satu profesi dibidang kesehatan ini tak kalah pentingnya dibanding dokter. Tapi tak harus kuliah dijenjang Sarjana seperti dokter, seorang perawat dapat menempuh pendidikannya pada program Diploma (D3).

Berbeda dari jenjang Sarjana, kuliah pada program Diploma masih terbilang kurang populer. Tapi bagi sebagian orang, pilihan D3 bisa menjadi batu loncatan untuk melanjutkan kejenjang Sarjana. Dan untuk program Diploma Keperawatan, salah satu Politeknik Kesehatan yang cukup populer adalah Poltekkes Kemenkes Semarang.

 

Salah Satu Poltekkes Kemenkes Terbaik

Poltekkes Kemenkes Semarang merupakan bagian dari klaster terbaik Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) pada Kementerian Kesehatan. Poltekkes Kemenkes Semarang juga menjadi bagian dari 15 politeknik terbaik menurut Kemenristekdikti.

Selain itu, Prodi Keperawatan dan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Patut dipertimbangkan untuk Sobat Pintar yang ingin belajar Keperawatan, bukan?

 

Poltekkes dengan Kampus-Kampus Terpisah

Poltekkes Kemenkes Semarang memang berada di Semarang – tepatnya di kawasan Banyumanik, Kota Semarang. Di kampus ini terdapat Jurusan Keperawatan dan Keperawatan Gigi.

Tapi tahukah Sobat, kampus Poltekkes Kemenkes Semarang juga terdapat di kota-kota lain di Jawa Tengah. Khusus untuk Jurusan Keperawatan, poltekkes ini juga memiliki kampus terpisah di Pekalongan, Purwokerto, dan Magelang.

Wah, banyak juga kampusnya ya, Sobat? Poltekkes Kemenkes Semarang memang merupakan gabungan dari 11 Akademi Kesehatan di Jawa Tengah. Akademi Kesehatan sendiri merupakan bagian dari Departemen Kesehatan. Jadi ketika bergabung, akademi-akademi tersebut menjadi politeknik kesehatan yang berada dibawah Kementerian Kesehatan.

 

Jurusan Keperawatan dan Keperawatan Gigi

Sebagai bagian dari Fakultas Keperawatan, D3 Keperawatan merupakan jurusan pertama yang berdiri pada tahun 2001 – pada tahun yang sama berdirinya Poltekkes Kemenkes Semarang. For your information, D4 Keperawatannya baru berdiri enam tahun kemudian, tepatnya pada 2007.

Selain Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang di kampus Semarang juga punya Jurusan Keperawatan Gigi. Jurusan ini pada mulanya didirikan untuk memenuhi kebutuhan perawat pendamping dokter gigi. It was long time ago in 1984, Sobat.

Cikal bakal Jurusan Keperawatan Gigi bermula sebagai Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG). Kemudian pada tahun 1988, sekolah ini berganti nama menjadi Akademi Kesehatan Gigi Semarang.

 

Biaya Kuliah Keperawatan dan Keperawatan Gigi

Biaya merupakan faktor pembeda kuliah Keperawatan dan Kedokteran yang cukup mencolok. Di Poltekkes Kemenkes Semarang, SPP per semester D3 Keperawatan sebesar Rp6.000.000,00. Sedangkan untuk D3 Keperawatan Gigi, SPP per semesternya sebesar Rp4.500.000,00.

Selain dana Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Semarang juga harus menyiapkan dana Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM) sebesar Rp400.000,00. Dana kelengkapan pribadi untuk seragam dan jas almamater juga perlu disiapkan, masing-masing sebesar Rp1.600.000,00 dan Rp350.000,00.

Perlu dicatat, besaran biaya diatas masih mungkin mengalami perubahan. Setidaknya Sobat Pintar dapat menggunakannya sebagai acuan perkiraan.

 

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Sama seperti seleksi masuk PTN yang bisa dilalui dengan SNMPTN, SBMPTN, atau Seleksi Mandiri, seleksi masuk poltekkes juga dilakukan melalui beberapa jalur berbeda. Jalur pertama adalah Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) yang mirip dengan SNMPTN. Disini, nilai rapor dan prestasi non-akademis digunakan sebagai acuan seleksi.

Seleksi mahasiswa baru pada cara kedua, mirip dengan SBMPTN, yaitu jalur Umum dengan ujian tulis. Sedangkan pada jalur Mandiri, proses seleksi menggunakan tes dengan komputer atau Computer Based Test (CBT).

 

Jadwal dan Biaya Penerimaan Mahasiswa Baru

Untuk tahun akademik 2020/2021, pendaftaran online jalur PMDP Poltekkes Kemenkes Semarang dijadwalkan berlangsung pada 27 Januari hingga 21 Februari 2020. Sementara untuk jalur Umum atau seleksi bersama seluruh Poltekkes Kemenkes se-Indonesia, jadwal pendaftaran online yaitu 14 Februari hingga 13 April 2020.

Pendaftaran online jalur Mandiri dijadwalkan pada 26 Mei hingga 9 Juli 2020. Tapi bila kuota sudah penuh, pendaftaran dapat ditutup sebelum tenggat jadwal tersebut.

Biaya seleksi jalur Umum dan Mandiri pada jenjang D3, bila tak ada perubahan, untuk satu pilihan jurusan sebesar Rp125.000,00 dan Rp150.000,00 untuk dua pilihan jurusan. Jalur PMDP hanya memperbolehkan satu pilihan jurusan, dengan biaya yang sama.

 

Poltekkes Kemenkes Semarang tercatat menyediakan beasiswa Bank BTN, Gakin, dan siswa berprestasi. Bagaimana bila masih ada kesulitan biaya kuliah? No worries, Sobat. Bantuan pinjaman biaya belajar juga bisa diperoleh melalui Dana Pintar. So, are you ready to be a nurse?

100

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp