redesain-navbar Portlet

null

Blog

Dari Pertamina: Beasiswa 2020 dimasa Pandemi untuk Mahasiswa

Bantuan biaya sangat membantu kelangsungan pendidikan, khususnya dimasa sulit.

Beasiswa 2020 untuk Mahasiswa, image credit Nick Morrison

Siapa sih, yang tak ingin kuliah dengan beasiswa S1 2020? Apalagi dalam situasi ekonomi seperti sekarang ini, beasiswa untuk kuliah tentu sangat meringankan beban keluarga. Belum lagi angka-angka UKT yang terus melambung di berbagai kampus, yang rasa-rasanya semakin tak terjangkau saja.

Nah, ada kesempatan untuk memperoleh beasiswa dalam negeri 2020, Sobat! Salah satunya adalah beasiswa 2020 dari Pertamina Foundation. Ingin tahu lebih banyak tentang beasiswa kuliah 2020 ini?

 

Bergotong Royong dan Bergerak Bersama

Beasiswa kuliah 2020 dari Pertamina Foundation merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab yayasan dibidang pendidikan. Beasiswa kuliah 2020 ini tak hanya dapat dinikmati oleh mahasiswa Universitas Pertamina semata, tapi juga oleh mahasiswa vokasi dan non-vokasi di berbagai kampus lain di Indonesia.

Terlebih lagi dalam situasi pandemi saat ini, kelesuan ekonomi telah menjadi masalah kita bersama – termasuk mahasiswa. Berbagai penyesuaian keuangan perlu dilakukan agar setiap keluarga dapat tetap bertahan hidup. Maka disinilah beasiswa 2020 dari yayasan berperan bagi mahasiswa yang terdampak Covid-19.

 

Kuota Beasiswa Kuliah 2020

Sebagaimana beasiswa unggulan 2020 pada umumnya, diperlukan seleksi bagi penerima beasiswa yayasan ini. Salah satu sebabnya, hanya ada 280 kuota beasiswa kuliah 2020 dari Pertamina Foundation.

But thankfully, beasiswa kuliah 2020 ini tidak hanya untuk mahasiswa S1 atau non-vokasi. Mahasiswa Diploma atau vokasi juga berhak memperebutkan kuota beasiswa 2020 tersebut.

 

Tiga Jenis Beasiswa Mahasiswa 2020

Salah satu beasiswa dalam negeri 2020 yang cukup ditunggu-tunggu ini menawarkan tiga jenis beasiswa 2020 untuk mahasiswa. Ketiganya yaitu:

(1) Sobat Bumi S1 Reguler, beasiswa 2020 untuk mahasiswa S1; saat ini sudah ada 1.668 alumni penerima beasiswa Sobat Bumi yang tergabung dalam komunitas Sobat Bumi di seluruh Indonesia.

(2) Vokasi, beasiswa 2020 untuk menciptakan tenaga terampil dan siap kerja.

(3) Afirmasi Daerah Operasi Pertamina, beasiswa 2020 untuk mahasiswa di lingkungan area operasi PT Pertamina yaitu di Rokan-Riau, Balikpapan, Kawarang Jawa Barat, dan Tuban Jawa Timur.

Beasiswa yang diberikan yayasan mencakup bantuan biaya SPP dan hidup bulanan. Penerima beasiswa juga menjalani pembentukan karakter dan serangkaian pelatihan dalam kegiatan green action dan capacity building. Karakter penerima beasiswa yang diharapkan memang merupakan pribadi-pribadi yang aktif dalam gerakan sosial dan peduli lingkungan.

 

Kampus Mitra Beasiswa S1 2020 Sobat Bumi

Beasiswa S1 2020 yayasan ini dapat diajukan oleh mahasiswa dari kampus-kampus mitra. Seluruh kampus mitra beasiswa 2020 Sobat Bumi yaitu:

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Indonesia

3. Institut Teknologi Bandung

4. Universitas Sumatera Utara

5. Universitas Sriwijaya

6. Universitas Pertamina

7. Universitas Diponegoro

8. Universitas Airlangga

9. Universitas Brawijaya

10. Universitas Hasanuddin

11. Universitas Pattimura

12. Universitas Cendrawasih

 

Kampus Mitra Beasiswa 2020 Vokasi

Selain mahasiswa S1, beasiswa Pertamina Foundation juga dapat dinikmati oleh mahasiswa vokasi (Diploma). Ada dua kampus mitra beasiswa 2020 ini, yaitu:

1. Politeknik Negeri Fak-Fak (Papua Barat)

2. Politeknik Negeri Kupang (NTT)

 

Kampus Mitra Beasiswa S1 2020 Afirmasi Daerah Operasi Pertamina

Dan untuk beasiswa S1 2020 di wilayah operasi Pertamina, ada 11 kampus mitra yang mahasiswanya dapat mengikuti seleksi. Kampus-kampus tersebut yaitu:

1. Universitas Riau (Pekanbaru)

2. STAI Tuangku Tambusai (Rokan Hulu)

3. Universitas Pasir Pengairan (Rokan Hulu)

4. STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak (Siak)

5. Universitas Islam Riau (Riau)

6. Universitas PGRI Ronggolawe (Tuban)

7. Universitas Sunan Bonang (Tuban)

8. Institut Teknologi Kalimantan (Balikpapan)

9. Universitas Balikpapan

10. STT Migas Balikpapan

11. Universitas Singaperbangsa Karawang

 

Seluruhnya ada 25 kampus mitra Pertamina Foundation. Pendaftaran sudah dapat dilakukan sejak tanggal 18 April 2020 di beasiswa.pertaminafoundation.org. Bagaimana bila mahasiswa kampus-kampus tersebut, atau dari kampus lain, belum lolos seleksi beasiswa 2020 dari yayasan ini?

No worries! Masih banyak informasi beasiswa 2020 untuk mahasiswa yang bisa Sobat dapatkan di Beasiswa Pintar. Bahkan bila perlu, jangan membatasi diri pada beasiswa dalam negeri 2020 saja karena masih ada beasiswa LPDP 2020 maupun beasiswa s2 2020 yang lain. You just have to actively search for it, Sobat!

60

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp