redesain-navbar Portlet

null

Blog

Tes Bakat Minat, Senjata dan Amunisi Menghadapi Pilihan Jurusan

Persiapan yang baik membawa pada pilihan yang baik.

Tes Bakat Minat, image credit Sharon McCutcheon

Sebentar lagi harus memilih masuk kelas IPA, IPS atau Bahasa. Sebagian kita harus memilih jurusan kuliah. Lantas, pilihan mana yang harus diambil? Terbersitkah rasa khawatir bila kita membuat pilihan yang salah?

 

Pentingnya Memilih Jurusan Yang Tepat

Masing-masing kita memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Ada Sobat Pintar yang mudah memahami pelajaran Matematika, sebagian lagi lebih tertarik pada pelajaran Sejarah. Bukan berarti salah satu lebih baik dari yang lain, tapi kita hanya berbeda. Karakter, kepribadian, dan perilaku sehari-hari kita juga berbeda.

Dan semua itu hanya sebagian saja alasan kenapa pilihan yang kita ambil boleh jadi berbeda. Kalau begitu, bagaimana memastikan pilihan kita sudah tepat?

 

Tes Minat Bakat, Bantuan Dikala Kebingungan

Making a decision isn't always easy, let alone choosing one out of so many options. Menentukan pilihan jurusan boleh jadi cukup rumit karena masih banyak yang tidak kita ketahui. Apa bedanya antara kelas IPA dan IPS? Kenapa kelas IPA (atau IPS) yang lebih baik untuk kita?

Kita pun memiliki pertanyaan-pertanyaan yang kurang lebih sama tentang jurusan-jurusan dibangku kuliah. Apa bedanya antara Kimia dan Teknik Kimia? Jurusan Saintek atau Soshum yang lebih tepat untuk kita? Atau bila selama sekolah kita merasa telah salah jurusan, haruskah kita lintas jurusan saat kuliah nanti?

Sebelum timbul pertanyaan-pertanyaan lebih banyak, kenapa kita tak menggunakan Tes Minat Bakat saja? Berbeda dari tes atau ujian yang selama ini kita kerjakan di sekolah, Tes Minat Bakat merupakan serangkaian analisis tentang karakter, kemampuan kognitif, dan minat kita.

 

Kenali Kepribadian dan Kemampuan untuk Penjurusan

Apa yang akan kita temui saat menghadapi Tes Minat Bakat? Well, basically the questions are all about ourselves, Sobat. dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di Tes Minat Bakat, kita dapat melihat lebih banyak tentang kepribadian diri, apa-apa yang kita sukai, maupun hal-hal yang menarik bagi kita.

Melalui tes ini, kita juga dapat mengukur logika berpikir, daya ingat, dan kemampuan verbal diri sendiri. Tes Minat Bakat juga memeriksa bidang studi apa yang menarik, sehingga kita dapat memilih jurusan berdasarkan hasil tes tersebut. Tak lupa, kemampuan kognitif kita juga diukur – bagaimana kemampuan akademis kita pada suatu bidang studi.

Semakin baik kita mengenali potensi kognitif dan minat diri, semakin kuat pula rasa percara diri kita. Dengan rasa percaya diri yang baik, semakin besar kemungkinan kita terhindar dari salah memilih jurusan.

 

Nah, tak ada salahnya memanfaatkan Tes Minat Bakat untuk membantu kita memilih jurusan, bukan? Lagipula, tes ini dapat membantu kita dalam pemilihan karier dimasa depan. Jika profesi kita nantinya sesuai dengan latarbelakang ilmu yang kita pelajari di perguruan tinggi, bukankah kita dapat mengembangkan diri dengan maksimal, Sobat?

80

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp