redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ayo Cari Tahu: Apa Saja Yang Berbeda dan Baru tentang SBMPTN 2020?

Beberapa hal berubah pada SBMPTN 2020.

Tentang SBMPTN 2020, image credit Pixabay

Sobat Pintar akan mengikuti SBMPTN tahun ini (2020)? Atau, Sobat akan mengikuti SBMPTN tahun depan (2021)? Bahkan bila Sobat Pintar sudah mengikuti dan lolos SBMPTN tahun sebelumnya (2019), 2020 adalah tahun yang istimewa untuk calon mahasiswa baru. In what way is it exactly?

 

1. Pengunduran Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2020

Banyak yang berubah disebabkan oleh pandemi yang sekarang kita hadapi. Salah satunya adalah diundurnya jadwal pendaftaran SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN 2020 semula dijadwalkan pada 2 hingga 13 Juni 2020. LTMPT kemudian mengundur jadwal tersebut menjadi 2 hingga 20 Juni 2020.

Memang tampaknya hanya perpanjangan tenggat waktu saja. Tapi perlu dicatat, jadwal terbaru tersebut juga merupakan jadwal pendaftaran UTBK.

 

2. SBMPTN 2020 Dilaksanakan Bersama dengan UTBK

Berbeda dari SBMPTN 2019, SBMPTN 2020 dilaksanakan bersamaan dengan UTBK. Telah disebutkan diatas, masa pendaftaran SBMPTN dan UTBK dijadwalkan pada durasi waktu yang sama.

Bahkan takkan ada pengumuman nilai UTBK 2020 sebagaimana UTBK 2019. Jadi setelah mengikuti UTBK nanti, Sobat Pintar menunggu pengumuman diterima di kampus yang dituju atau tidak. And that's it!

 

3. Pemilihan Kampus dan Jurusan

Lantas, kapan kita memilih kampus dan jurusan pada SBMPTN? Pada masa pendaftaran diawal, Sobat. Ketika mendaftar SBMPTN (dan UTBK) pada tanggal 2 hingga 20 Juni 2020 nanti, kita langsung menentukan pilihan kampus dan jurusan.

There's nothing extraordinary here, actually. Pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi masuk PTN dilakukan dengan tahapan yang kurang lebih sama. Kita mendaftar untuk ujian sekaligus mencantumkan pilihan kampus dan jurusan, kemudian menunggu hasil seleksi tersebut.

 

4. Pengunduran Jadwal Pengumuman SBMPTN 2020

Dikarenakan pengunduran jadwal ujian (UTBK), maka jadwal seleksi mahasiswa baru juga mundur. Pengumuman SBMPTN 2020 semula dijadwalkan pada 30 Juni 2020, namun kemudian diundur hampir sebulan menjadi 25 Juli 2020.

 

5. Jurusan-Jurusan yang Baru Dibuka

Apa lagi yang berbeda pada SBMPTN 2020? Ada jurusan-jurusan yang baru dibuka pada beberapa PTN, Sobat. Baik pada rumpun Saintek maupun Soshum, masing-masing ada jurusan-jurusan baru yang boleh kita pertimbangkan peluang lolosnya – khususnya ketika kita tak punya kesempatan untuk mengetahui skor UTBK sebelum SBMPTN.

Pada rumpun Saintek, ada 10 jurusan baru yaitu (1) Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung; (2) Keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia kampus Sumedang; (3) Teknik Biomedis Universitas Gadjah Mada; (4) Kehutanan Universitas Brawijaya; (5) Aktuaria Universitas Brawijaya; (6) Teknik Industri Universitas Airlangga; (7) Teknik Elektro Universitas Airlangga; (8) Rekayasa Nanoteknologi Universitas Airlangga; (9) Teknologi Sains Data Universitass Airlangga; serta (10) Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga.

Pada rumpun Soshum, ada lima jurusan baru yaitu (1) Pendidikan Geografi Universitas Negeri Gorontalo; (2) Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Gorontalo; (3) Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar; (4) Bisnis Digital Universitas Negeri Makassar; dan (5) Hubungan Internasional Universitas Singaperbangsa Karawang.

 

Itulah gambaran SBMPTN 2020 yang akan sangat berbeda dari SBMPTN 2019. Yang pasti, satu harapan kita semua adalah proses seleksi mahasiswa baru tahun ini dapat berjalan lancar walaupun kita sedang menghadapi berbagai dampak pandemi. Tetap semangat, Sobat!

0
70

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp