APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Data Science, Apa Kata Institut Teknologi Del tentang Dunia Digital?

Data science merupakan kunci penting dalam dunia digital yang terus berkembang.

Photo by Claudio Schwarz on Unsplash

Dunia digital yang berkembang dengan begitu pesat secara global turut menyulut semangat pembaharuan di Sitoluama, sebuah desa di Toba Samosir, Sumatra Utara. Sejak 2001, Institut Teknologi Del turut menjadi bagian dari dunia pendidikan Indonesia melalui prodi-prodi yang relevan dengan perkembangan dunia digital saat ini.

 

Pilihan Prodi yang Relevan di Era Digital


Photo by Christina Morillo on Pexels

Dalam dunia digital modern, data science merupakan fondasi yang penting dan masih akan terus berkembang. Data science dibutuhkan guna memahami, menganalisis, dan memanfaatkan data besar yang dihasilkan oleh berbagai aktivitas di dunia digital.

Data science melibatkan berbagai metode ilmiah, algoritma, dan sistem komputasi untuk mengekstraksi pengetahuan dan wawasan dari beragam bentuk data. Praktisi data science memerlukan pengetahuan di bidang statistik, machine learning, analisis data, dan bahasa pemrosesan agar dapat memahami pola, tren, dan informasi yang terkandung dalam data.

Menyadari pentingnya data science di era digital seperti sekarang, Institut Teknologi Del membuka Prodi Informatika. Bidang ilmu yang dipalajari oleh mahasiswa Informatika Institut Teknologi Del tak hanya mencakup data science, tetapi juga computer science, software engineering, dan cybersecurity.

Relevansi perkuliahan dengan perkembangan digital saat ini menjadikan Informatika salah satu prodi yang tinggi peminat, khususnya di Institut Teknologi Del. Namun demikian, belajar tentang data science ataupun kuliah Informatika sebenarnya tidak ditujukan bagi semua calon mahasiswa.

 

Pengenalan Prodi melalui Media di Luar Kampus


Image source: Aku Pintar

Melalui kolaborasi bersama Aku Pintar, Institut Teknologi Del proaktif mengedukasi masyarakat umum maupun calon mahasiswa mengenai perkembangan dunia digital. Data science, khususnya, berperan dalam:

  • pengambilan keputusan berbasis data
  • pengembangan produk dan layanan
  • personalisasi pengalaman pengguna
  • deteksi dan pencegahan kecurangan
  • pemahaman pengguna dan market, dll.

Pengenalan program studi diperlukan agar calon mahasiswa mengetahui apa yang akan dipelajari selama kuliah. Tak sedikit calon mahasiswa yang merasa bahwa informasi yang diperoleh secara langsung dari kampus dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai satu program studi tertentu.

Di sisi lain, kampus pun dapat meningkatkan eksposur melalui media yang tepat. Di samping membantu memangkas biaya promosi kampus, Aku Pintar mampu mendekatkan kampus, dalam hal ini Institut Teknologi Del, dengan calon mahasiswa.

Bahkan bila data science bukanlah bidang ilmu yang menarik bagi satu siswa tertentu, boleh jadi bidang ilmu lain di prodi-prodi lain lebih sesuai dengan minat bakat dan kemampuannya. Aku Pintar membantu calon mahasiswa menjalani sebuah journey dalam menemukan program studi yang tepat untuknya di perguruan tinggi, salah satunya di Institut Teknologi Del. Perguruan tinggi swasta ini membuka prodi:

  • S1 Informatika
  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Elektro
  • D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
  • D3 Teknologi Informasi
  • D3 Teknologi Komputer
  • S1 Bioproses
  • S1 Manajemen Rekayasa

Senapas seirama dengan semangat digital modern, kolaborasi di masa kini telah jauh melampaui sekat ruang. Pembelajaran tak lagi terbatas di dalam ruang kelas. Bekerja sama dengan Aku Pintar, Institut Teknologi Del telah mendobrak sekat ruang kelas tersebut dan memberikan akses seluas-luasnya bagi calon mahasiswa untuk mengenal bidang ilmu yang akan dipelajari di bangku kuliah.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog