redesain-navbar Portlet

null

Blog

Dunia Desain yang Nggak Ada Matinya – Kuliahnya di Jurusan Apa?

Ada berbagai jurusan desain, masing-masing memberimu kesempatan untuk belajar tentang seni desain yang berbeda.

photo credit mirtmirt / Shutterstock.com

Di satu sisi, panggilan jiwamu yang artistik terus menarikmu untuk kuliah jurusan desain. Di sisi lain, masih bingung mau pilih jurusan desain apa. Memang banyak jenisnya sih, ada Desain Komunikasi Visual (DKV), fashion design, interior design, bahkan ada jurusan tentang desain otomotif. Terus, mau pilih jurusan kuliah desain yang mana, nih? Apa saja pilihan kampus terbaiknya?

Bagaimana pula dengan prospek kerjanya? Adakah jurusan kuliah desain tertentu yang punya prospek kerja lebih baik dari yang lain? Untuk menjawab semua kegalauanmu, yuk cari tahu tentang beberapa jurusan kuliah desain di bawah ini.

 

1. Desain Grafis

jurusan kuliah desain

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Kuliah desain grafis banyak menguras kreativitasmu, terutama dalam bentuk gambar atau video. Media visual tersebut merupakan sarana untuk menyampaikan pesan, entah dari perusahaan klien atau perusahaan tempat seorang graphic designer bekerja. Lulusan Jurusan Desain Grafis banyak diserap oleh dunia industri kreatif yang kerap membutuhkan ilustrasi atau gambaran visual pada berbagai media seperti poster, cover atau sampul, dan lain-lain.

Karena lingkup pekerjaannya inilah, terkadang graphic designer disebut juga sebagai ilustrator. Prospek kerja desain grafis tak hanya terbatas di agensi atau perusahaan, namun pekerjaan ini dapat juga dikerjakan secara mandiri maupun sebagai pekerjaan paruh waktu.

Lantas, di mana universitas Jurusan Desain Grafis yang terbaik? Jurusan Desain Grafis di universitas negeri, misalnya, ada di Universitas Negeri Surabaya. Jurusan Desain Grafis yang saat ini telah terakreditasi A di universitas swasta ada di Universitas Widyatama.

Pada jenjang S1, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) terbaik saat ini ada di Universitas Negeri Padang, Universitas Bina Nusantara, Universitas Kristen Petra, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Pelita Harapan, Universitas Ciputra, Universitas Persada Indonesia YAI, Universitas Putra Indonesia YPTK, Universitas Indraprasta PGRI, Institut Teknologi Nasional Bandung, Universitas Tarumanagara, Universitas Bunda Mulia, Universitas Paramadina, Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Negeri Semarang, Universitas Trisakti, Universitas Multimedia Nusantara, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

 

2. Desain Interior

kuliah jurusan desain

Photo by Árpád Czapp on Unsplash

Jurusan kuliah desain yang lain adalah Desain Interior. Sobat yang suka ngotak-ngatik kamar, geser sana geser sini, mungkin punya minat pada desain interior, nih. But hold on there! Pekerjaan seorang desainer interior itu nggak sekedar pindah-pindah dan geser-geser perabotan, loh.

Dalam kuliahnya, mahasiswa Desain Interior belajar bagaimana memaksimalkan fungsi ruang yang terbatas tanpa mengabaikan kenyamanan orang yang menggunakan ruangan tersebut. Dalam bekerja, desainer interior harus sanggup menggabungkan nilai fungsional dan nilai estetika tersebut.

Menarikkah ini buatmu, Sobat Pintar? Di mana mendalami seni desain interior ini? Ada beberapa rekomendasi kampus negeri dan swasta yang patut dipertimbangkan, nih. Jika akreditasi A menjadi faktor terpenting buatmu, Jurusan Desain Interior ada di Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Kristen Petra, Universitas Telkom, Institut Teknologi Nasional Bandung, Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Bina Nusantara, Universitas Sebelas Maret, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

 

3. Fashion Design

jurusan seni

Photo by Laura Chouette on Unsplash

Beberapa orang, seperti Anne Avantie, memang terlahir dengan bakat untuk merancang dan menciptakan gaya busana yang memesona. Tapi bukan berarti Sobat Pintar nggak bisa mempelajari seni desain busana seperti ini, loh. Mulai dari mengenal jenis kain sampai memahami industri pakaian, seluruhnya dipelajari selama kuliah di Jurusan Fashion Design.

Industri busana sendiri merupakan salah satu industri yang sangat luwes. Tak ada jenjang karier yang kaku dalam industri ini. Ada fashion designer yang merintis kariernya melalui blog ataupun dengan menjadi seorang influencer. Seperti alumni jurusan seni pada umumnya, alumni Jurusan Fashion Design tak terikat dengan profesi tertentu dalam industri busana. Ada yang berprofesi sebagai stylist, ada pula yang sukses menyediakan lapangan kerja dengan menjadi entrepreneur.

Ingin kuliah jurusan desainer, Sobat Pintar? Fashion Design lebih dikenal sebagai Jurusan Tata Busana di perguruan tinggi. Referensi universitas desainer busana yang patut dipertimbangkan sekarang ini diantaranya yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan referensi kampus untuk S1 Pendidikan Tata Busana yaitu Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Negeri Malang.

 

4. Desain Produk

kuliah jurusan desainer

Photo by Kumpan Electric on Unsplash

Desain produk atau industrial design sebenarnya tidak serta-merta tentang tampilan kemasan suatu produk saja. Melainkan, dalam bidang ilmu ini dipelajari bagaimana merancang benda yang kemudian akan diproduksi atau diolah lagi menjadi sesuatu dengan nilai dan manfaat yang lebih. Desain produk terkait dengan teknik industri, desain grafis, teknologi, manajemen, maupun seni desain. Itulah yang akan Sobat pelajari jika nantinya kuliah di Jurusan Desain Produk.

Prospek kerja desainer produk pun seluas ruang lingkup keilmuannya. Ilmu desain produk sendiri terbagi menjadi desain produk peralatan, perkakas lingkungan, alat transportasi, dan kriya. Peran seorang desainer produk cukup menentukan, mulai dari menambahkan nilai estetika pada tampilan suatu produk hingga mengolah gagasan-gagasan revolusioner dalam menciptakan desain maupun produk yang berbeda, yang belum pernah ada.

Seru nggak tuh, Sobat? Kalau begitu, di mana kuliah Jurusan Desain Produk, nih? Desain Produk dengan akreditasi A saat ini ada di Institut Teknologi Bandung, Universitas Esa Unggul, Institut Teknologi Nasional Bandung, Universitas Surabaya, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Mercu Buana, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Trisakti.

 

Seiring dengan perkembangan industri kreatif saat ini, seni desain semakin berkembang. UI/UX designer maupun game designer makin dibutuhkan di pasar kerja. Industri pertelevisian maupun perfilman pun masih membutuhkan videographer dan animator, bahkan fashion stylist. Jika salah satu profesi tersebut adalah impianmu, sesuaikan saja jurusan seni dan desain apa yang menjadi pilihanmu, Sobat. Go for it and make your dream comes true!

480

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet