PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit mirtmirt / Shutterstock.com

Dunia Desain yang Nggak Ada Matinya – Kuliahnya di Jurusan Apa?

Jurusan Desain

Ketika panggilan jiwamu yang artistik terus menarikmu kejurusan desain, masih bingung mau pilih jurusan desain apa? Memang banyak jenisnya sih, ada Desain Komunikasi Visual (DKV), fashion design, interior design, bahkan ada jurusan tentang desain otomotif. Trus, mau pilih yang mana, nih? Gimana kalau lihat prospek kerjanya juga? Mungkin kamu bisa memperoleh gambaran tentang apa yang akan dikerjakan oleh lulusan dari beberapa jurusan desain dibawah ini.

 

1. Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis mencetak para perancang grafis atau graphic designer yang banyak diserap oleh dunia industri kreatif. Seorang graphic designer membantu membuat gambaran visual dari pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan klien. Ada juga yang menyebut profesi ini sebagai ilustrator karena memang tugasnya membuat ilustrasi atau gambaran visual pada berbagai media, seperti poster, cover atau sampul, dan lain-lain. Selain bekerja pada agensi atau perusahaan, graphic designer juga dapat bekerja paruh waktu maupun mandiri.

 

2. Desain Interior

Kamu suka ngotak-ngatik kamar, geser sana geser sini? Eitts, pekerjaan seorang desainer interior tuh nggak segampang itu, lho. Lulusan Jurusan Desain Interior harus sanggup menggabungkan nilai fungsional sebuah ruangan dengan nilai estetika atau sisi keindahannya. Jadi, nggak cuma asal naruh apa-apa sembarangan ya, Sobat Pintar. Kamu berminat mendalami hal ini?

 

3. Fashion Design

Beberapa orang, misalnya Anne Avantie, memang terlahir dengan bakat untuk merancang dan menciptakan gaya busana yang memesona, tapi bukan berarti kamu nggak bisa mempelajarinya! Fashion Design adalah jurusan yang pantas kamu pilih saat minatmu dalam bidang desain fesyen sudah tak terbendung lagi. Mungkin kamu mau bikin acara semacam New York Fashion Week atau Jakarta Fashion Week di kotamu?

 

4. Desain Produk

Apakah tampilan kemasan adalah salah satu faktor kenapa kamu membeli suatu produk, misalnya snack, make up, atau yang lain? Memang, tampilan yang menarik adalah poin penting yang turut menentukan laku tidaknya suatu barang dipasaran. Oleh sebab itu, lulusan Jurusan Desain Produk ini akan selalu dibutuhkan karena skillnya dalam menambahkan nilai estetika pada tampilan suatu produk. Seorang product designer juga harus terus mengolah gagasan-gagasan yang revolusioner dalam menciptakan desain maupun produk yang berbeda, yang belum pernah ada. Hmm... cukup menantang juga, ya.

 

Seiring dengan perkembangan dunia digital saat ini, profesi UI UX designer dan game designer juga makin dibutuhkan. Industri pertelevisian maupun perfilman juga masih membutuhkan profesi creative director, videographer, animator, bahkan fashion stylist. Jika salah satu pekerjaan diatas adalah impianmu, tinggal sesuaikan saja kejurusan apa kamu kuliah nantinya – dan wujudkan impianmu!

Lebih masukan Blog

Serba-Serbi Dunia Mahasiswa di University of Oxford

Nggak perlu dikenalin lagi sama Maudy Ayunda, kan? Udah jadi bintang film dan penyanyi,...

Apa Saja Persiapan Studi dan Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri?

Baik mengikuti program pertukaran pelajar maupun kuliah ke luar negeri, ada beberapa hal yang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru