CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Dunia Penyiaran, Mulai Career Path-mu dengan Kuliah Jurusan Broadcasting

Broadcasting merupakan salah satu alternatif pilihan Jurusan Ilmu Komunikasi.

Kuliah Jurusan Broadcasting, image credit Donald Tong

Tak semua orang tertarik untuk kuliah Broadcasting. Dari rumpun Soshum atau kelompok IPS, lebih banyak calon mahasiswa baru yang tertarik pada Ilmu Komunikasi. Bagaimana denganmu, Sobat? Apakah Sobat Pintar ingin tahu lebih banyak tentang Jurusan Broadcasting? Apa pula kaitannya antara Jurusan Broadcasting dengan Ilmu Komunikasi?

 

Apa Itu Jurusan Broadcasting?


Photo by Ralph (Ravi) Kayden on Unsplash

Broadcasting atau Penyiaran sebenarnya merupakan salah satu konsentrasi atau cabang Ilmu Komunikasi. Namun Sobat Pintar bisa langsung kuliah Jurusan Broadcasting tanpa harus kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi – yang diminati sejuta calon mahasiswa baru.

Jadi, apa itu Jurusan Broadcasting? Saat kuliah Jurusan Broadcasting, kita belajar tentang proses membuat dan mengemas ide menjadi suatu program. Program ini kemudian akan diproduksi, baik melalui radio maupun televisi, untuk disiarkan dan dinikmati oleh khalayak umum.

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Broadcasting?


Photo by Ralph (Ravi) Kayden on Unsplash

Mahasiswa Jurusan Broadcasting belajar tentang proses produksi di balik layar. Mereka juga belajar tentang bagaimana tampil di depan layar dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan dalam mengkomunikasikan informasi atau suatu karya kepada masyarakat umum.

Apa saja yang akan kita dipelajari saat kuliah Jurusan Broadcasting? Beberapa matakuliah yang dihadapi mahasiswa yang kuliah Broadcasting antara lain Hukum Etika Pers, Manajemen Penyiaran, Manajemen Produksi TV, Teknik Reportasi dan Wawancara, Multimedia Komunikasi, dan Dasar-Dasar Fotografi. Pastinya, masih banyak mata kuliah Broadcasting lainnya yang akan dijumpai bila Sobat memutuskan untuk kuliah di jurusan ini. 

 

Di Mana Universitas Jurusan Broadcasting Terbaik?


Photo by Sebastian Pandelache on Unsplash

Jurusan kuliah Broadcasting saat ini tersedia pada Program D3 dan S1. Pada Program D3, Universitas Indonesia (Program Vokasi Ilmu Komunikasi), Universitas Dian Nuswantoro (Multimedia Broadcasting), Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika (Multimedia Broadcasting), dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Teknologi Multimedia dan Broadcasting) adalah pilihan universitas Jurusan Broadcasting yang cukup populer.

Sedangkan untuk jenjang S1, yang tergolong sebagai universitas Jurusan Broadcasting antara lain Universitas Padjadjaran (Televisi dan Film), Universitas Airlangga (Ilmu Komunikasi), Universitas Bina Nusantara (Ilmu Komunikasi), Universitas Esa Unggul (Ilmu Komunikasi), Universitas Mercu Buana (Ilmu Komunikasi), maupun Universitas Pelita Harapan (Ilmu Komunikasi).

 

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Broadcasting?


Photo by Sebastian Pandelache on Unsplash

Karena Broadcasting merupakan salah satu konsentrasi atau peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi, prospek kerja yang ditawarkan oleh kedua jurusan ini tak terlalu jauh berbeda. Beberapa profesi yang sering kita jumpai digeluti oleh mereka yang pernah kuliah Broadcasting antara lain penyiar radio, sutradara, news anchor, videografer, editor, bahkan script writer.

Tentunya, masih banyak profesi-profesi lain yang terkait dengan dunia penyiaran. Ada tim kreatif, camera person, floor director, penata musik, penata cahaya, dan berbagai profesi lain di bidang penyiaran. Biasanya mereka yang bekerja di dunia penyiaran di atas adalah alumni Jurusan Broadcasting ataupun Ilmu Komunikasi.

 

Dengerin Podcast tentang Broadcaster

 

Apakah Kuliah Jurusan Broadcasting adalah Pilihan Untukmu?


Photo by Markus Winkler on Unsplash

Nah, tibalah kita pada satu pertanyaan yang paling penting. Apakah kuliah Jurusan Broadcasting bakalan cocok buatmu, Sobat?

Orang-orang yang sesuai untuk dunia Broadcasting lebih cenderung memiliki karakter terampil dalam komunikasi interpersonal, luwes bekerja dalam tim, observan, berwawasan luas, kritis, suka melakukan riset. Apakah kamu memiliki karakteristik tersebut, Sobat?


Untuk memastikannya, kamu dapat menggunakan Minat Pintar. Rangkaian tes bakat minat ini dapat membantumu mengenal potensi diri dengan lebih baik dan menemukan jurusan yang paling sesuai dengan kemampuan dirimu.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog