APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pengertian DISC: Tes Kepribadian guna Pahami Karakter Diri

Disc personality dapat diketahui dengan mudah melalui tes kepribadian online.

Tes Kepribadian, Kelly Sikkema on unsplash

DISC adalah singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Keempatnya merupakan tipe karakter atau kepribadian yang diperoleh setelah kita mengikuti tes. Nah, seperti apa tesnya? Mau tahu lebih banyak tentang tiap-tiap karakter DISC? Let's find out, Sobat Pintar!

 

Apa Itu DISC?

cara membaca hasil tes psikologi disc
Photo by Brett Jordan on Unsplash

Kita sudah tahu kepanjangan DISC, tapi apa sebenarnya DISC itu? Kita mulai dari pengertian DISC ya, Sobat.

DISC adalah tipe-tipe kepribadian yang disusun oleh Dr. William Moulton Marston, seorang psikolog Universitas Harvard. Kamu tahu Wonder Woman, Sobat? Nah, Marston adalah pencipta karakter DC Comics tersebut. Kalau suka menonton film atau series dengan tema crime, kamu pasti tak asing lagi dengan lie detector. Nah, Marston juga tuh, yang menjadi penemu alat deteksi kebohongan ini.

Terus, bagaimana dengan DISC? Telah disebutkan di awal, kepanjangan DISC yaitu Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Melalui keempat kepribadian DISC atau DISC personality ini, kita memperoleh gambaran bagaimana seseorang bersikap dalam situasi atau lingkungan tertentu.

 

Seperti Apa Empat Karakter DISC?


Photo by Artur Voznenko on Unsplash

Teori DISC personality sebenarnya lebih sering digunakan dalam lingkup dunia kerja. Dengan mengetahui kepribadian DISC masing-masing, kita punya gambaran yang lebih jelas bagaimana kecenderungan kita dalam mengerjakan sesuatu. Makanya, hasil tes kepribadian DISC bisa dikaitkan dengan bidang pekerjaan tertentu yang kemungkinan besar cocok.

Nah, seperti apa keempat karakter DISC tersebut? Bagaimana tiap-tiap kepribadian DICS berperan dan berfungsi dalam lingkup dunia kerja? Yuk, lanjut baca, Sobat!

DISC Personality: Dominance


Photo by Rebrand Cities on Pexels

Tipe orang Dominance ada sekitar 9% dari populasi orang di dunia. Karakter Dominance dapat kita jumpai pada tokoh-tokoh seperti Ir. Soekarno, Donald Trump, Simon Cowell, atau Kanye West.

Ciri-Ciri Kepribadian Dominance

Dari tokoh-tokoh di atas, apakah kamu punya gambaran seperti apa ciri-ciri orang Dominance ini, Sobat? Tipe orang Dominance cenderung memiliki karakter yang dominan, kuat, dan ego yang tinggi. Tipe Dominance adalah sosok yang independen dan berani mengambil risiko.

Tipe kepribadian ini mudah merasa bosan dengan rutinitas yang itu-itu melulu. Orangnya menyukai tantangan dan inovasi. Kepribadian DISC ini juga menyukai hal-hal seperti kekuasaan, tanggung jawab, pembuatan keputusan, problem solving, multi tasking, atau lainnya yang membuatnya menjadi lebih dominan.

Gaya Komunikasi dan Kepemimpinan

Karakter Dominance mudah dinilai orang lain sebagai sosok yang agresif, lugas, bahkan kasar. Tipe orang Dominance memang cukup asertif, bahkan tampak tidak sensitif dan tidak peduli dengan orang lain. Saking enggak sabarannya, orang bertipe Dominance sulit menjadi pendengar yang baik.

Sebaliknya, tipe orang Dominance itu maunya selalu didengarkan. Sebagai pemimpin, kecenderungan tipe ini adalah menunjukkan otoritasnya dengan menanamkan rasa takut dan membuat jarak. Bagi Dominance, orang lain dianggap sebagai salah satu sumber daya saja.

Cara menghadapi orang Dominance adalah dengan bertindak secara efisien dan terorganisir. Sampaikan segala sesuatunya tanpa berbelit-belit dan hindari kata "terserah."

Kekuatan Tipe Dominance

Tipe orang Dominance bisa merasa nyaman-nyaman saja dalam situasi yang genting dan tak pasti. Kemampuannya untuk memandang permasalahan dengan lebih luas dapat membuat seorang Dominance lebih fokus pada hasil. Oleh sebab itu, jurusan yang cocok untuk orang Dominance antara lain:

  • Administrasi Bisnis
  • Teknik Industri
  • Hukum
  • Teknologi Informasi, dll.

Manajemen, sales/marketing, hukum, engineering, militer, coaching, dan politik adalah bidang-bidang yang cocok untuk tipe kepribadian ini. Pada bidang-bidang tersebut, ada berbagai pekerjaan yang cocok untuk orang Dominance, seperti CEO, team leader, manajer, business owner, startup founder, konsultan, coach, polisi, pemadam kebakaran, tentara, personal trainer, trader, Air Traffic Controller, dll.

DISC Personality: Influence


Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Tipe orang Influence ada sekitar 29% dari populasi orang di dunia. Gus Dur dianggap mewakili sosok Influence di Indonesia. Tipe orang Influence lainnya di dunia ialah Oprah Winfrey, Will Smith, Drew Barrymore, Prince Harry, dan Jim Carrey.

Ciri-Ciri Kepribadian Influence

Karakter DISC ini memiliki pengaruh yang besar bagi sekitarnya. Kepercayaan dirinya, antusiasmenya, selera humornya, dan optimismenya membawa semangat baru bagi circle-nya. Sebagai negosiator yang handal, orang-orang dengan kepribadian Influence memiliki kemampuan persuasif yang bagus.

Karena menyukai popularitas, karakter Influence sulit menerima penolakan dari orang lain. Tak ada kata sendirian dalam kamus kehidupannya.

Gaya Komunikasi dan Kepemimpinan

Tipe orang Influence biasanya ceriwis dan penuh dengan emosi. Orang lain dapat memandang karakter ini agak ceroboh dan berantakan.

Dalam situasi yang penuh tekanan, karakter Influence cenderung lebih memperhatikan keadaan orang-orang di sekitarnya. Tipe ini pandai memberikan feedback yang positif dan konstruktif dengan cara yang halus. Seorang Influence memiliki karisma sebagai pemimpin yang dapat menciptakan suasana menyenangkan dan memotivasi orang lain.

Cara menghadapi orang Influence adalah dengan menggunakan pendekatan yang tidak terlalu formal. Bangun relasi pelan-pelan dan selalu tunjukkan sikap yang baik, salah satunya dengan menjadi pendengar yang baik.

Kekuatan Tipe Influence

Tipe orang Influence dapat memengaruhi orang lain dengan mudah. Tipe ini mampu tumbuh dan berkembang di tengah perubahan yang tak mudah. Dengan karakter seperti ini, jurusan yang cocok untuk orang Influence antara lain:

  • Ilmu Komunikasi
  • Hubungan Internasional
  • Pariwisata
  • Psikologi, dll.

Public Relations, business development, media, jurnalisme, dan event management adalah bidang-bidang yang cocok untuk tipe kepribadian ini. Pada bidang-bidang tersebut, ada berbagai pekerjaan yang cocok untuk orang Influence, seperti PR, event organizer, Customer Service, trainer, HR specialist, recruiter, entrepreneur, dll.

DISC Personality: Steadiness


Photo by Celpax on Unsplash

Tipe orang Steadiness ada sekitar 31 % dari populasi orang di dunia. Seorang mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, dianggap mewakili kepribadian DISC yang satu ini. Mantan Presiden Amerika juga ada yang menunjukkan karakteristik Steadiness, yaitu Barack Obama. Tokoh dunia lainnya yang memiliki karakteristik sama dengan kedua presiden tersebut antara lain David Beckham, Mandy Moore, Princess Kate, dan Halle Berry.

Ciri-Ciri Kepribadian Steadiness

Konsisten, tenang, dan sabar adalah beberapa karakter yang menggambarkan ciri-ciri orang Steadiness. Tak heran bila orang-orang dengan kepribadian Steadiness sulit menerima perubahan dan butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Mereka menyukai lingkungan yang memberi rasa aman tanpa perubahan yang mendadak.

Gaya Komunikasi dan Kepemimpinan

Karakter Steadiness lekat dengan kesan tenang dan santai menjalani hidup. Orang dengan kepribadian Steadiness sangat menghargai nilai-nilai dan rasa keadilan, tetapi mudah mengiyakan bila ditekan. Karakter ini juga lebih menyukai pertemuan empat mata yang tenang.

Sebagai pemimpin, tipe orang Steadiness butuh waktu yang terbilang lama untuk bertindak dan memutuskan sesuatu. Pengalaman, keahlian, dan jabatan penting untuk membangun otoritasnya. Karena kecenderungannya untuk bekerja sama, tipe ini lebih mementingkan musyawarah dan sangat memperhatikan keadaan orang lain.

Cara menghadapi orang Steadiness adalah dengan tidak berkonflik dengannya, usahakan untuk sepakat. Karakter ini butuh banyak waktu untuk berbagai hal, maka kesabaran adalah koentji penting dalam menghadapi tipe orang Steadiness.

Kekuatan Tipe Steadiness

Bagi Steadiness, keluarga dan teman adalah harta yang paling berharga. Karena itulah, tipe orang Steadiness bisa membela kelompoknya mati-matian. Dari sudut pandang lain, tipe ini adalah sosok yang dapat diandalkan. Dengan begitu, jurusan yang cocok untuk orang Steadiness antara lain:

  • Psikologi
  • Pendidikan
  • Ilmu Keperawatan
  • Agribisnis, dll.

Human Resources, konseling, pendidikan, dan kesehatan adalah bidang-bidang yang cocok untuk tipe kepribadian ini. Dalam bidang-bidang tersebut, ada berbagai pekerjaan yang cocok untuk orang Steadiness, seperti konselor, guru, perawat, dll.

DISC Personality: Compliance


Photo by Ono Kosuki on Pexels

Tipe orang Compliance ada sekitar 31 % dari populasi orang di dunia. Nama-nama besar di Indonesia yang menunjukkan karakter Compliance antara lain B.J. Habibie dan Sri Mulyani. Tiga contoh tokoh fiksi dengan karakter Steadiness adalah Sherlock Holmes, Hermione (Harry Potter), dan Sheldon Cooper (Big Bang Theory).

Ciri-Ciri Kepribadian Steadiness

Ciri-ciri orang Compliance antara lain tekun, sistematis, teliti, cermat, serta fokus pada ketepatan dan kualitas. Cenderung analitis dan kritis, sosok kepribadian DISC ini suka mengejar kualitas dengan standar yang tinggi dan mengerjakan tugas-tugas yang rinci. Karenanya, tipe Compliance menyukai batasan, prosedur, dan metode yang jelas.

Gaya Komunikasi dan Kepemimpinan

Lantaran ketelitiannya, tipe orang Compliance mudah mengkritik orang lain, terutama yang tidak mencapai standar yang diinginkannya. Sementara, Compliance yang berada di bawah tekanan bisa menjadi nyinyir dan bawel.

Tipe orang Compliance lebih suka berkomunikasi secara tertulis dan menjaga jarak dengan orang lain. Bila tidak setuju dengan suatu hal, Compliance tidak akan serta-merta mengungkapkannya. Meskipun bisa menjadi bawel dan mudah mengkritik, apa yang disampaikannya semata-mata berdasarkan fakta.

Saking kepenginnya mengerjakan segala sesuatunya dengan benar, pemimpin dengan karakter Compliance terkadang lamban memutuskan. Otoritasnya sebagai pemimpin dibangun berdasarkan aturan dan standar yang jelas.

Cara menghadapi orang Compliance adalah dengan menghindari topik-topik abstrak atau yang bersifat opini untuk dibahas. Fokus saja pada fakta, detail, dan analisis.

Kekuatan Tipe Compliance

Karakter Compliance cocoknya bekerja sendirian. Maka, jurusan yang cocok untuk orang Compliance antara lain:

  • Akuntansi
  • Teknik Informatika
  • Ilmu Komputer
  • Hukum
  • Kedokteran
  • Teknik Kimia
  • Teknik Biomedis, dll.

Hukum, finance, teknologi informasi, dan kesehatan adalah bidang-bidang yang cocok untuk tipe kepribadian ini. Dalam bidang-bidang tersebut, ada berbagai pekerjaan yang cocok untuk orang Steadiness, seperti auditor, data analyst, dokter, perawat, dll.

 

Apa Itu DISC Test?


Photo by Romain V on Unsplash

Sekali lagi, empat macam DISC personality di atas disusun dalam rangka memahami sikap yang ditunjukkan oleh seseorang ketika berada dalam situasi atau lingkungan kerja. Saat ini, dunia kerja membutuhkan kolaborasi dan team work yang baik. Untuk itu, perusahaan biasanya menggunakan DISC test pada saat rekrutmen pegawai.

Dalam lingkup dunia kerja, salah satu manfaat DISC test adalah membantu menentukan siapa yang harus mengerjakan apa. Sedangkan bagi kita sekarang, Sobat Pintar, tes kepribadian DISC dapat membantu kita mengenal dan memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

 

Bagaimana Cara Membaca Hasil DISC Test?


Photo by Chris Adamus on Unsplash

Ada berbagai tes DISC online yang dapat kita gunakan. Tes kepribadian dengan teori DISC ini pun sudah diadaptasi secara luas di Indonesia. Pada tes-tes tersebut, pada umumnya kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan dan menjawab pertanyaan-pertanyaannya.

Pada Tes Kepribadian Aku Pintar, misalnya, pertanyaan-pertanyaan yang diberikan adalah tentang peserta tes sendiri. Hasil tes akan menunjukkan kepribadian DISC mana yang paling sesuai, apakah Dominance, Influence, Steadiness, atau Compliance.

Memang jarang sekali seseorang mutlak berkepribadian Dominance saja atau Compliance saja. Itulah sebabnya, hasil tes DISC online biasanya menggambarkan seberapa besar sisi Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance kita masing-masing.

Berbekal hasil tes, kita bisa menentukan jurusan kuliah yang sesuai. Tes Kepribadian juga dapat memberi gambaran lingkungan seperti apa yang kita butuhkan agar mencapai potensi terbaik diri kita masing-masing. Kita pun akan memperolah saran-saran penting tentang bagaimana cara mengembangkan diri yang sesuai dengan kebutuhan kita pribadi. Lebih jauh lagi, kita bisa merencanakan profesi impian yang dirasa paling pas dengan kepribadian DISC kita itu, Sobat!

Cara membaca hasil tes psikologi DISC ini cukup menarik kan, Sobat Pintar? Kalau sudah tahu bagaimana membaca hasil tesmu nanti, sekarang saatnya mengikuti salah satu DISC test Indonesia, yaitu Tes Kepribadian!

150

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog