redesain-navbar Portlet

null

Blog

Pengertian DISC: Tes Kepribadian Guna Pahami Karakter Diri

Tes kepribadian online membantu memahami kekuatan dan kelemahan diri sejak dini.

Tes Kepribadian, Kelly Sikkema on unsplash

DISC adalah singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Keempatnya merupakan tipe karakter atau kepribadian yang diperoleh setelah kita mengikuti tes. Bagaimana tesnya? Ingin tahu lebih banyak tentang tiap-tiap karakter DISC? Dan apa sebenarnya DISC itu? Let's find out, Sobat Pintar.

 

Apa Itu DISC?

Kita sudah tahu kepanjangan DISC, tapi apa sebenarnya DISC itu? Kita mulai dari pengertian DISC ya, Sobat. DISC adalah tipe-tipe kepribadian yang disusun oleh Dr. William Moulton Marston, seorang psikolog Universitas Harvard, yang juga adalah penemu alat deteksi kebohongan dan pencipta karakter Wonder Woman untuk DC Comics.

Nah, jadi makin kepo tentang DISC, Sobat? As it's mentioned earlier, kepanjangan DISC yaitu Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Pada keempat kepribadian DISC atau DISC personality ini, kita memperoleh gambaran tentang bagaimana seseorang bersikap dalam situasi atau lingkungan tertentu (terutama dalam lingkup dunia kerja).

 

Karakter DISC

Okay, lantas seperti apa gambaran dari keempat karakter DISC ini? Bagaimana tiap-tiap kepribadian DICS berperan dan berfungsi dalam lingkup dunia kerja? Let's read on, so you'll get a more thorough idea of each DISC personality.

DISC Personality: Dominance

Orang-orang dengan kepribadian Dominance memiliki kecenderungan karakter yang dominan, kuat, dengan ego yang tinggi. They are independent and risk taker. Mereka mudah merasa bosan dengan rutinitas, menyukai tantangan dan inovasi. Kepribadian DISC ini juga menyukai authority, responsibility, decision making, problem solving, multi tasking, maupun hal-hal lain yang membuatnya menjadi lebih dominan.

DISC Personality: Influence

Karakter DISC ini memiliki pengaruh yang besar bagi sekitarnya. Kepercayaan dirinya, antusiasmenya, selera humornya, dan optimismenya membawa semangat bagi lingkungannya. Sebagai negosiator yang handal, orang-orang dengan kepribadian Influence memiliki kemampuan persuasif yang bagus. Mereka menyukai popularitas, sehingga mereka sulit menerima penolakan dari orang lain.

DISC Personality: Steadiness

Konsisten, tenang, dan sabar adalah beberapa karakter yang menggambarkan kepribadian DISC yang satu ini. Sebaliknya, orang-orang dengan kepribadian Steadiness sulit menerima perubahan dan butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Maka, mereka menyukai lingkungan yang memberi rasa aman tanpa perubahan yang mendadak.

DISC Personality: Compliance

Orang-orang berkarakter Compliance biasanya tekun, sistematis, teliti, cermat, fokus pada ketepatan dan kualitas. Cenderung analitis dan kritis, sosok kepribadian DISC ini suka mengejar kualitas dengan standar yang tinggi dan mengerjakan tugas-tugas yang rinci. Karenanya, mereka menyukai batasan, prosedur, dan metode yang jelas.

 

Memahami DISC Test

Again, DISC personality di atas disusun dalam rangka memahami sikap yang ditunjukkan oleh seseorang ketika berada dalam situasi atau lingkungan kerja. Saat ini, dunia kerja membutuhkan kolaborasi dan team work yang baik. Untuk itu, perusahaan biasanya menggunakan DISC test pada saat rekrutmen pegawai.

Dalam lingkup dunia kerja, salah satu manfaat DISC test adalah membantu menentukan siapa yang harus mengerjakan apa. Sedangkan bagi kita sekarang, teori kepribadian DISC membantu kita mengenal dan memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Ada berbagai tes DISC online yang dapat membantu kita sekarang ini. Tes kepribadian dengan teori DISC ini pun sudah diadaptasi secara luas di Indonesia. DISC test Indonesia sendiri cukup beragam, salah satunya adalah Tes Kepribadian.

 

Membaca Hasil DISC Test

Jika mengikuti Tes Kepribadian, Sobat Pintar hanya perlu mengikuti instruksi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar diri sendiri. Hasil tes nanti dapat menunjukkan kepribadian DISC mana yang menggambarkan dirimu dengan lebih tepat – if you're a Dominance, Influence, Steadiness, or Compliance.

Memang jarang sekali seseorang mutlak berkepribadian Dominance saja atau Compliance saja. Itulah sebabnya, hasil tes DISC online biasanya menggambarkan seberapa besar sisi Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance kita. Bukan tidak mungkin salah satu karakter DISC tersebut jauh lebih kuat dibanding yang lain atau justru kita memiliki keempat karakter tersebut dalam proporsi yang sama.

Cara membaca hasil tes psikologi DISC ini cukup menarik bukan, Sobat? Tapi bukan itu saja. Tes Kepribadian juga dapat memberi gambaran lingkungan seperti apa yang kita butuhkan agar mencapai potensi diri yang maksimal. Kita pun akan memperolah saran-saran penting tentang bagaimana cara mengembangkan diri yang sesuai dengan kebutuhan kita pribadi. Yakin, masih mau nunda ngerjain Tes Kepribadian?

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet