APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Gap Year dan Alumni: Begini Cara Mengaktifkan NISN

Cara mengaktifkan NISN bagi gap year dan alumni sebenarnya cukup mudah.

Photo by Corinne Kutz on Unsplash

Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) itu perlu kalau kamu sudah "fix" banget mau ikutan SNBT, Sobat Pintar. Cek NISN ini bahkan menjadi wajib buat gap year atau alumni yang mau ambil SNBT lagi. Jangan sampai kamu terkendala ketika membuat akun SNPMB gegara NISN tidak aktif, apalagi waktu registrasinya sangat terbatas.

Kalau begitu, bagaimana cara cek nomor induk siswa tersebut? Apa pula yang mesti dilakukan bila ternyata NISN-mu tidak aktif? Mari sini, gap year dan alumni merapat, kita pelajari bagaimana cara mengaktifkan NISN!

 

Apa itu NISN?

cara mengaktifkan nisn yang statusnya tidak aktif
Photo by Black ice on Pexels

Eitts, sebelum mengaktifkannya, pahami dahulu yuk, NISN itu apa. Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa. NISN dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah di Indonesia dan sekolah Indonesia yang ada luar negeri.

NISN diperoleh mulai SD dan tidak berubah sampai SMA, terdiri dari sepuluh angka. Tiga angka di awal merupakan tiga digit terakhir tahun kelahiran, diikuti dengan tujuh digit nomor acak. Jika kamu sudah mendapatkan NISN, berarti sekolahmu telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

NISN dikelola secara nasional oleh PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan). Dapodik (Data Pokok Pendidikan) tersebut dapat diakses di laman resmi NISN Kemendikbud.

 

Apa Fungsi dan Tujuan NISN?

cara mengaktifkan nisn yang tidak aktif
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Pernah bertanya-tanya ngga, Sobat, kenapa setiap siswa mesti punya NISN? Asal kamu tahu, NISN digunakan untuk tujuan-tujuan di bawah ini.

  1. NISN digunakan untuk mengidentifikasi setiap siswa yang ada di seluruh sekolah se-Indonesia secara terstandar, konsisten, dan berkesinambungan.
  2. Pengelolaan NISN ditujukan agar dapat diakses secara online oleh unit kerja Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, dan sekolah.
  3. NISN merupakan sistem pendukung program Dapodik dalam mengembangkan dan menenerapkan program-program perencanaan dan statistik pendidikan di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten, hingga sekolah.

NISN dibutuhkan untuk Bantuan Operasional Sekolah, Bantuan Operasional Pendidikan, maupuan program bantuan pemerintah yang lain. Terutama bagi kita para siswa, NISN penting untuk mendaftar KIP dan SNBT.

 

Masa Aktif NISN sampai Kapan?

nisn tidak aktif di satuan pendidikan
Photo by Leeloo The First on Pexels

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, NISN berlaku sepanjang masa. Namun setelah lulus sekolah, NISN menjadi tidak aktif. Alhasil, kamu yang gap year atau alumni yang ingin mengikuti SNBT lagi tidak bisa menggunakan NISN yang sebelumnya pernah dimiliki ketika masih berstatus sebagai siswa. Maka dari itu, kamu perlu cek nomor induk siswa milikmu dahulu sebelum mendaftar SNBT.

 

Kenapa NISN Tidak Aktif?

cara cek nisn aktif atau tidak
Photo by Elisa Ventur on Unsplash

Kapan NISN disebut aktif dan kapan pula menjadi tidak aktif? NISN aktif berarti siswa pemilik NISN tersebut sedang aktif belajar dan terdaftar di Dapodik. Sebaliknya, NISN tidak aktif menunjukkan bahwa pemiliknya sudah tidak belajar dan tidak lagi terdaftar di Dapodik.

Telah disebutkan juga di atas bahwa NISN menjadi tidak aktif setelah kamu lulus sekolah (SMA/sederajat). Namun bisa juga NISN tidak aktif di satuan pendidikan atau sekolah karena siswa:

  • pindah sekolah dan belum didaftarkan pada sistem pendataan sekolah yang baru
  • dikeluarkan dari sekolah
  • tidak melanjutkan atau putus sekolah.

 

Bagaimana Cara Cek NISN Online di Kemdikbud?

cek nisn siswa online
Photo by Sincerely Media on Unsplash

Dengan asumsi NISN-mu tidak mengalami perubahan sejak SD sampai lulus SMA, kemudian kamu gap year atau ingin mengikuti SNBT lagi, maka cek Nomor Induk Siswa Nasional harus dilakukan. Tenang, Sobat Pintar, cara cek NISN aktif atau tidak itu bisa dilakukan secara online dan mandiri.  Kamu bisa cek NISN siswa online di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

1. Pilih menu Pencarian Nama di kanan atas.


Image source: nisn.data.kemdikbud.go.id

2. Isi nama, tempat dan tanggal lahir, serta nama ibu


Image source: nisn.data.kemdikbud.go.id

Jika isi data tersebut sesuai, kamu akan mendapatkan identitas dan NISN. Sebaliknya, data siswa tidak akan muncul bila isian di atas tidak sesuai.

 

Bagaimana Cara Mengaktifkan NISN?

cek nomor induk siswa
Photo by Fotos on Unsplash

Jika mendapatkan NISN, kamu bisa lanjut membuat akun SNBT. Namun jika ternyata NISN tidak aktif, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu, Sobat. Nah, cara aktifkan NISN ini bakal memerlukan akses dari sekolah. Di bawah ini dijelaskan cara mengaktifkan NISN yang statusnya tidak aktif.

  1. Kamu harus melapor ke sekolah almamatermu bahwa status NISN-mu tidak aktif.
  2. Operator Dapodik di sekolah akan memeriksa dokumen alumni.
  3. Operator Dapodik sekolah melakukan pendataan pada aplikasi Dapodik sekolah.
  4. Operator Dapodik sekolah akan memastikan status NISN-mu aktif melalui aplikasi VervalPD.
  5. Jika status NISN masih tidak aktif, operator Dapodik sekolah akan mengajukan pengaktifan NISN menggunakan dokumen Ijazah.

Nah, itulah cara mengaktifkan NISN yang tidak aktif, Sobat Pintar. Ringkasnya, kamu perlu cek NISN siswa online terlebih dahulu. Bila ternyata NISN-mu tidak aktif, segera ke sekolah dan minta bantuan untuk mengaktifkan NISN-mu. Setelah NISN-mu aktif, baru deh kamu bisa membuat akun SNBT.

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog