redesain-navbar Portlet

Blog

7 Cara Menjadi Guru yang Dirindukan Siswa Kini dan Nanti

Kiat-kiat menjadi guru yang baik yang harus Guru Pintar ketahui

Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

Ingatkah Guru Pintar pada sosok guru bernama Bu Muslimah dalam film Laskar pelangi? Ya, Bu Muslimah ada guru yang sangat menginspirasi sehingga selalu dirindukan dan dikenang oleh murid-muridnya. Tak mengherankan jika namanya menjadi bagian penting dalam sebuah novel berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, salah satu siswa yang pernah diajar oleh Bu Muslimah.

Menjadi guru bukan hanya sekedar profesi yang selesai saat jam kerja berakhir. Status guru akan disandang oleh Guru Pintar kapan pun dan di mana pun, bahkan setelah pensiun sekalipun. Guru Pintar pasti ingin dikenang sebagai guru yang baik dan dirindukan siswa. Oleh karena itu, Guru Pintar harus memiliki sifat guru dan sikap guru yang membuat siswa terkenang-kenang selalu.

Ingin tahu cara menjadi guru yang dirindukan siswa? Simak ya ulasannya berikut ini!

1. Menguasai materi pelajaran


Photo by airfocus on Unsplash

Meskipun semua orang tahu bahwa seorang guru bukanlah satu-satunya sumber belajar siswa, Guru Pintar tetap dituntut untuk menguasai materi pelajaran yang diajarkan. Siswa dapat mempelajari ilmu pengetahuan dari berbagai sumber seperti buku, internet, atau sumber lain yang relevan. Tetapi siswa tetap membutuhkan bantuan Guru Pintar untuk dapat lebih memaknai pelajaran yang didapatkannya dari sumber-sumber tersebut di atas. Bagaimana Guru Pintar akan dapat membantu siswa memaksimalkan penguasaan materi dan konsep pelajaran siswa jika tidak menguasai materi dengan baik. Siswa yang dapat memetik pelajaran dengan arahan dan panduan guru akan selalu membekas dalam benak mereka.

2. Mengajar dengan cara berbeda dari guru lainnya

Tips menjadi guru yang baik yang kedua adalah memiliki cara mengajar yang tidak sama dengan guru lainnya. Hal ini berguna sekali untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar. Menggunakan metode, strategi, dan media belajar yang berbeda setiap pertemuan akan membuat siswa penasaran. Siswa akan selalu menantikan kejutan apalagi yang akan Guru Pintar hadirkan di kelas. Tentu saja ini akan menjadi sebuah cerita tersendiri kini dan juga saat mereka lulus nanti.

3. Menjalankan tugas dengan disiplin dan bertanggung jawab

Karakteristik guru yang harus Guru Pintar miliki adalah selalu menjalankan dengan penuh kedisiplinan dan tanggung jawab. Dua kata sepertinya terdengar biasa. Namun aplikasinya membutuhkan komitmen yang luar biasa. Guru Pintar harus bisa menempatkan diri sebagai figur yang disiplin dan bertanggung jawab karena sudah seharusnya seorang guru menjadi panutan. Jangan sampai Guru Pintar mencontohkan hal sebaliknya pada siswa, ya.

4. Mendidik dengan sepenuh hati

Salah satu ciri-ciri guru ideal dan selalu dirindukan oleh siswanya adalah guru yang selalu mengajar dan mendidik dengan sepenuh hati. Seperti Bu Muslimah yang mengajar dan mendidik siswanya dengan tulus ikhlas tidak memperhitungkan seberapa banyak gaji yang ia dapatkan. Meski materi yang didapat tidak seberapa, Bu Muslimah tetap mendedikasikan diri dan ilmunya untuk para siswa. Ia berusaha memastikan semua siswanya mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berguna untuk hidup mereka kelak. Meskipun Guru Pintar tidak mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan untuk siswanya adalah tulus dan ikhlas, siswa akan tetap dapat merasakannya. Bukankah apa yang dilakukan dengan hati akan sampai ke hati.

5. Selalu bersikap ramah, sabar, dan murah senyum


Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Tips menjadi guru yang baik lainnya adalah selalu bersikap ramah, sabar, dan murah senyum. Bukan hanya karena senyum adalah ibadah dan sedekah, melainkan karena senyum seorang guru pada siswanya adalah ibarat kunci untuk membuka pintu hati dan pikiran siswa. Jika “pintu-pintu” itu telah terbuka, tidak sulit bagi seorang guru untuk mentransfer ilmu dan juga nilai-nilai pada siswa. Ramah dan sabar akan membuat siswa nyaman dalam belajar dan berinteraksi dengan gurunya. Hal ini memudahkan guru untuk memberikan bantuan saat siswa mengalami kesulitan dalam mengajar. Menjadi ramah dan sabar bukan berarti Guru Pintar akan mentolerir apapun yang diperbuat oleh siswa. Tegas dan selalu konsisten wajib diterapkan juga, ya.

6. Berempati pada siswa

Guru Pintar memiliki kewajiban untuk memahami dan mempelajari karakteristik siswa. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya guru dapat merancang pembelajaran yang tepat sesuai dengan apa yang siswa butuhkan. Empati akan pembelajaran yang dirancang Guru Pintar lebih mudah diterima oleh siswa.

7. Selalu Memberi kepercayaan pada siswa

Memberikan kepercayaan kepada siswa akan membuat mereka merasa lebih percaya diri dan dapat diandalkan. Guru Pintar wajib memiliki kepercayaan bahwa semua siswa adalah istimewa. Berikanlah penugasan yang menantang siswa untuk berpikir, memecahkan masalah, dan berkreasi supaya segala potensinya tergali dengan baik. Kepercayaan dari guru akan mendorong siswa menghasil karya luar biasa di luar ekspektasi yang Guru Pintar bayangkan.

Nah, Guru Pintar sudah melakukan 7 hal di atas? Jika sudah, selamat! Anda adalah sosok guru yang akan selalu dikenang dan dirindukan oleh siswa kini dan nanti.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet