APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Hindari Kuliah di 5 Jurusan Ini Bila Bukan Disitu Passion-mu

Dibutuhkan tekad kuat untuk menyelesaikan kuliah dijurusan yang terhitung berat.

Hindari Kuliah Ini Bila Bukan Disitu Passion-mu, photo via www.ukdw.ac.id

When it comes to passion, you don't question. You do whatever it takes to get to the end, instead. Tapi bagaimana kalau ternyata, let's say, Sobat memilih jurusan yang tak sesuai dengan passion karena satu dan lain hal? Setidaknya, jangan sampai memilih jurusan-jurusan yang lebih berat untuk dijalani seperti di bawah ini, Sobat.

 

1. Arsitektur

Menurut National Survey of Student Engagement (NSSE) Indiana University, Arsitektur adalah jurusan yang dirasa paling berat bagi mahasiswanya. Salah satu sebabnya, mahasiswa Arsitektur dapat menghabiskan 22 jam seminggu untuk belajar diluar kelas – termasuk mengerjakan tugas.

Karena beban diluar kelas tersebut, sekitar 25 persen mahasiswa Arsitektur di Inggris mengalami masalah kesehatan mental – menurut Architect's Journal Student Survey. Nah, pikir lagi bila Sobat ingin kuliah Arsitektur karena alasan-alasan lain diluar minat diri sendiri.

 

2. Teknik Kimia

Sedikit dibawah mahasiswa Arsitektur, mahasiswa Teknik Kimia menghabiskan 19,66 jam per minggu untuk belajar diluar kelas. Alokasi waktu belajar diluar kelas tersebut termasuk untuk praktikum pada setiap semesternya. Dan ketika praktikum tersebut usai, tibalah masa penyusunan skripsi dan tugas desain pabrik.

Desain pabrik sendiri tergolong tugas yang kompleks. Pada tugas tersebut, mahasiswa Teknik Kimia harus mampu membuat rancangan pabrik, termasuk mahan mentahnya, kelengkapan pabrik, hingga potensi keuntungannya.

 

3. Teknik Aeronautika dan Astronotika

Aeronautika dan Astronotika dikenal juga sebagai Jurusan Teknik Penerbangan. Masih mengacu pada NSSE Indiana University, mahasiswa jurusan ini menghabiskan 19,24 jam untuk belajar diluar kelas. Bahkan sebelum mengerjakan tugas akhirnya, mahasiswa Teknik Penerbangan harus mampu mendesain pesawat.

 

4. Teknik Biomedis

Berikutnya, mahasiswa Teknik Biomedis membutuhkan 18,82 jam untuk belajar diluar kelas. Perpaduan antara bidang teknik dan medis sendiri sudah menghadirkan tantangan tersendiri bagi mahasiswanya.

Selain itu, dalam kelima subdivisinya, yaitu Biomedik, Biomaterial, Bioinstrument, Bioimaging, serta Bioteknologi, Teknik Biomedis pun mencakup cabang keilmuan Biologi, Fisika, dan Kimia. It's expected, then, that Biomedical students seem to be hooked on their books.

 

5. Biologi Molekular dan Sel

Di Amerika Serikat, mahasiswa Biologi Molekular dan Sel menghabiskan 18,67 jam untuk belajar diluar kelas. Untuk menjadi seorang ahli Biologi, Molekul, dan Sel, Sobat memang harus menguasai Biologi, Kimia, Komputer dan Elektronik, Bahasa Inggris, serta Matematika. Wajar saja bila banyak waktu dibutuhkan untuk belajar mandiri.

Di Indonesia, Jurusan Biologi Molekuler dan Sel memang belum ada. Akan tetapi, seorang ahli Biologi, Molekul, dan Sel dapat berlatar belakang keilmuan Mikrobiologi Pertanian, Biologi, Biokimia, Bioteknologi, Teknik Biomedis, Teknologi Bioproses, Rekayasa Hayati, Mikrobiologi, Bioentrepreneurship, Biomedicine, atau Bioinformatika.

 

6. Keperawatan

Keperawatan juga termasuk jurusan yang tergolong berat. Bagaimana tidak, mahasiswanya membutuhkan waktu untuk belajar diluar kelas dengan banyak membaca buku, belum termasuk praktik keperawatan. Technically, the students have to read at least 55 pages per day for the whole semester – from day one up to the end.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

What if one of the majors above is your chosen field of study? Go for it, Sobat! Bidang-bidang diatas adalah bidang-bidang yang luar biasa. When you do your best in your study, you'll be amazing someday.

Akan tetapi, bila Sobat Pintar memilih salah satu jurusan diatas karena faktor luar, maka bisa diperkirakan betapa beratnya menjalani perkuliahan nantinya. Well, of course, if you think you can deal with it, don't look back and go for it.

780

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
Nggak ada kedokteran ya?
00
kedokteran tidal, kah? bukannya agak sedikit menyerempet dg keperawatan?
00
teknik biomedis? berarti masuk juga teknik biomedik?..
00
bener bangeet! pilihlah jurusan yg sesuai dengan kemampuan kita karena jika kita tidak berbakat di jurusan itu maka akan sulit. karena yg orang kini butuhkan adalah skill. pilihlah jurusan yg membuatmu nyaman dan kamu mampu.
00
Seberat itu ya jurusan Arsitektur? huft.. harus di pikir pikir sampe matang nih...
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog