CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Hukum dan Gaya Coulomb: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Mempelajari tentang pengertian hukum coulomb, bunyi hukum coulomb, gaya coulomb, rumus dan contoh soal.

Pixaby by Ricky Atthariq  

Sobat sudah tahu kan kalau muatan listrik itu ada positif dan juga negatif? Nah ternyata muatan-muatan tersebut dapat menghasilkan gaya lho. Hukum Coulomb yang menjelaskan tentang interaksi gaya-gaya muatan tersebut.

Yuk Sobat, kita belajar Hukum Coulomb bersama! Kita mulai dari mengetahui pengertian Hukum Coulomb, bunyi hukum coulomb, hingga contoh soal dan pembahasannya.

Pengertian Hukum Coulomb

Kita mulai belajar dengan definisi Hukum Coulomb, Sobat. Hukum Coulomb ditemukan oleh ahli fisika asal Prancis yang bernama Charles Augustin de Coulomb. Coulomb melakukan penelitian mengenai gaya yang ditimbulkan oleh dua benda yang diberi muatan listrik dan dipisahkan oleh jarak tertentu. Hukum Coulomb pada dasarnya menyatakan bahwa interaksi muatan listrik yang sejenis akan tolak-menolak, sedangkan muatan yang berlainan jenis akan tarik-menarik. Dari hasil percobaan Coulomb, dapat dinyatakan bunyi Hukum Coulomb sebagai berikut:

“Besar gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan listrik berbanding lurus dengan hasil kali kedua muatan itu, dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara dua benda tersebut”

Secara matematis ditulis:


Aplikasi Bahas Soal Fisika

Contoh Soal

Dua buah muatan sebesar 5 C dan 3 C yang terpisah pada jarak 3 m berapakah gaya coulomb yang dialami oleh kedua muatan. . .

Pembahasan:

Diketahui :

q1 = 5 C

q2 = 3 C

r = 3 m

ditanya : F?


 

Nah bagaimana, Sobat? Hukum Coulomb tidak terlalu sulit, bukan? Sampai bertemu di pembahasan berikutnya!

Aplikasi bahas soal Fisika
 

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog